loading...

Mengerikan, Jika 6 Mitos Ini Kamu Praktekkan Bisa Bisa Malah Nyawa Kamu Melayang!




Ada banyak aturan di luar sana yang menjelaskan bagaimana Anda seharusnya bertindak dalam situasi darurat. Sayangnya, tidak semuanya benar.

Mengerikan, Jika 6 Mitos Ini Kamu Praktekkan Bisa Bisa Malah Nyawa Kamu Melayang!


Dikutip dari citizen6.liputan6.com dari Bright Side. berikut ini beberapa mitos yang tak hanya keliru tapi juga berpotensi berbahaya.

1. Pertolongan pertama untuk gigitan ular

Bisa ular memasuki aliran darah sangat cepat dan tidak menumpuk di daerah digigit. Jadi, berusaha untuk menghisap racun keluar sebenarnya tidak efektif.

Selain itu, menempatkan mulut Anda pada gigitan bisa membuat racun masuk ke dalam mulut. Cara terbaik untuk korban gigitan ular adalah mencegah racun bergerak cepat lewat aliran darah. Caranya: tetap tenang, menjaga luka di bawah tingkat jantung, minum banyak cairan dan pergi ke rumah sakit secepat mungkin.

2. Menyelamatkan korban hipotermia

Jangan menggosok daerah yang membeku karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Anda juga tidak harus menggunakan air panas atau lampu pemanas untuk menghangatkan korban. Pengobatan seperti ini akan membuat tubuh korban syok.

Sebaliknya, Anda harus menghangatkan tubuh korban hipotermia secara bertahap. Sebaiknya dengan selimut dan beberapa botol air hangat di bawah ketiak mereka.

3. Menemukan arah dengan lumut pohon

Keliru jika ada yang bilang menemukan arah saat tersesat di hutan dapat dilakukan dengan mengamati lumut di pohon. Faktanya, lumut dapat tumbuh di semua sisi pohon, tergantung dari kondisi lingkungan.

Kamu bisa mendapatkan 100 juta per hari dengan teknik ini
Jangan mengandalkan mitos populer ini untuk menemukan jalan keluar dari hutan atau Anda akan tersesat. Paling tepat menemukan arah bila tersesat di hutan pada siang hari adalah dengan menggunakan tongkat atau melihat petunjuk dari bintang utara pada malam hari.

4. Bertahan hidup dari serangan beruang

Beruang tidak ingin menyerang apalagi memakan Anda. Jadi Anda bertemu dengan beruang, lebih baik kalau Anda mundur secara perlahan, tidak menatap mata beruang. Jaga jarak Anda. Ini menunjukkan beruang bahwa Anda tidak memiliki pretensi dari wilayahnya.

5. Yang harus dilakukan jika tersesat di hutan

Anda mungkin sering mendengar bahwa hal pertama yang harus Anda lakukan jika tersesat adalah menemukan makanan. Hal ini tidak sepenuhnya benar.

Manusia dapat hidup tanpa makanan untuk waktu yang cukup lama, sampai enam minggu. Yang seharusnya Anda lakukan pertama kali adalah menemukan sumber air dan membangun tempat berlindung dari cuaca ekstrem.

6. Mengetahui tanaman yang beracun dan tidak dapat dimakan

Salah satu hal yang harus Anda kuasai saat tersesat di hutan adalah mengetahui makanan yang beracun dan tidak. Ada yang bilang cara termudah mengetahuinya adalah dengan melihat apa yang dimakan hewan.

Baca Juga:


Namun, ini keliru. Beberapa buah dan jamur yang mematikan bagi manusia nyatanya tidak beracun bagi banyak hewan dan burung. Jadi satu-satunya cara untuk mengetahui tanaman yang dapat dimakan dari yang beracun adalah mengetahui spesies jamur atau makanan yang tidak beracun itu sendiri.