loading...

Jokowi Balas Aksi Ormas Habib Rizieq, “Jangan Ragu Tindak Tegas Upaya Melawan Hukum”




Instruksi tegas  yang dilontarkan oleh Presiden Jokowi kepada aparat penegak hukum untuk menindak ormas yang membuat resah masyarakat.

Jokowi Balas Aksi Ormas Habib Rizieq, “Jangan Ragu Tindak Tegas Upaya Melawan Hukum”
Jokowi Balas Aksi Ormas Habib Rizieq, “Jangan Ragu Tindak Tegas Upaya Melawan Hukum”
Instruksi itu disampaikan Jokowi dalam akun jejaring sosial Twitter pribadinya, @jokowi.

“Aparat hukum jangan ragu menindak tegas ormas yg melawan hukum dan meresahkan masyarakat,” kicau Jokowi yang diakhiri dengan tanda Jkw, Senin (19/12) malam.

Pernyataan Jokowi ini dikicaukan saat tengah marak aksi sweeping salah satu ormas di pusat perbelanjaan di Surabaya. Mereka melakukan sweeping atribut Natal, seperti kalung salib dan topi santa. Kelompok ini melakukan sweeping setelah fatwa MUI soal haram atribut non muslim dikeluarkan.

Sekadar informasi, MUI mengharamkan pengunaan atribut non-muslim bagi karyawan muslim, termasuk mengajak atau memerintahkan penggunaan atribut keagamaan non-muslim termasuk haram. Fatwa itu dikeluarkan MUI untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hukum menggunakan atribut keagamaan non-muslim.

Keputusan MUI Nomor 56 Tahun 2016 dikeluarkan pada 14 Desember 2016. Salah satu pertimbangannya adalah adanya pemilik usaha seperti hotel, super market, departemen store, restoran dan lainnya bahkan kantor pemerintah mengharuskan karyawannya termasuk yang muslim untuk menggunakan atribut keagamaan non-muslim.

Baca Juga:


Dengan pertimbangan tersebut, MUI mengeluarkan fatwa mengenai pengenaan atribut non muslim. MUI juga meminta umat Islam agar memilih jenis usaha yang baik dan halal, serta tidak memperoduksi, memberikan atau memperjual belikan atribut keagamaan non muslim.