loading...

Jepang Siapkan Zona Khusus Untuk Mobil Tanpa Sopir




Partai Demokrat Liberal Jepang kini telah siapkan jalan zona khusus untuk mobil tanpa sopir, semua sudah diusulkan dan disetujui terkait perlakukan khusus untuk mobil otonomos pada zona deregulasi khusus.

Jepang Siapkan Zona Khusus Untuk Mobil Tanpa Sopir
Jepang Siapkan Zona Khusus Untuk Mobil Tanpa Sopir

Mengutip Asia Nikkei, Kamis (1/12/2016), partai yang sedang berkuasa itu mengusulkan bahwa semua peraturan tentang mobil otonomos akan dihilangkan tanpa terkecuali jika memasuki kawasan khusus. Termasuk juga pelarangan uji coba dalam rangka riset.

Sebelumnya, pada Mei lalu Badan Kepolisian Nasional Jepang resmi melarang adanya uji coba mobil otonomos di jalanan umum. Semua uji coba kendaraan harus difasilitasi oleh orang yang ada di balik kemudi untuk mencegah kecelakaan.

Menurut mereka, proposal kebijakan yang diajukan berpotensi mereformasi struktur hukum di negara tersebut.

Deregulasi juga diharapkan bisa mendorong ekonomi regional, yang diperkirakan nilai investasinya mencapai 1 triliun yen dalam tiga tahun ke depan.

Pemerintah berencana menunjuk sekira 2.000an perusahaan sebagai kekuatan pendorong untuk pertumbuhan ekonomi regional tersebut. Mereka akan dibantu, terutama dalam hal kemudahan birokrasi dan pinjaman yang diberikan lembaga keuangan.

Baca Juga:



Sebagai tambahan, selain pelarangan, polisi juga sedang menggodok beberapa aspek lain dari mobil otonomos. Misalkan, siapa yang akan bertanggung jawab secara hukum kalau terjadi kecelakaan, atau bagaimana aspek keamanan dari para peretas.