loading...

Hasil Thailand Vs Indonesia, Final Piala AFF 2016, Tetap Semangat Dan Penuh Syukur




Hasil Thailand vs Indonesia, Hasil Final Piala AFF 2016 Leg 2 yang berlangsung di Stadion Rajamangala Bangkok, Sabtu 17 Desember 2016.

Hasil Thailand Vs Indonesia, Final Piala AFF 2016, Tetap Semangat Dan Penuh Syukur
Hasil Thailand Vs Indonesia, Final Piala AFF 2016, Tetap Semangat Dan Penuh Syukur
Babak pertama sudah dimulai! Thailand turun dengan seragam khas mereka, biru-biru. Sedangkan Indonesia merah-merah dengan akses hijau di leher. Wasit Abdullah Hasan dan asistennya berasal dari Uni Emirat Arab. Menit ketiga bola menggetarkan jala gawang tim Garuda! Tapi bendera offside berkibar lebih dulu .

Menit 8 Teerasil melepaskan tembakan keras tapi melayang di atas mistar gawang Kurnia Meiga. Tempo pertandingan berjalan agak lamban. Abduh Lestaluhu menit 11 terkena peringatan wasit setelah dianggap melakukan pelanggaran.

Menit 12, giliran Teerasil menyikut Manahati Lestusen dengan bahunya. Peringatan dari wasit UEA terhadap striker No 10 itu. Satu serangan Thailand dibuang saja oleh pemain Indonesia. Sudah menit 15 dan sejauh ini belum satu kali pun serangan tim Garuda yang berhasil membuat berkeringat kiper lawan, Kawin.

Menit 16 Benny Wahyudi menerima kartu kuning setelah salah timing dalam melakukan tantangan terhadap pemain tim tuan rumah. Pemberian kartu kuning itu disertai sorakan gembira para penonton di Stadion Rajamangala, Bangkok. Tendangan bebas dari posisi yang berbahaya untuk tuan rumah. Namun gagal berujung gol. Bola dibuang saja oleh tim merah.

Menit 22 giliran Kurnia Meiga menyelamatkan satu percobaan serangan tim biru, memetik bola di udara. Serangan Indonesia menit berikutnya gagal mencapai area penalti. Serangan balik kilat berikutnya Teerasil masih bisa digagalkan di dalam kotak penalti. Teerasil dari bola out berikutnya mengumpan tumit tapi tidak diterima dengan baik oleh pemain satu tim. Sudah menit 24.

Hasil Thailand vs Indonesia 4

Satu serangan menit 25 Zulham Zamrun melepaskan tembakan dari hasil backpass Boaz Solossa di luar kotak penalti tapi masih jauh dari sisi gawang. Belum mengubah skor.

Menit 28 satu blunder dari Fachrudin mengumpankan bola ke arah Tristan Do. Untung tembakannya terlalu tinggi ke udara. Serangan balasan tim Garuda beberapa detik kemudian melayang jauh dari gawang.

Satu serangan balik kilat dari Thailand menit 36 sangat berbahaya. Bola sempat berkutat di dalam area penalti tim Garuda. Namun masih bisa diblok sebelum akhirnya dimentahkan.

GOOOL! Menit 37! Bola berawal dari serangan di sayap kiri. Bola umpan silang ke depan gawang sebenarnya berhasil dibuang tapi memantul di lutut Shiroch Chattong. 1-0, agregat 2-2 dengan keuntungan gol tandang untuk Thailand.

Di detik-detik terakhir babak pertama Zulham dengan cantik membawa bola di sisi kanan tapi terlalu lamban, hanya berujung sepak pojok.

Hasil Thailand vs Indonesia 12

Babak kedua dimulai dengan satu gol dari pemain yang sama, Chattong, menit 47. Gol ini berawal dari serangan di sisi kiri lapangan, ketika bola lolos melalui kolong satu pemain tim Garuda dan sampai ke kaki Shiroch Chattong, Ia melepaskan tendangan ke sudut jauh, tendangan melengkung dan kiper Kurnia Meiga pun terkecoh. GOL! 2-0! Agregat 3-2!

Menit 50 selama sekitar satu menit tim biru berhasil mengurung area penalti tim merah. Berkali-kali percobaan serangan dilancarkan namun pemain kita berhasil bertahan dengan baik.

Menit 53 satu serangan oleh Boaz di sisi kanan, ia mengumpankan ke arah Zamrun tapi gagal mencapai target dan skor belum berubah.

Antara menit 54 sampai awal menit 70 terdapat sejumlah serangan kedua belah pihak, tapi belum ada yang berujung gol. Satu serangan berbahaya Thailand dilakukan di menit 70, namun kiper Kurnia Meiga keluar dari sarangnya dan memblok tembakan. Masih selamat gawang Indonesia.

Sekitar menit 77 ada dua-tiga kali Indonesia melakukan kesalahan umpan, berakibat serangan berbahaya ke arah gawang Indonesia.

PENALTIII!!! Bukan buat Indonesia tapi untuk Thailand. Kurnia Meiga harus melakukan sliding setelah ia menjadi orang terakhir guna mencegah serangan lawan. Teerasil maju. Ini akan menjadi gol ketujuh jika dia berhasil mencetak gol. GAGAL!! Teerasil gagal mencetak gol dari titik penalti.

Sisa 10 menit lagi. Mampukah Indonesia mencetak satu gol saja untuk memaksakan perpanjangan waktu? Tim kita kelihatan bermain takut-takut dan serba ragu.

Satu tendangan bebas tim Garuda dengan mudah diambil alih oleh Thailand. Satu serangan kita di menit 84 gagal membuahkan gol. Umpan Boaz Solossa kurang jauh dan kurang keras. Sisa empat menit untuk mencetak satu gol saja.

Ada tambahan waktu empat menit injury time. Tapi gagal berujung gol. ABDUH LESTALUHU KARTU MERAH! Ia terlihat menendang bola ke arah bangku cadangan tim Thailand. Wasit mengusirnya keluar lapangan.  Priit! Akhir laga.

Indonesia kalah terhormat di final Piala AFF 2016. Skor akhir tidak berubah, tetap dua gol untuk keunggulan tim gajah putih. AGREGAT 3-2 untuk kemenangan Thailand.

Skor Akhir Hasil Thailand vs Indonesia 2-0 (FULL TIME), agregat 3-2

Gol: Chattong 37′, 47′

Susunan Pemain Thailand vs Indonesia  :

Thailand : Kawin, Kesarat, Chuthong, Promrak; Theerathon Bunmathan, Tristan Do, Yooyen, Chappuis; Songkrasin; Chattong, Teerasil Dangda

Baca Juga:


Indonesia : Kurnia Meiga, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu, Beny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Bayu Pradana; Manahati Lestusen, Stefano Lilipaly, Rizky Pora, Zulham Zamrun; Boaz Solossa