loading...

Bana Alabed Mendapat Perhatian Khusus, Bocah 7 Tahun Yang Rajin Nge-Tweet Dari Aleppo




Sejak rajin meng-update status tentang Aleppo di Twitter, Bana Alabed bocah umur 7 tahun ini menarik perhatian banyak orang. Setelah J.K. Rowling mengirimkan karyanya dalam bentuk e-book, kini Bana juga mendapatkan perlakuan khusus di pengungsian.

Bana Alabed Mendapat Perhatian Khusus, Bocah 7 Tahun Yang Rajin Nge-Tweet Dari Aleppo
Bana Alabed Mendapat Perhatian Khusus, Bocah 7 Tahun Yang Rajin Nge-Tweet Dari Aleppo 
BANA bersama dua adik lelakinya dan orang tuanya meninggalkan sisi timur Aleppo pada akhir pekan lalu. Setelah melewati perjalanan panjang dan dua kali penundaan, keluarga Bana tiba di Kota Idlib awal pekan ini. Namun, Idlib bukanlah tujuan akhir perjalanan Bana. Dari ibu kota Provinsi Idlib tersebut, keluarga kecil yang terdiri atas lima orang itu lantas melanjutkan perjalanan ke Turki.

Ya, Turki menjadi tujuan akhir pelarian Bana dan keluarganya dari Aleppo. Sebab, pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan mengundang Bana dan keluarganya ke Turki. Bukan hanya itu, pemimpin 62 tahun tersebut juga dikabarkan menyediakan tempat tinggal bagi keluarga Alabed. Kemarin (21/12) Bana akhirnya bertemu dengan Erdogan di istana kepresidenan di Kota Ankara.

’’Saya sangat senang menyambut @AlabedBana dan keluarganya di kompleks kepresidenan hari ini (kemarin, Red). Turki akan selalu berpihak kepada rakyat Syria,’’ tulis Erdogan pada akun Twitter resminya.

Kemarin Kantor Berita Anadolu menyebarluaskan foto pertemuan Bana dengan Erdogan. Didampingi istrinya, Emine, Erdogan terlihat memangku Bana dan adiknya. Dia juga memeluk putri sulung Fatemah tersebut.

Dalam pertemuan penting itu, Bana mengajak serta dua adiknya, Noor dan Mohamed. Ayah dan ibu Bana turut mendampingi anak-anaknya bertemu dengan Erdogan dan sang ibu negara. ’’Saya sangat senang bertemu dengan Presiden (Erdogan, Red),’’ ucap Bana lewat @AlabedBana. Dia juga mengunggah foto pertemuannya dengan Erdogan di akun Twitter-nya sebagai bukti momen penting tersebut bagi sekitar 330.000 follower.

Kemarin Bana mengunggah rekaman video pertemuannya dengan Erdogan ke internet. ’’Terima kasih karena Anda sudah banyak membantu anak-anak Aleppo dan membantu kami semua lolos dari pertempuran,’’ katanya kepada sang presiden sebagaimana terekam kamera video. Tidak jelas Bana dan keluarganya bersedia menerima tawaran Erdogan untuk tinggal di Turki atau tidak.

Sementara itu, evakuasi warga Aleppo memasuki babak akhir. Palang Merah Internasional dan PBB menjadwalkan evakuasi tuntas kemarin. Sejauh ini 25.000 warga sipil meninggalkan Aleppo. Sayangnya, cuaca tidak bersahabat. Kemarin salju turun dan membuat warga yang bertahan di luar ruangan karena rumahnya sudah luluh lantak itu tambah menderita.

’’Pagi buta tadi, sekitar 150 orang yang diangkut dua bus dan tiga ambulans meninggalkan kota,’’ ungkap Ahmad al Dbis, ketua tim dokter dan sukarelawan. Tetapi, masih ada sekitar 31 bus dan sekitar 100 kendaraan lain yang masih belum beranjak dari Aleppo. Ribuan warga sipil juga masih bertahan di Aleppo meski pemerintah setempat sudah memerintah mereka segera mengungsi.

Baca Juga:


Nanti, setelah evakuasi berakhir, pasukan Presiden Bashar al Assad menyisir Aleppo. Mereka akan memastikan tidak ada pejuang oposisi yang tersisa di kota tersebut. Sebab, pemerintah bakal mengambil alih kota yang porak-poranda setelah empat tahun menjadi palagan tersebut. Seluruh pejuang oposisi dan keluarganya dipindahkan ke Idlib dan perbatasan Turki.