loading...

Inilah 5 Solusi Perawatan Rumahan Atasi Ketombe. .




Jika Anda memiliki masalah ketombe, mungkin akrab dengan gejala-gejala seperti gatal, kulit kepala yang kering, dan serpihan putih yang muncul di atas baju gelap Anda.

Inilah 5 Solusi Perawatan Rumahan Atasi Ketombe. .


Kondisi kulit ini biasanya terjadi karena kulit kepala kering, sensitif terhadap produk rambut tertentu, atau jamur ragi seperti Malassezia. Walaupun sudah ada beberapa sampo yang dijual di toko-toko untuk membantu mengusir ketombe, namun sebenarnya perawatan ketombe bisa dapatkan dari dapur.

Para ahli mengatakan, perawatan rumahan seperti minyak kelapa dan aspirin yang dihancurkan, jauh lebih efektif menghilangkan rasa gatal dan memerangi ragi penyebab ketombe. Berikut ini adalah lima bahan alami yang bisa Anda gunakan, seperti dilansir dari Foxnews, Senin (5/9/2016):

1. Aspirin

“Aspirin mengandung asam salisilat yang dapat mengurangi pengelupasan,” ujar dermatolog, Dr. Geeta Shah. Untuk menggunakannya, hancurkan beberapa aspirin dan campur dengan air sampai mengental, kemudian oleskan pada kulit kepala Anda. Pilihan lainnya, bisa tambahkan aspirin yang sudah dihancurkan tersebut ke dalam sampo agar efeknya lebih kuat.

2. Cuka sari apel

Berkat tingkat keasaman (pH) yang tinggi, cuka ini dapat menghambat pertumbuhan ragi. Namun jangan langsung diletakkan langsung ke kulit kepala, lebih baik dicairkan terlebih dahulu.

“Anda tidak harus meletakkannya langsung ke kulit kepala, namun dicairkan terlebih dahulu. Saya sarankan setengah cuka dan setengah air,” ujar Shah.

Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan biarkan meresap selama 15 menit. “Walaupun akan ada bau cuka setelahnya, namun akan memudar dengan cepat dan cuka lebih mudah keluar dari kulit kepala dan rambut,” katanya.

3. Minyak kelapa

Salah satu perawatan alami yang paling populer untuk mengobati ketombe adalah minyak kelapa. “Minyak kelapa dapat membantu mengurangi ragi penyebab ketombe,” jelas Shah. Ia menyarankan untuk memijat sejumlah kecil minyak ini ke kulit kepala dan membiarkannya selama 15 sampai 20 menit.

“Semakin lama maka semakin baik. Bahkan beberapa orang meninggalkan minyak kelapa di kulit kepalanya semalaman dengan menggunakan handuk atau topi mandi sehingga akan menembus lebih dalam ke kulit kepala yang berketombe,” ungkapnya.

4. Lidah buaya

Tidak seperti perawatan alami lainnya, lidah buaya tidak menghilangkan ketombe, namun ia dapat memberikan manfaat lain untuk masalah ketombe. “Beberapa orang yang mengalami peradangan akibat ketombe, bisa menggunakan lidah buaya sebagai anti peradangan yang membantu mengurangi rasa gatal,” kata dokter kulit yang berbasis di New York, Dr. Debra Jaliman. Gosokkan sejumlah kecil lidah buaya pada kulit kepala untuk mendinginkannya.

5. Tea tree oil

Perawatan alami lain yang baik untuk peradangan adalah minyak ini. Dokter kulit di Connecticut dan profesor klinis, Dr. Mona Gohara menyarankan untuk menambahkan beberapa tetes tea tree oil pada sampo untuk menenangkan kulit kepala yang gatal.