loading...

Inilah 9 Fakta Unik Tentang Lidah Yang Akan Membuatmu Tercengang!




9 Fakta Unik Tentang Lidah | Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.

Namun, Pernahkah Kamu berpikir tentang keunikan lidah? Faktanya, tanpa lidah, Kamu tidak bisa berbicara, bernapas atau bahkan berbicara. Tapi, banyak yang tidak tahu bahwa lidah tidak hanya berfungsi sebagai indra pengecap.

Nah, seberapa jauh pengetahuan Kamu tentang lidah? Kami beritahu 9 fakta unik tentang lidah yang mungkin belum Kamu ketahui, seperti dilansir Huffington Post:

10 sentimeter

Inilah 9 Fakta Unik Tentang Lidah Yang Akan Membuatmu Tercengang!


Ya, itu adalah rata-rata panjang lidah manusia. Mereka yang lidahnya lebih panjang atau lebih pendek dari rata-rata, biasanya punya cara pelafalan yang berbeda, atau dengan kata lain, cadel.

Punya ribuan bintil pengecap

Inilah 9 Fakta Unik Tentang Lidah Yang Akan Membuatmu Tercengang!


Jika Kamu meraba lidah, akan terasa permukaannya yang penuh bintil kasar. Sebuah penelitian mengungkap, jumlah bintil pada lidah mencapai 10 ribu buah. Dalam istilah biologi, mereka yang memiliki bintil lebih dari 10 ribu disebut "supertaster" atau mereka yang punya indera pengecap super.

Sementara itu, mereka yang bintil pengecapnya kurang dari 10 ribu disebut "nontaster". Umur bintil pengecap adalah 14 hari dan tubuh langsung menggantinya dengan yang baru.

Punya rambut

Inilah 9 Fakta Unik Tentang Lidah Yang Akan Membuatmu Tercengang!


Layaknya seluruh permukaan tubuh manusia, lidah juga memiliki rambut yang disebut papilae. Hanya saja, rambut-rambut ini bersifat mikroskopis atau tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Tidak punya area khusus

9 Fakta Unik Tentang Lidah


Kamu pasti pernah diajarkan bahwa terdapat area pengecap khusus untuk rasa manis, asam, asin, pahit, dan gurih. Padahal, sebenarnya, tidak ada area khusus pada lidah Kamu. Semua rasa tersebar rata di bintil pengecap. Otaklah yang memilah rasa dan memberitahunya pada Kamu.

Fleksibilitas lidah tidak tergantung genetik

9 Fakta Unik Tentang Lidah


Saat Kamu kecil, pernahkah Kamu mencoba menggulung lidah di depan cermin? Mitos menyebutkan kemampuan menggulung lidah diturunkan secara genetis. Kenyataannya, Kamu bisa berlatih menggulung lidah tidak peduli dengan keturunan genetika.

Bukan otot terkuat

9 Fakta Unik Tentang Lidah


Lidah memang merupakan organ yang hampir seluruhnya merupakan otot. Oleh karena itu, lidah sangat fleksibel, sehingga bisa membantu Kamu makan, berbicara, juga bernapas. Otot lidah juga tidak pernah lelah. Tapi, tidak berarti bahwa lidah adalah otot terkuat yang dimiliki manusia. Otot paling kuat yang dimiliki manusia adalah jantung.

Indikator kesehatan

9 Fakta Unik Tentang Lidah


Lidah yang sehat memiliki warna merah muda cerah. Oleh karena itu, perubahan warna dan tekstur pada lidah bisa jadi indikasi kesehatan seseorang. Lidah yang berwarna merah tua, dikombinasikan dengan rasa bengkak bisa jadi pertanda Kamu mengalami radang tenggorokan.

Sementara itu, warna putih pada lidah menandakan demam tinggi atau infeksi jamur. Adapun, lidah yang terasa halus dan pucat adalah pertanda Kamu kekurangan mineral esensial serta vitamin B12.

Penyebab mendengkur

9 Fakta Unik Tentang Lidah


Bentuk lidah yang gemuk merupakan salah satu penyebab Kamu punya kebiasaan mendengkur. Perubahan bentuk lidah ini seiring dengan penambahan berat badan. Mereka yang obesitas punya lidah lebih gemuk dari mereka yang mempunyai berat badan normal. Di sisi lain, lidah yang gemuk menghalangi sirkulasi udara di tenggorokan dan menyebabkan dengkur yang lebih keras.

Lidah kita bisa jadi tanda bahwa kita menderita penyakit tertentu

9 Fakta Unik Tentang Lidah


Ketika kita sedang periksa di dokter, Sudah pasti yang pertama dilakukan sang dokter adalah mengambil senter untuk mengamati secara jelas apa yang ada di lidah kita. Dalam hal ini para dokter mengaku bisa mengetahui penyakit pasien hanya dengan melihat lidahnya.