loading...

Ini 7 Kebiasaan Gosok Gigi Yang Salah, Kamu Harus Tahu!




Tahukah kamu bahwa ada 7 kebiasaan gosok gigi yang salah dan sering dilakukan oleh kebanyakan dari kita. Cara yang salah ini bukan hanya tidak menyehatkan namun lebih jauh lagi dapat merusak gigi. Maka dari itu, kita tidak boleh meremehkan ketujuh kebiasaan ini. Apa saja? Simak lebih lanjut ulasannya.

7 Kebiasaan Gosok Gigi Yang Salah


1. Membasahi Pasta Gigi Sebelum Menggosokannya

Membasahi pasta gigi atau menaruhnya di atas sikat yang sudah dibasahi memang akan membuat pasta gigi tersebut mudah berbusa. Busa ini akan memenuhi seluruh mulut sehingga meninggalkan kesan bersih.

Ini 7 Kebiasaan Gosok Gigi Yang Salah, Kamu Harus Tahu!


Padahal cara yang benar adalah jangan basahi pasta gigimu. Memang busa yang dikeluarkan akan lebih sedikit, namun gigi akan lebih terjamin tingkat kebersihannya.

2. Menggosok Gigi Menggunakan Air Dingin

7 Kebiasaan Gosok Gigi


Kesalahan besar bagi penderita gigi sensitif adalah menggosok gigi dengan air dingin. Suhu dingin akan membuat gigi sensitif menjadi sakit. Gosoklah gigi menggunakan air hangat atau bersuhu kurang lebih 37 derajat.

3. Menggosok Gigi Terlalu Keras

Ini 7 Kebiasaan Gosok Gigi Yang Salah


Sudah menjadi kebiasaan, sadar atau tidak ketika menggosok gigi kita menggunakan kekuatan yang cukup keras. Menggosok gigi terlalu keras akan membuat gigi goyah. Akar gigi tidak akan sekuat sebelumnya karena seringnya gigi digosok dengan keras.

Sayangilah gigimu dengan menggosoknya secara lembut karena jika tidak, gigimu akan mudah tanggal dari tempatnya.

4. Menyikat Gigi Dengan Arah Horizontal

Ini 7 Kebiasaan Gosok Gigi Yang Salah


Riset membuktikan bahwa hampir 90% orang mempunyai kebiasaan menggosok gigi dengan arah horizontal. Padahal gigi kita diciptakan secara vertikal. Jika kita menggosok gigi secara horizontal, justru kotoran yang terselip di gigi tidak akan tersikat bersih secara menyeluruh. Maka dari itu mulai dari sekarang gosoklah gigi secara vertikal.

5. Menggosok Gigi Dengan Waktu Yang Terlalu Singkat

Ini 7 Kebiasaan Gosok Gigi Yang Salah, Kamu Harus Tahu!


Sisa-sisa makanan yang tertinggal, lama kelamaan akan membentuk noda membandel dan seterusnya akan membentuk plak di gigi. Plak pada gigi akhirnya akan membuat gigi berlubang dan menyebabkan penyakit gusi. Menggosok gigi terlalu singkat tidak akan menghilangkan plak di gigi. Jadi alokasikanlah waktu lebih untuk menggosok gigi.

6. Menggosok Gigi Tepat Setelah Bangun Tidur

Ini 7 Kebiasaan Gosok Gigi Yang Salah, Kamu Harus Tahu!


Bau mulut yang timbul sehabis tidur membuat kita cepat-cepat menggosok gigi begitu bangun. Setelah itu kita lanjutkan dengan sarapan di pagi hari. Tanpa sadar kita membuat komponen pelindung gigi yang kita peroleh dari pasta gigi tertelan bersama makanan.

Ubah urutan kebiasaan yang dilakukan di pagi hari. Sarapanlah dulu, beraktivitas yang lain sebentar kemudian barulah menggosok gigi.

7. Ukuran Sikat Gigi Terlalu Besar

7 Kebiasaan Gosok Gigi Yang Salah


Sesuaikanlah ukuran sikat gigi dengan ukuran gigi kita. Jika ukuran sikat gigi terlalu besar, maka sikat tersebut tidak akan fleksibel di dalam mulut. Kotoran gigi pun tidak akan tersikat secara menyeluruh.


Demikian ulasan singkat mengenai 7 kebiasaan salah dalam menggosok gigi. Mari mulai dari sekarang kita benahi kebiasaan dalam menggosok gigi. Jangan sampai sehat yang diharap namun rusak yang didapat.