loading...

10 Cara Agar Tidur Bisa Lebih Nyenyak




10 Cara Agar Tidur Bisa Lebih Nyenyak | Kualitas tidur menentukan kesegaran tubuh ketika bangun di pagi hari. Salah satu parameter tidur berkualitas bisa dilihat dari nyenyak tidaknya tidur seseorang. Banyak orang yang tidak bisa tidur nyenyak karena satu dan dua hal. Berikut ini kita ungkap 10 rahasia yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

10 Cara Agar Tidur Bisa Lebih Nyenyak


Agar tidur bisa lebih nyenyak, cobalah cara-cara di bawah ini nanti malam.

1. Prinsip 90 Menit

Prinsip 90 menit yakni menghitung waktu tidur agar pas berakhir di kelipatan 90 menit. Pada saat kita tidur, otak akan melakukan siklus 90 menit dimana di akhir siklus tubuh akan merasakan semangat yang berkali lipat.

Contohnya jika kita berencana bangun pukul 03.00 maka pukul 21.00 kita sudah harus tidur. Jika dihitung dari pukul 21.00 hingga pukul 03.00 ada 6 jam atau sama dengan 360 menit. Jika dibagi 90 menit maka didapat angka 4. Angka 4 ini menunjukkan bahwa otak Anda telah mengalami 4 kali siklus 90 menit.

Cobalah prinsip 90 menit ini dan rasakan efeknya.

2. Tidur Siang Antara Pukul 13.00 Sampai Pukul 15.00

Tubuh kita memiliki irama vitalitas periodik. Pagi hari adalah puncak kesadaran, kepekaan dan semangat yakni dimulai dari pukul 07.00 sampai kira-kira pukul 09.00. Mulai dari pukul 11 semangat tubuh sudah mulai menurun. Titik terendah kesadaran kita terjadi antara pukul 1 siang sampai pukul 3 sore. Tak heran jika di Jepang, baik lembaga sekolah maupun perusahaan memberlakukan waktu istirahat tidur siang pada jam-jam tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan vitalitas tubuh Anda kembali, gunakanlah waktu-waktu tersebut untuk tidur siang. Pada jam-jam ini apabila kita paksakan untuk bekerja, hasil kerja yang diperoleh pun tidak akan optimal.

3. Minum Secangkir Kopi Sebelum Tidur

Kopi sudah terkenal mengandung kafein yang bisa mempercepat denyut jantung. Namun efek kafein itu baru bekerja 20 menit setelah dikonsumsi. Minum secangkir kopi sebelum tidur ternyata justu membuat kita terbangun dengan lebih semangat di pagi hari.

4. Olahraga Rutin

Biasakan untuk berolahraga secara rutin kurang lebih 2,5 jam setiap minggu. Baik olahraga ringan maupun olahraga berat yang penting dilakukan secara kontinu. Olahraga rutin akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Namun sangat tidak disarankan untuk berolahraga sebelum tidur karena pada masa itu tubuh sedang lelah dan hendak memasuki gerbang istirahat. Jika fungsi tubuh diporsir lagi maka akan membuat tubuh lebih kelelahan.

5. Hindari Menatap Layar Komputer Sebelum Tidur

Hasil riset menunjukkan bahwa blue-ray dari layar komputer akan mengganggu manufaktur melatonin. Sebenarnya bukan hanya cahaya dari layar komputer yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang, cahaya dari layar TV dan layar handphone pun dapat mengganggu. Cahaya dari barang-barang elektronik tersebut akan ditangkap sebagai sinyal bukan waktu istirahat oleh tubuh.

Karena itu hindari menatap layar komputer, layar TV dan layar handphone sebelum tidur. Namun jika Anda terpaksa bekerja di depan layar, atur cahayanya agar lebih gelap.

6. Berendam Air Hangat Sebelum Tidur

Berendam air hangat sebelum tidur akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Air hangat yang dipakai berendam akan membuat rileks syaraf-syaraf otot yang tegang akibat bekerja seharian. Tidur akan lebih nyenyak dan bangun pun akan lebih segar.

7. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat Sebelum Tidur

Konsumsi karbohidrat berlebih akan membuat kerja lambung menjadi berat. Kurangilah konsumsi karbohidrat sebelum tidur sehingga kerja lambung akan lebih ringan. Gantilah asupan nasi dengan roti atau makanan yang mengandung gandum, niscaya tidur pun akan lebih nyenyak karena pencernaan lancar.

8. Menggunakan Aroma Lavender

Aroma lavender dapat membuat tidur lebih nyenyak karena wangi lembutnya yang menenangkan berfungsi sebagai aroma terapi. Semprotkan aroma lavender di sekeliling tempat tidur atau pada berbagai perabotan yang ada di kamar. Namun aroma lavender ini sangat tidak disarankan untuk ibu yang sedang hamil karena akan berpengaruh pada janin.

9. Jika Terbangun Lebih Dari 20 Menit, Lebih Baik Bangun Sekalian

Seringkali kita terjaga dari tidur walaupun tanpa sebab. Setelah terjaga dari tidur, ada orang yang bisa langsung tidur lagi, ada pula yang terus melek. Jika dalam waktu 20 menit Anda tetap terjaga, lebih baik Anda bangun sekalian. Gunakanlah waktu tersebut untuk beraktivitas ringan atau gunakan untuk beribadah.

10. Pahami Jam Tidur Tubuh Anda

Otak akan secara otomatis mengatur jam tidur bagi tubuh. Jika tubuh sudah terasa lelah dan kedua mata sudah terasa berat, hal itu menandakan bahwa otak telah menyuruh tubuh untuk tidur. Jangan melawan waktu tidur yang telah diatur oleh otak tersebut. Dengan kata lain jangan bergadang ketika tubuh sudah meminta haknya untuk beristirahat.


Demikian uraian 10 hal terkait 10 Cara Agar Tidur Bisa Lebih Nyenyak. Semoga tulisan ini bisa membantu tidur kita menjadi lebih nyenyak.