loading...

Celana Jeans Bekas Gak Dipakai Jangan Dibuang!! Kamu Bisa Sulap Jadi 6 Kreasi Unik Ini




Kreasi Unik Dari Jeans Bekas - Remaja saat ini sangat menyukai jenis celana jeans dengan berbagai model yang sedang trend dari dulu hingga sekarang. Tentu kamu sejak dulu memiliki beberapa celana jeans yang sudah rusak ataupun tidak terpakai. Nah jangan buang dulu karena celana jeans bekas tersebut bisa disulap menjadi 6 kreasi unik nan mudah yang membuat aktivitasmu terbantu.

Daripada hanya membuat lemari penuh sesak, lebih baik kamu coba dulu kreasi dari celana jeans bekas berikut ini agar lebih bermanfaat.

1. Tempel Jeans Di Casing Polos Dan Jadilah Smartphone Milikmu Semakin Cantik

Celana Jeans

Tak hanya berfungsi sebagai pelindung saja, casing smartphone juga kini banyak yang menjadi hiasan atau aksesoris pelengkap dari ponsel. Jadi jangan biarkan casing yang kamu miliki hanya bermotif polos karena kini kamu bisa memanfaatkan kain jeans yang sudah tidak terpakai untuk menghiasnya.

Caranya dengan menyiapkan bahan-bahan seperti satu buah casing smartphone, kain jeans yang diambil bagian favoritnya saja, doubletape atau lem untuk kain serta gunting. Pembuatannya diawali dengan mengukur dahulu ukuran casing smartphone dan terapkan pada kain jeans yang telah dipilih. Selanjutnya tambahkan setiap sisinya sekitar 1 cm untuk memudahkan proses perekatan.

Gunting pola yang sudah digambar dan jika sudah, lumuri casing polos dengan lem. Jika kamu menggunakan double tip, tempel saja di bagian ujung-ujung yang dianggap bisa mewakili keseluruhan bagian dari casing agar nantinya tidak lepas. Setelah itu tempelkan kain jenas tersebut pada casing secara perlahan-lahan, kemudian tekuk setiap kelebihan sisinya ke bagian dalam casing. Tekan-tekan setiap sisinya agar perekat bekerja dengan baik.

Dijamin casing smartphone kamu akan menjadi unik karena pasti bakalan beda dengan casing yang lainnya.

2. Hanging Pocket Organizer Dari Saku Jeans

Jeans Bekas Gak Dipakai

Jeans yang sudah tidak dipakai karena ukuran badan yang berubah lebih besar biasanya akan diberikan pada orang lain ataupun dibuang. Jika memang sudah tidak layak pakai karena sobek di bagian tertentu, kamu bisa ambil kantongnya yang kebanyakan masih terlihat bagus. Fungsinya adalah untuk dijadikan hanging pocket organizer yang unik dan berguna.

Yang kamu butuhkan adalah satu buah kanvas berukuran 40 x 50 cm, 1 helai kain bekas atau dari jeans yang sudah dipotong tadi, 5 hingga 6 kantong celana jeans dan lem untuk merekatkan.
Pembuatannya terbilang mudah yaitu kamu tinggal tempelkan seluruh kantong pada kain bekas dengan perekat berupa lem seperti super glue. Kamu bebas menatanya asal yang penting harus bagus. Nah jika kamu bisa menjahit, alangkah lebih bagus jika setiap pinggiran kantong dijahit sehingga mampu memuat barang yang lebih berat nantinya.

Setelah semua kantong tertempel dan tertata dengan baik, tempelkan kain tersebut pada kanvas dengan menggunakan lem. Sebaiknya ukuran kain lebih sedikit dibandingkan dengan ukuran kanvas agar saat penempelan, kain bisa ditekuk ke bagian belakang kanvas dan hasilnya menjadi lebih rapi. Tekan setiap permukaannya agar proses perekatan bisa sempurna. Alhasil kini kamu memiliki organizer yang unik dan bisa menyimpan berbagai barang seperti alat tulis dan alat rias dengan rapi.

3. Pakai Denim Slippers Ini Biar Kaki Gak Kotor

Jeans Bekas Gak Dipakai

Beberapa diantara kamu pasti menggunakan sandal meski berada di dalam rumah. Bisa jadi itu karena alasan kesehatan seperti takut kuman ataupun karena kaki yang pecah-pecah. Biar lebih unik namun bermanfaat, kamu bisa membuat sandalmu sendiri dari bahan kain dan kantong jeans yang sudah tidak terpakai.

Caranya adalah dengan mencetak kedua kakimu di atas foam hitam yang nanti akan dijadikan sebagai dasar sandal. Potong pola tersebut menggunakan cutter ataupun gunting yang besar. Selanjutnya buat pola yang sama pada kain jeans dan potong denga gunting yang tajam agar rapi.

Siapkan kantong jeans dan rekatkan pada kain pola dengan menggunakan jahitan manual seperti tusuk jelujur atau tikam jejak. Kegunaan kantong jeans ini nantinya berfungsi sebagai penutup kakimu. Langkah terakhir adalah menyatukan kain dengan foam hitam dengan menggunakan jahitan seperti yang digunakan untuk kantong jeans.

Sebaiknya usahakan merekatkannya dengan jahitan karena jika menggunakan lem takutnya akan lepas jika terkena air.

4. Mini Sling Bag Unik Untuk Kegiatan Sehari-Harimu

Jeans Bekas Gak Dipakai

Jika kamu butuh kantong yang berukuran kecil untuk kegiatan sehari-hari, coba saja membuatnya dari kantong jeans yang sudah tidak terpakai. Caranya adalah dengan menyiapkan kain jeans dengan lebar 2 cm dan panjang 80 hingga 90 cm yang berfungsi sebagai tali. Lipat seluruh kain sehingga memiliki lebar 1 cm dan jahit bagian sisinya dan sisihkan. Untuk bagian kantongnya, gunakan 2 kantong bekas jeans dan dan gabungkan dengan cara menjahit dari sisi bagian dalam. Jika semuanya sudah dijahit, kamu tinggal menyatukan antara tali dengan kantong saja dan beri hiasan sebagai aksesorisnya.

Kini kamu pun bisa pergi ke mall atau hangout tanpa harus repot membawa tas yang besar untuk sekedar menyimpan uang atau handphone karena tas mini ini bisa kamu pakai untuk menyimpannya.

5. Alas Gelas Dari Denim Untuk Menjaga Kebersihan

Jeans Bekas Gak Dipakai

Jika kamu sering kedatangan tamu, tentu akan menyuguhkan berbagai minuman baik itu dingin ataupun panas. Biasanya kedua jenis minuman tersebut akan menimbulkan efek basah atau lengket pada meja. Solusinya adalah dengan membuat tatakan gelas dari bahan denim yang unik.

Pembuatannya diawali dengan melumuri lem pada kain jeans yang berukuran lebar 1 cm dan panjang 60 cm. Gulung kain tersebut secara membulat hingga kain menjadi habis. Tekan secara perlahan-lahan agar lem yang tadi digunakan bisa merekat dengan baik. Mudah bukan?

6. Kreasi Jeans Untuk Cup Holder Yang Unik

Celana Jeans Bekas Gak Dipakai Jangan Dibuang!! Kamu Bisa Sulap Jadi 6 Kreasi Unik Ini

Bagi kamu pecinta kopi atau teh, memegang gelas yang bersuhu panas akan menjadi sebuah keseharian. Agar kamu bisa merasakan nikmatnya minuman seperti kopi atau teh panas tanpa terganggu dengan panasnya gelas, kamu bisa coba menggunakan cup holder yang dibuat dari kain jeans.

Caranya adalah dengan mengukur diameter gelas yang biasa kamu gunakan dan buat pola pada kain dengan diameter yang sama. Sementara untuk lebarnya bisa memilih dengan ukuran 15 cm saja.
Lipat kain jeans tersebut secara horizontal sehingga didapat kain dengan lebar 7,5 cm dan jahit pertemuan kedua ujungnya. Satukan juga ujung kanan dan kirinya dan pastikan tidak ada sisi yang masih terbuka.

Kini kamu pun bisa memiliki gelas kopi dengan aksesoris jeans yang multi fungsi karena selain bersifat untuk melindungi tangan dari suhu panas, kain ini juga bisa cukup membuat gelas menjadi lebih unik.

Jadi masih berpikir untuk membuang langsung celana jeans bekas? Yuk segera berkreasi dari barang-barang yang tidak terpakai !!!