loading...

Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat Dengan Cepat Gak Pakai Lama




Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat Dengan Cepat Gak Pakai Lama ini sebenarnya sudah banyak yang tahu, Mungkin diantara pembaca masih ada yang belum mengetahui maka tak ada salahnya jika saya postingkan disini.

Hidung tersumbat adalah salah satu dari gejala flu. Walaupun penyakit ini tidak membahayakan jiwa, namun akan memberikan efek yang sangat tidak nyaman bagi penderitanya. Kita akan mengalami kesulitan dalam bernapas terutama jika waktu tidur tiba.

Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat


Udara pernapasan yang seharusnya keluar masuk melalui hidung, kini harus keluar masuk melalui mulut. Alhasil tidur pun menjadi tidak nyenyak. Nah, kamu tidak tahu kan kalau hidung tersumbat itu bisa diatasi dengan cepat?

Berikut kami rangkumkan khusus untuk pembaca cara-cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat.

1. Tingkatkanlah Aktivitas Fisik

Biasanya jika kita sedang terserang flu, yang ingin dilakukan adalah meringkuk di bawah selimut. Namun ternyata melakukan olahraga atau aktivitas ringan selama flu justru akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedikit jogging atau bersepeda bisa memicu kelenjar limpha untuk mengeluarkan cairan getah bening yang dapat membunuh kuman penyakit. Kelenjar endokrin pun aktif memicu sel-sel limphosit untuk melakukan serangan terhadap bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Namun tidak disarankan melakukan olahraga berat yang menguras seluruh energi tubuh. Hal ini akan melemahkan fungsi kekebalan tubuh sehingga sakit yang diderita akan semakin lama untuk sembuh.

2. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi dalam makanan adalah kunci utama menjaga agar sistem kekebalan tubuh manusia tetap fit. Beberapa zat yang terkandung dalam makanan dapat merangsang dan meningkatkan fungsi sistem imunitas. Zat-zat tersebut diantaranya adalah protein, vitamin terutama vitamin B dan E, zat besi, zinc, magnesium dan kalsium.

Kita bisa memperoleh zat-zat tersebut dengan menjaga varian makanan agar beraneka macam. Kekurangan zat-zat tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jadi jangan menuruti keinginan nafsu yang pilih-pilih makanan. Makanlah, selama makanan tersebut baik bagi kesehatan.

3. Istirahat Yang Cukup Dan Berkualitas

Istirahat yang cukup terkait dengan dua hal yakni lamanya jam tidur (segi kuantitas) dan nyenyak tidaknya tidur (segi kualitas). Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kita bisa mempraktekkan point kesatu di atas, yakni melakukan aktivitas ringan terlebih dahulu di siang hari. Dengan beraktivitas dahulu di siang hari, tidur malam akan lebih nyenyak. Bandingkan jika kita memanjakan penyakit dengan tidur seharian, istirahat malam pun tidak akan terlalu nyenyak.

Padahal tidur berkualitas di malam hari dapat meningkatkan fungsi detoksifikasi hati terhadap racun-racun yang ada dalam tubuh. Sistem imunitas pun lebih aktif dalam membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

4. Merendam Kaki Dengan Air Hangat

Rendamlah kaki dengan air hangat sebelum tidur selama kurang lebih 20 menit. Suhu hangat dari air rendaman akan menjalar ke seluruh tubuh dan membuat rileks saraf-saraf yang tegang. Tidak terkecuali saraf-saraf yang ada di daerah hidung sehingga kamu akan merasakan lega sedikit demi sedikit di daerah hidung. Lakukan kegiatan ini berulang-ulang setiap hari selama sakit.

5. Mengompres Hidung Dengan Air Panas

Celupkan handuk kecil ke dalam air panas, lalu kompres hidungmu dengannya. Suhu panas akan membuat hidung terasa lega walau hanya sesaat. praktekkanlah hal ini, niscaya kamu akan mendapatkan rasa nyaman di hidung yang tersumbat.

6. Memijat Hidung Dengan Lembut

Pijatlah hidungmu yang sedang tersumbat dengan menggunakan dua jari. Lakukan pijatan dengan lembut selama kurang lebih 1-2 menit. Jika yang tersumbat adalah hidung sebelah kanan, berbaringlah ke sebelah kiri sambil terus memijatnya. Jika hidung yang tersumbat adalah bagian kiri berbaringlah dengan menghadap ke sebelah kanan. Cara ini pun bisa membantu melegakan hidung tersumbat.

Demikian beberapa Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat Dengan Cepat. Yang paling penting jagalah selalu kesehatan dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat setiap harinya agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.