loading...

Cara Membersihkan Rumah dan Dapur Dengan Cepat Pakai 20 Trik "Cerdas"




Pekerjaan rumah tangga memang tak pernah ada hentinya dan tak pernah pula ada habisnya. Selalu ada saja hal yang dikerjakan entah itu karena memang sudah menjadi rutinitas ataupun hal yang mendadak terjadi. Bisa dibayangkan betapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan karpet ataupun menghilangkan noda membandel di panci bagian bawah. Pasti butuh waktu yang sekaligus menyita tenaga dan pikiran kita.

Cara Membersihkan Rumah dan Dapur


Nah berikut ini ada 20 cara pekerjaan rumah tangga yang bisa mempersingkat dan memudahkan tugas kita di dalam rumah. Yuk pelajari.

1. Oven

Noda dalam oven seringkali sulit dihilangkan karena memang telah terbakar dan menempel kuat pada material oven tersebut. Meski bisa dilakukan secara manual, namun ada cara yang lebih mudah yaitu dengan menaruh setengah mangkok air amonia dalam oven yang dingin. Setelah itu matikan oven semalaman dan keesokan harinya noda dalam oven bakalan mudah untuk dihapus.

2. Mesin Cuci Piring

Rak mesin cuci piring kadangkala terlihat kusam dan mungkin saja terdapat bakteri didalamnya. Untuk itu taruh semangkok cuka putih di rak tersebut dan nyalakan mesin pada suhu yang maksimal. Setelah itu taburkan sedikit baking soda di bagian bawahnya dan nyalakan kembali mesin cuci piring tersebut. Hasilnya bisa terlihat dari rak yang lebih bersih dan steril.

3. Kepala Shower Di Kamar Mandi

Interaksi antara air dengan logam sering menimbulkan yang namanya karatan. Nah ini bisa kita lihat pada bagian kepala shower di kamar mandi yang membuat penampilannya menjadi kurang nyaman dilihat bahkan bisa menghambat keluarnya air. Solusinya adalah dengan membungkus kepala shower tersebut dengan plastik berisikan cuka putih kemudian diikat menggunakan karet dan diamkan selama 1 hari. Setelah 1 hari, cuci bersih dan lihatlah kepala shower yang bersih tanpa noda.

4. Wajan Datar

Wajan dengan bentuk datar seringkali digunakan untuk membuat telur dadar ataupun sajian dengan minyak yang minim. Hal ini mengakibatkan wajan menjadi mudah gosong dan tentunya butuh kesabaran dalam membersihkan noda hitam tersebut. Agar lebih cepat, tuang 1 gelas cuka putih ke dalam wajan tersebut dan panaskan hingga mendidih. Setelah itu matikan kompor dan tambahkan kedalamnya 1 sendok makan baking soda. Diamkan beberapa saat dan noda gosong pun akan lebih mudah dibersihkan.

5. Blender

Blender merupakan alat rumah tangga yang cukup sulit dibersihkan karena bentuk yang bagian bawahnya memiliki pisau yang menyulitkan kita sehingga harus dibongkar dahulu. Namun kini ada yang lebih mudah yaitu dengan menuangkan sabun cuci piring beserta air panas kedalamnya. Selanjutnya nyalakan mesin blender beberapa menit dan cuci bersih serta bersihkan. Jadi tidak perlu repot melepas bagian-bagian dalam blender untuk hasil yang maksimal.

6. Kompor Gas

Tetesan minyak pada kompor bisa membuat daerah sekitar pengapian menjadi kotor dan susah untuk dihilangkan. Untuk kamu yang sedang kesulitan akan hal tersebut, gunakan tisu dan beberapa tetes minyak sayur untuk menghilangkan nodanya. Caranya dengan menggosokkannya ke permukaan kompor dan seketika itu juga noda menjadi hilang.

7. Kipas Angin Gantung

Kipas yang digantung di atap rumah lama kelamaan akan berdebu dan tidak enak untuk dipandang. Bahkan jika digunakan pun justru membuat seisi rumah menjadi berdebu. Untuk membersihkannya cukup dengan membungkus kipas dengan sarung bantal yang tidak terpakai. Setelah itu bersihkan debu dalam kipas tersebut. Dengan begitu debu tidak akan menyebar ke seisi rumah.

8. Wastafel Yang Tersumbat

Wastafel yang tersumbat pasti akan menyulitkan kita dalam membersihkannya seperti harus membongkarnya ataupun memanggil tukang yang lebih ahli. Padahal ada cara yang lebih mudah lho yaitu dengan mendidihkan terlebih dahulu campuran antara baking soda dengan cuka. Setelah tercampur, masukkan ke lubang wastafel dan tunggu beberapa menit. Coba alirkan kembali air ke lubang wastafel tersebut dan lihatlah wastafel kembali lancar.

9. Peralatan Berbahan Perak

Peralatan yang terbuat dari bahan perak seperti alat makan ataupun aksesoris dapur lainnya jika digunakan secara terus menerus akan menimbulkan warna yang lebih pudar dan tak secerah dahulu. Untuk solusinya, rendam peralatan tersebut dalam campuran air panas dan baking soda. Setalah beberapa saat, peralatan tersebut akan berubah seperti baru pertama beli.

10. Membersihkan Debu Di Sudut Rumah

Menyapu atau membersihkan debu yang berada di sudut kadang membuat kita merasa jengkel. Ini karena debu tersebut susah untuk dihilangkan. Cara yang efektif adalah dengan menggunakan kertas elektrostatis yang membuat sudut tersebut bebas dari debu.

11. Spon Dan Sikat Arang

Spon ataupun sikat arang sering digunakan setiap harinya pada peralatan makan seperti piring ataupun wajan. Kamu tahu gak kalau sebenarnya didalam spon tersebut terdapat bakteri yang saat ditempelkan pada piring, maka bakteri tersebut akan menempel dan masuk dalam tubuh kita. Untuk membersihkan spon ataupun sikat arang tersebut agar terhindar dari penyebaran bakteri, letakkan spon dalam microwave dan panaskan selama 2 menit guna menghilangkan 99% bakteri atau kuman di dalamnya.

12. Kasur

Hampir tempat yang kita gunakan akan mengandung kuman atau bakteri. Contohnya seperti kasur atau ranjang yang banyak mengandung bakteri dan membuat kesehatan kita menjadi terganggu. Untuk bisa menghilangkannya, kamu bisa menggunakan vodka yang dimasukkan dalam sprayer. Vodka memang merupakan sejenis minuman keras yang cukup tinggi kadar alkoholnya sehingga tidak baik dikonsumsi oleh kita. Vodka dalam bentuk sprayer tersebut lalu disemprotkan pada kasur dan jemur hingga kering atau lebih maksimal sterilisasinya.

13. Mesin Penggiling Kopi

Bagi kamu penggemar kopi tentu memiliki mesin gilingan kopi yang susah untuk dibersihkan. Cukup tuangkan 1 sendok teh baking soda kedalam mesin dan gosok secara perlahan. Noda dalam mesin kopi pun akan segera hilang.

14. Lantai

Meski telah menggunakan cairan pembersih lantai, namun sebenarnya kuman di lantai tetaplah masih ada. Untuk bisa meminimalisirnya, kamu bisa menggunakan kaos kaki yang direndam dalam cairan cuka. Setelah itu sarungkan pada tangan dan pakailah untuk mengepel rumahmu. Kuman di lantai pun langsung mati.

15. Sepatu Yang Basah

Musim hujan seperti ini seringkali menimbulkan permasalahan baru seperti sepatu yang kotor dan susah dikeringkan karena cuaca yang tidak mendukung. Untuk bisa mempercepat pengeringan, masukkan gulungan koran atau majalah dalam sepatu tersebut. kadar air dalam sepatu pun akan sedikit demi sedikit terserap dan mempercepat pengeringan.

16. Noda Pada Karpet

Noda pada karpet sangatlah susah untuk dibersihkan. Nah ada cara yang lebih mudah untuk menghilangkannya yaitu dengan menyemprotkan larutan dari campuran 2 gelas air dengan 1 gelas cuka. Tutup noda dengan kain yang basah dan setrika sebentar. Sekitar 1 menit kemudian noda di karpet pun hilang.

17. Muntahan

Tak bisa dipungkiri, bagi kamu yang memiliki anak yang masih kecil akan merasakan yang namanya bekas muntahan di rumah seperti di karpet atau di tempat lainnya. Untuk membersihkannya, tuang baking soda yang dicampur dengan air pada muntahan sebelum dibersihkan. Cukup jeda semalaman, muntahan pun bisa dibersihkan dengan maksimal.

18. Pecahan Kaca

Kejadian seperti gelas atau piring pecah menimbulkan permasalahan baru yaitu kamu harus segera membersihkan puing-puing dari pecahan kaca tersebut agar tidak terinjak oleh yang lainnya. Jika hanya disapukan atau dipel, seringkali masih terdapat bagian pecahan yang berukuran kecil dan tak terlihat oleh kasat mata.

Untuk membersihkannya dengan cepat dan efektif, taruh 1 lembar roti tawar diatas pecahan tersebut dan tekan secara perlahan. Pecahan kaca pun akan terangkat hingga yang kecil sekalipun.

19. Meubel Bahan Kulit

Meubel memiliki umur tertentu akan membuat tampilannya menjadi kurang menarik dan banyak terlihat goresan. Jangan gantikan dahulu meubel kamu dengan yang baru karena bisa diakali dengan menggunakan minyak semir sepatu dan lap. Cukup mengoleskannya secara merata, bekas goresan atau kusam pun akan segera hilang.

20. Bak Mandi

Bak mandi yang terus digunakan akan mengakibatkan kondisi di dalam bak tersebut menjadi berlumut dan mempengaruhi kualitas air. Untuk itu taburkan garam pada setengah bagian jeruk Bali dan sikatkan pada bak mandi hingga bak pun menjadi mengkilap.

Dengan tips diatas, kamu yang benci membersihkan pekerjaan rumah kini bisa dengan santai membersihkannya.

Cobalah langsung terapkan dalam keseharian. Dijamin kamu yang masih tinggal sama ortu akan langsung dicap sebagai anak yang berbakti dan nantinya bisa menjadi bekal jika kamu sudah berumah tangga.