loading...

Cara Cerdas Untuk Mengusir Semut, Kecoa Dan Nyamuk




Pernahkah kamu mendapat gangguan yang berasal dari serangga seperti semut, kecoa ataupun nyamuk? Tentu serangga-serangga tersebut bisa membuatmu merasa jengkel bahkan sebagian orang phobia akan serangga jenis tertentu seperti terhadap kecoa. Memang serangga merupakan makhluk hidup yang paling kuat bertahan dan bisa ada dimana saja termasuk di rumah mewah sekalipun.

Cara Cerdas Untuk Mengusir Semut, Kecoa Dan Nyamuk



Pada umumnya gaya hidup kotor menjadi sebab munculnya serangga-serangga tersebut dengan jumlah yang lebih banyak. Hal ini jelas harus diperbaiki jangan sampai gaya hidup seperti itu nantinya merusak kesehatan dan lingkungan rumah.

Solusinya jika memang gaya hidup sudah berubah lebih baik dan serangga masih tetap ada adalah dengan menggunakan pengusir serangga. Hanya saja beberapa cara memang ada yang berbahaya dan justru menimbulkan efek samping bagi kamu yang menghuni rumah tersebut. Contohnya seperti penggunaan asap atau juga racun serangga. Itu mungkin saja membahayakan kesehatan terutama untuk anak kecil yang masih rentan dengan lingkungan yang kurang kondusif.

Namun jangan khawatir karena masih ada cara sehat untuk mengusir serangga seperti semut, nyamuk, kecoa dan yang lainnya dengan tanpa efek samping yang membahayakan. Seperti apa cara-caranya? Yuk simak baik-baik.

Kecoa Takut Bau Wangi. Pilih Sabun Batangan Sebagai Solusinya

Cara Mengusir Semut, Kecoa Dan Nyamuk


Sudah pasti kita sering merasa jijik dengan kecoa yang lalu lalang bahkan beterbangan di dalam rumah dan itu bisa menimbulkan penyakit bagi penghuninya. Meski kadang kecoa susah untuk dimusnahkan populasinya, namun ternyata kecoa memiliki kelemahan yaitu takut pada bau wangi seperti sabun batangan.

Caranya adalah dengan menyiapkan satu buah sabun batangan kemudian menghancurkannya. Setelah itu masukkan bubuk sabun tersebut dalam wadah dan beri tambahan air. Letakkan wadah tersebut pada tempat yang sering dijadikan tempat bernaung kecoa seperti dapur, garasi atau bisa juga di kamar tidur. Saat kecoa mengetahui adanya bau wangi pada tempat tersebut, kecoa pun akan menjauh dan tak akan kembali lagi.

Yang perlu diingat adalah tambahkan air terus secara rutin karena sifat sabun mampu menyerap air sehingga keadaan dalam wadah akan menjadi kering dan tak menghasilkan bau yang tajam. Jadi jangan lupa tambahkan air ya!!

Bawang Putih Taklukkan Nyamuk

Cara Mengusir Semut, Kecoa Dan Nyamuk


Jika kamu suka menonton film tentang vampire, maka sudah pasti tahu penangkal ampuh yang ditakuti oleh makhluk tersebut. Yups benar bawang putih. Bawang ini memang mitosnya dipercaya dapat mengusir vampire yang menjadi penghisap darah manusia. Benarkah demikian?

Tentang hubungan antara vampire dengan bawang putih memang masih simpang siur kejelasan faktanya, namun di dunia nyata ada keterkaitan antara bawang putih dengan hewan penghisap darah lainnya yaitu nyamuk. Ternyata bau bawang putih dapat mengusir nyamuk yang kadang populasinya semakin banyak setelah hujan turun. Jadi siapkan bawang putih yah di tempat-tempat seperti kolong meja, kolong tempat tidur dan tempat yang mungkin menjadi persembunyian nyamuk.

Lemon Menjadi Pengusir Semut

Mengusir Semut, Kecoa Dan Nyamuk


Ada gula ada semut, itulah peribahasa yang secara nyata memang benar adanya. Serangga jenis semut memang menyukai makanan yang bersifat manis seperti gula ataupun makanan lainnya. Meski ada yang berkata bahwa jika suatu rumah banyak semutnya pertanda banyak rezeki, namun itu hanya sebuah mitos belaka. Yang ada justru membuat kita menjadi tidak nyaman karena lalu lalangnya semut dan membuat makanan yang ada di rumah sering dikerumuni semut.

Untuk menanggulanginya, kamu perlu menyiapkan lemon yang memiliki citarasa asam. Caranya adalah dengan membelah lemon menjadi dua bagian dan peras hingga keluar air sarinya. Setelah itu oleskan pada tempat yang banyak semutnya. Lihat reaksinya dimana semut tidak akan lagi mau ke tempat yang sudah dioleskan lemon.

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Dan Penanganan Setelah Gigitan

Mengatasi Semut, Kecoa Dan Nyamuk


Selain mengganggu setiap malam, gigitannya pun bisa membuat kulit menjadi gatal dan yang lebih parahnya adalah penyakit bawaannya yang berbahaya seperti penyakit malaria ataupun demam berdarah. Hampir bisa dikatakan segala cara sudah dilakukan untuk menghilangkan serangga ini, namun tetap saja kita digigit dan membuat kulit kita menjadi benjol-benjol.

Jika kamu sudah digigit oleh nyamuk dan merasa gatal pada bagian tersebut, oleskan bawang putih tepat di bagian kulit yang digigit. Bawang putih memang salah satu fungsinya adalah menghilangkan rasa gatal sehingga saat dioleskan, rasa gatal setelah gigitan nyamuk pun cepat reda.

Agar tak semakin digigit oleh nyamuk, konsumsilah vitamin B1 secara rutin. Nyamuk sangat tidak suka pada tubuh yang memiliki kadar vitamin B1 meski kita tidak dapat mencium seperti apa bau vitamin tersebut.

Anak yang sudah digigit oleh nyamuk seringkali menggaruk kulitnya secara berlebihan karena rasa gatal yang tidak bisa ditahan sehingga timbullah luka pada kulit. Solusinya adalah dengan mengoleskan pasta gigi dan air garam ke luka tersebut. Meski sedikit perih, namun cara ini terbilang aman, berkhasiat dan tanpa efek samping.

Agar bisa mencegah nyamuk berkeliaran di dalam rumah, tanamlah bunga sedap malam di dalam rumah dengan menggunakan pot. Bau yang dihasilkan bunga tersebut tidak disukai nyamuk dan mampu mengusirnya. Selain sedap malam, aroma bunga melati dan mawar pun memiliki khasiat yang sama. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai ada genangan air di pot tersebut karena bisa menjadi tempat bernaung bagi nyamuk.

Pertahanan lainnya yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk secara alami dan menghilangkan penggunaan produk yang berbahaya adalah dengan membungkus bawang putih menggunakan kain dan gantungkan di depan rumah agar nyamuk takut.

Ternyata nyamuk juga memiliki ketakutan pada warna tertentu yaitu warna orange kemerahan. Untuk itu pasanglah gorden dengan warna tersebut atau bisa juga menyalakan lampu dengan warna orange.

Hal yang terakhir untuk mengusir nyamuk terutama di daerah dalam lemari dan sekitar baju adalah dengan melarutkan vitamin B2 dan C dalam air. Semprotkan cairan tersebut pada baju dan juga kulit kita. Dijamin nyamuk tidak akan menghampiri dan menggigit kita.

Adakah Cara Lain Lagi Untuk Mengusir Kecoa?

Selain menggunakan wangi sabun batangan, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menaruh botol yang berisikan air gula di salah satu pojok ruangan. Kecoa yang mencium aroma tersebut akan langsung menghampiri dan masuk kedalamnya. Lambat laun kecoa pun akan mati didalamnya.

Cara yang selanjutnya adalah dengan menaruh obat anti serangga dari lampu alkohol yang dibakar 10% selama 1 hingga 2 jam. Lihatlah kecoa akan mati dengan sendirinya. Selain itu cara yang lainnya sering digunakan oleh orang Amerika dimana mencampurkan gula dengan baking soda. Taruh campuran tersebut di tempat yang banyak terdapat kecoa. Beberapa hari kemudian tempat tersebut pun akan bersih dari serangga kecoa.

Jika masih merasa belum puas, cobalah dengan melarutkan detergent dan semprotkan pada kecoa. Serangga tersebut pun akan langsung kabur dan tak akan kembali lagi.

Tak hanya bahan itu saja yang dapat mengusir kecoa. Bumbu dapur seperti campuran bubuk cabe dan merica pun bisa membasmi kecoa. Caranya adalah dengan menyebarkan bubuk tersebut di sekitar dapur atau yang lainnya. Kecoa pun akan menghilang dengan sendirinya. Selain bumbu tersebut, kulit jeruk, irisan lemon dan bawang bombay pun menjadi alat pengusir kecoa yang ampuh dan patut dicoba.

Masih banyak lagi cara yang bisa ditempuh agar serangga-serangga tersebut tidak lagi berkeliaran di dalam rumah. Selain lebih sehat, kandungan dari bahan-bahan tersebut aman bagi kita.

Yuk segera coba !!