loading...

Biji Pepaya Jangan Dibuang!! Ketahui Segudang Manfaatnya Disini..




Pernahkah kamu mengkonsumsi buah pepaya? Sebagian besar dari kita memang menyukai jenis buah ini. Selain kaya akan vitamin dan bercitarasa manis, harganya pun terbilang cukup terjangkau oleh semua kalangan.




Ketika kita mengkonsumsi pepaya, tentu bagian dalam berupa biji akan kita singkirkan dan kita buang. Padahal tanpa sadar kita tengah membuang sesuatu yang kaya akan manfaat. Apa saja manfaat besar yang dapat disumbangkan oleh biji pepaya?

1. Membantu Tubuh Melawan Kanker

Kandungan asam oleat dan asam plamitat yang tinggi pada biji pepaya dapat membantu tubuh melawan sel-sel kanker. Jadi berpikirlah dua kali sebelum membuang obat kanker yang murah meriah ini. Bayangkan berapa rupiah yang harus dikeluarkan untuk membeli obat kanker sintetis yang dibuat oleh tangan manusia. Sedangkan di depan kita ada obat penawar kanker yang mudah dan murah didapat namun malah kita buang begitu saja.

2. Menawarkan Racun Tubuh

Biji pepaya pun dapat berfungsi sebagai detoksifikasi atau menetralkan racun dalam tubuh. Pada kondisi biasa, menetralkan racun yang ada dalam tubuh adalah tugas dari hati. Dengan mengkonsumsi biji pepaya tugas hati untuk menetralkan racun banyak terbantu. Kerja hati pun akan lebih ringan sehingga resiko terjangkit penyakit hati dapat diminimalisir.

3. Mencegah Infeksi Dan Menjaga Fungsi Ginjal

Kandungan zat aktif dalam biji pepaya bisa pula mencegah infeksi dan menjaga fungsi ginjal dari berbagai serangan penyakit. Ini karena biji pepaya mengandung senyawa yang bisa membunuh berbagai kuman penyakit penyebab infeksi.

4. Menyingkirkan Parasit Dalam Usus

Sebagaimana kita tahu bahwa berbagai parasit hidup di dalam usus manusia. Parasit-parasit tersebut biasanya ikut serta tertelan bersama makanan atau ada juga yang betah turun temurun berkembang biak di dalam usus. Parasit memperoleh makanan untuk hidup dengan menyerap dan mengambil alih makanan inangnya. Dengan mengkonsumsi biji pepaya mampu menyingkirkan parasit-parasit tersebut dari dalam usus.

Namun bagaimana cara mengkonsumsi biji pepaya karena rasanya pahit jika harus ditelan langsung?

1) Pilih Pepaya Yang Berukuran Sedang

cara memilih pepaya


Biji pepaya berukuran sedang lebih tawar rasanya jika dibandingkan dengan biji pepaya berukuran besar. Maka dari itu mulailah mengkonsumsi biji pepaya dari buah yang masih berukuran sedang. Jika Anda sudah terbiasa dengan rasanya, maka Anda boleh mulai mencoba memakan biji pepaya yang berukuran besar.

2) Makan Langsung Biji Pepaya

Biji Pepaya Jangan Dibuang


Walaupun rasanya pahit tapi biji pepaya bisa dimakan langsung. Memang rasanya yang pahit tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan nafsu makan. Jadi untuk membiasakan diri, makanlah satu atau dua biji ketika awal-awal mencoba. Jika kita sudah terbiasa, mengkonsumsi biji pepaya yang banyak sekaligus pun tidak akan menjadi masalah lagi. Apalagi jika kita berpikir semua itu demi untuk mendapatkan kesehatan yang sangat berharga.

3) Campur Biji Pepaya Dengan Madu

Biji Pepaya Jangan Dibuang!! Ketahui Segudang Manfaatnya Disini..


Salah satu tips untuk meminimalisir rasa pahit biji pepaya yakni dengan mencampurnya dengan madu. Campurkan satu sendok biji pepaya yang akan dikonsumsi dengan satu sendok madu. Dengan cara ini kita akan mendapatkan manfaat ganda, yakni berbagai manfaat kesehatan yang diperoleh dari biji pepaya dan berbagai manfaat kesehatan yang diperoleh dari madu.

4) Menumbuk Biji Pepaya

Biji Pepaya Buat Apa


Agar tidak kesulitan menelan biji pepaya yang berbentuk bulat, tumbuklah biji pepaya tersebut. Kamu bisa menambahkan sedikit air kemudian menyaringnya. Filtrat hasil saringan yang sudah terpisah dari ampas bisa diminum langsung atau bisa pula ditambahkan madu dan air hangat.

5) Menggorengnya Dengan Daging

Khasiat Biji Pepaya


Biji pepaya yang sudah ditumbuk bisa dijadikan campuran bumbu lalu dibalurkan pada daging ayam maupun daging sapi. Biarkan selama kurang lebih 1 jam agar meresap. Panaskan minyak di wajan dan masukkan daging tersebut untuk digoreng.

Biji pepaya yang dijadikan campuran bumbu tersebut bisa melunakkan daging sehingga bisa mendapatkan daging yang lembut. Dengan begitu selain bisa makan enak, kamu pun bisa mendapatkan manfaat lebih dari khasiat biji pepaya.

6) Mencampur Biji Pepaya Dengan Salad

Manfaat Biji Pepaya


Kamu bisa juga mencampurkan biji pepaya dengan salad sayur maupun salad buah. Campurkan biji pepaya dengan saus mayonaise dan selamat menikmati salad ekstra manfaat bagi kesehatanmu.

Jadi sekali lagi pikir ulang jika kamu mau membuang biji pepaya yang ternyata mempunyai manfaat sangat besar tersebut.