loading...

5 Cara Jitu Membersihkan Karang Gigi




Cara Membersihkan Karang Gigi - Membersihkan gigi telah menjadi rutinitas harian kita baik saat pagi hari maupun malam hari. Namun terkadang hal tersebut belum tentu membuat gigi kita menjadi bersih sesuai yang kita inginkan. Jika gigi kita menguning ataupun berkarang, sudah dipastikan bahwa rasa malu akan dirasakan saat berbicara dengan teman ataupun sahabat kita.

Cara Membersihkan Karang Gigi


Efek seperti menguning ataupun berkarang memang bisa dikarenakan cara membersihkan gigi yang salah ataupun perilaku kita yang berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu yang dapat memicu kerusakan gigi tersebut. Nah ternyata ada cara membersihkan karang gigi yang bisa dilakukan tanpa perlu membersihkannya lewat cara yang biasa. Berikut adalah caranya.

1. Cukup 5 Menit Dengan Buah Strawberry, Karang Gigi Bisa Hilang

Selain menggunakan pasta pada umumnya, buah strawberry pun bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan karang gigi. Caranya adalah dengan menyiapkan dahulu buah strawberry dan baking powder ½ sendok makan. Jika sudah, hancurkan buah strawberry tersebut hingga berbentuk pasta dan campur dengan baking powder. Setelah cukup rata, ambil dengan sikat gigi dan tempelkan pada bagian gigimu yang berkarang. Diamkan selama 5 menit dan bersihkan dengan pasta gigi biasa dan berkumurlah.

Mungkin beberapa biji strawberry akan menempel di celah gigi. Untuk menghilangkannya kamu bisa menggunakan tusuk gigi yang bersih. Meski cukup efektif, jangan sering melakukan cara ini karena sifat asam pada strawberry bisa membuat gigi lama-lama menjadi rusak. Cukup lakukan satu minggu satu kali saja.

2. Kombinasi Kulit Jeruk, Baking Powder Dan Pasta Gigi Membuat Gigi Putih Bersinar

Kini banyak beredar pemutih gigi yang instant namun berefek bahaya bagi kesehatan terutama di bagian gigi. Nah agar terhindar dari hal tersebut namun tetap menginginkan gigi yang putih, kamu bisa mencoba dengan mengeringkan kulit jeruk. Kamu bisa bebas menentukan kulit jeruk mana untuk metode ini. Hancurkan atau cincang kulit jeruk tersebut dan campurkan dengan baking powder serta gabungkan dengan pasta gigi. Jika sudah tercampur rata, gosokkan pada gigi dan lihatlah gigimu akan kembali memutih secara alami.

3. Khasiat Cuka Untuk Gigi

Bumbu dapur seperti cuka ternyata bisa juga untuk digunakan sebagai pembersih gigi dan bakteri yang ada dalam mulut. Caranya adalah dengan memasukkannya dalam mulut sekitar 1 hingga 3 menit dan muntahkan. Setelah itu sikat gigi seperti biasanya menggunakan pasta gigi. Efeknya akan dengan cepat terlihat dan bagus. Hanya saja gigi akan terasa asam akibat penggunaan cuka sekitar 2 menitan. Penggunaan cuka ini tidak boleh terlalu sering karena tidak baik juga terhadap kesehatan gigi. Cukup lakukan 2 bulan sekali saja ya !!

4. Jus Lemon Untuk Kesehatan Gigi

Umumnya lemon digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan pernafasan seperti sakit tenggorokan ataupun melancarkan pernafasan. Namun ternyata diketahui bahwa lemon juga bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi sekaligus menghilangkan karang gigi. Caranya adalah dengan menjadikan lemon tersebut sebagai jus. Pertama-tama gosoklah gigi seperti biasanya. Setelah itu gosokkan jus lemon pada gigi secara merata. Mungkin awal-awal akan terasa sedikit perih dan kesat karena sifat asam dari lemon, namun cara ini cukup efektif dan terlihat jelas hasilnya.

Sebaiknya untuk yang memiliki gigi sensitif tidak menggunakan cara ini karena akan membuat gigi menjadi sakit.

5. Ragi Si Pemutih Gigi

Ragi yang berfungsi untuk fermentasi makanan ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan mencampurkannya pada pasta gigi dan sikatlah seperti biasa. Penggunaan yang rutin akan memperlihatkan gigi yang lebih putih dan bersinar.

Itulah cara membersihkan karang gigi dan juga memutihkan gigi yang bisa dilakukan selain menyikat gigi pada umumnya. Yang terpenting lakukan dengan sungguh-sungguh dan jaga juga pola makan agar jangan terlalu sering mengkonsumsi gula ataupun tepung yang bersifat menempel pada gigi.

Demikianlah berbagai Cara untuk membersihkan karang gigi tanpa harus pergi ke dokter gigi. Semoga bermanfaat.