loading...

10 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur




Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur - Banyak orang yang merasa haus setelah bangun tidur sehingga langsung meminum air. Ternyata hasil riset membuktikan bahwa kebiasaan ini membawa pengaruh baik bagi kesehatan tubuh. Kenapa bangun tidur harus minum air? Apa saja efek baik tersebut?

10 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur


Bukan berarti ketika kita beristirahat, sel-sel tubuh kita pun semuanya ikut tidur. Tubuh tetap melakukan fungsi fisiologisnya. Sesampahan hasil metabolisme yang bersifat racun tetap diproduksi dalam tubuh selama kita tidur. Inilah alasannya mengapa setelah bangun tidur kita harus minum air.

Air berfungsi sebagai pelarut. Minum banyak air menyebabkan aliran darah lancar sehingga lancar pula pengangkutan sampah sisa metabolisme. Sampah yang bersifat racun ini akan diangkut untuk dikeluarkan dari tubuh.

Air juga berfungsi memperlambat kecepatan mencerna makanan sehingga makanan yang dicerna akan diambil sari-sarinya dengan baik. Nutrisi pada makanan pun akan diserap optimal oleh usus. Air mempunyai kemampuan membersihkan minyak jenuh dan merangsang ekskresi asam lambung sehingga mampumenjaga lambung agar tetap sehat. Sebaliknya jika kita kurang minum, maka sampah metabolisme akan mengendap bahkan bisa mengundang datangnya sel-sel kanker.


10 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Dan inilah 10 manfaat kesehatan yang tersimpan dari kebiasaan minum air putih saat perut kosong.

1. Menurut beberapa penelitian kesehatan, pagi hari adalah jam normal untuk buang air besar. Namun Anda sering merasa kesulitan? Untuk itu perbanyaklah minum air putih saat bangun tidur. Air putih akan mendorong keluar kotoran.

2. Air putih yang Anda minum bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal ini akan berlangsung lebih maksimal jika Anda minum air putih saat perut Anda masih kosong.

3. Sarapan merupakan jam makan yang penting. Namun kendalanya adalah kadang Anda tidak merasa lapar di pagi hari. Solusinya, minumlah air saat bangun tidur. Sebab hal ini akan membuat Anda lapar di pagi hari.

4. Sering sakit kepala saat bangun tidur? Itu mungkin tanda dehidrasi. Sehingga segera minum air putih untuk meredakannya.

5. Usus Anda juga butuh dibersihkan. Dan cara yang paling efektif adalah dengan minum air putih sesegera mungkin di pagi hari.

6. Minum air putih terutama air hangat di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme. Hal ini berarti tubuh Anda memiliki kemampuan untuk menyerap dan mencerna makanan dengan lebih cepat sehingga tidak mengakibatkan kegemukan.

7. Minum air putih di saat perut kosong mampu merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah lebih cepat. Hasilnya, Anda pun akan lebih berenergi.

8. Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan minum banyak air putih di pagi hari. Sebab selain lemak yang keluar, sistem metabolisme tubuh pun akan meningkat.

9. Tahukah Anda bahwa salah satu rahasia untuk memiliki kulit cerah bersinar adalah dengan minum air putih? Hal ini terjadi karena proses detoksifikasi mampu membersihkan jerawat dan lemak lainnya di kulit.

10. Minum air putih di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hasilnya, Anda pun akan terhindar dari berbagai macam infeksi penyakit.


Tips dan Ukuran Minum Air Putih

Agar didapat manfaat optimal dari minum air di pagi hari, ikuti tips berikut:

1. Minumlah 4 gelas air ketika bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lain

Jika Anda merasa tidak sanggup menghabiskan semuanya, maka minumlah pelan-pelan. Minumlah sedikit demi sedikit saja hingga semuanya habis.

2. Ketika Anda sarapan, jangan makan terlalu banyak sehingga perut seluruhnya penuh dengan makanan. Isilah perut dengan makanan sebanyak sepertiga bagian, sepertiganya untuk air dan sepertiga lagi untuk udara.

Dengan demikian akan diperoleh manfaat optimal dari kebiasaan minum air sehabis bangun tidur.