loading...

Pernak-Pernik Indah Bikinan Sendiri Yang Membuat Rumahmu Lebih Hidup




10 Pernak-pernik indah bikinan sendiri bisa kamu buat tanpa mengeluarkan biaya yang cukup mahal dan itu kiranya bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu untuk memperindah dekorasi rumah. Gimana caranya membikin dekorasi rumah yang rapi dan sedap dipandang mata? Mahalkah biaya yang diperlukan untuk mempercantik tampilan interior rumah? Perlukah kita mengundang tenaga ahli? Kadang pertanyaan-pertanyaan tersebut sering terlintas di benak kita.

Kamu gak perlu repot-repot mengundang ahli dekorasi demi untuk memperoleh desain unik interior rumah. Cukup simak lebih lanjut referensi cara membikin pernak-pernik unik yang telah kita rangkumkan untukmu di bawah ini. Let’s check it out!

1. Wall Art Cantik Dari Keajaiban Kolaborasi Selotif Warna-Warni Dengan Gambar Dari Majalah Bekas
Wall Art cantik dari selotip
Wall Art cantik dari selotip
Hari ini kamu punya rencana hendak membuang tumpukan majalah bekas di rumahmu? Eits tunggu dulu!! Lebih baik kamu urungkan niatmu itu. Masih ada manfaat yang bisa disumbangkan oleh barang yang kamu anggap sampah tersebut. Yup, kamu bisa menggunting rapi gambar-gambar yang ada di majalah bekasmu. Seperti yang kita tahu, artikel-artikel di dalam majalah biasanya dilengkapi dengan berbagai gambar yang variatif. Pemilihan jenis gambar tentunya bisa disesuaikan dengan seleramu. Tempelkan gambar-gambar yang telah kamu pilih dengan selotif warna-warni di dinding ruang keluarga, ruang tamu atau dinding kamarmu. Dan lihatlah Wall art cantik telah berjejer berselang-seling menghias unik interior rumahmu.

2. Ombre Wall Art, Membuat Dinding Rumahmu Yang Menjenuhkan Menjadi Lebih Hidup
Ombre art yang simpel dan nyaman dipandang
Ombre art yang simpel dan nyaman dipandang

Sekarang ini siapa yang tak kenal akan teknik pewarnaan ombre. Teknik ini mengangkat tema degradasi warna yang di mulai dari warna-warna cerah menuju warna yang lebih soft, atau bisa dilakukan kebalikannya. Ombre sering diterapkan untuk memarnai rambut dan memoles bibir. Namun jangan salah, teknik ini bisa juga diterapkan untuk menghias dinding bagian dalam rumahmu agar lebih hidup.
Ombre art di kamar mandi
Ombre art di kamar mandi
Yang perlu kamu perlu siapkan adalah barang-barang di bawah ini:
Cat minyak / air warna putih dan warna apa saja sesuai seleramu
Kuas berukuran besar
Wadah untuk mencampurkan cat
Air bersih untuk mencuci kuas
Lap bersih untuk mengeringkan kuas
Berikut cara membuatnya: Celupkan kuas ke dalam cat warna yang telah kamu pilih sesuai selera. Lukislah satu strip warna di dinding interior ruangan rumah atau kamarmu. Campurkan warna pilihanmu dengan cat putih sehingga dihasilkan warna yang lebih soft. Masukkan kuas ke dalam warna hasil campuran tersebut. Lukiskan ke dinding tadi hingga tidak ada bagian dinding yang kosong. Biarkan hingga kering, dan ombre wall art cantik sudah siap mencerahkan gelombang hidupmu.

3. Display Unik Dari Rak Buku Dan Koleksi Sepatu
Sepatu pun bisa menjadi hiasan rak
Sepatu pun bisa menjadi hiasan rak
Jika kamu adalah orang yang hobi mengoleksi sepatu, maka hobi ini bisa dimanfaatkan lebih jauh dengan menjadikan sepatu-sepatumu sebagai hiasan rumah. Yup sepatu yang sedang tidak dipakai bisa kamu jejerkan sesuai urutan warna, ukuran atau desain bentuk di rak bukumu sebagai display. Rumahmu semakin tertata apik dan membuat betah siapa saja yang berkunjung.

4. Modifikasi Rak Buku Dari Bekas Pintu Kayu
Pintu bekas bisa menjadi bingkai rak buku yang menarik
Pintu bekas bisa menjadi bingkai rak buku yang menarik
Karena usia dan lamanya pemakaian, kadang pintu rumah yang terbuat dari kayu bisa rusak dan tidak terpakai lagi. Namun pintu tersebut jangan langsung dibuang dulu, kamu bisa memodifikasinya menjadi rak buku nan unik. Caranya gampang saja, kamu tinggal memasang kayu di belakang pintu yang berfungsi sebagai alas buku. Kemudian cat permukaan kayu dan pintu tadi dengan cat warna kesukaanmu. Ukiran-ukiran pintu yang indah akan mempercantik desain rak, sehingga tidak salah jika rak buku tersebut menjadi hiasan yang layak terpajang di kamarmu.

5. Kursi Bernuansa Baru Dengan Hanya Bermodalkan Kain Berwarna Terang
Memodifikasi kursi lama biar menarik
Memodifikasi kursi lama biar menarik (gambar: lawyers body)
Jika kamu mempunyai kursi kayu ataupun plastik yang polos dan membosankan, saatnya kamu ganti dengan menjadi lebih menarik. Caranya adalah dengan teknik cedoupage dan melapisinya menggunakan warna yang terang.

Yang kamu butuhkan adalah kursi, kain bermotif sesuai selera, lem mod podge, gunting dan kapur penanda. Untuk membuatnya yang pertama adalah melepaskan alas kursi dari rangkanya. Setelah itu ukur panjang dan lebar alasnya dengan cara meletakannya pada lantai yang datar sembari diukur. Ukur pula kainnya sekaligus tandai yang nantinya dipotong dengan hati-hati. Biar nanti nampak lebih rapi hasilnya, tambahkan setiap ukurannya dengan 2,5 cm lebih panjang.

Oleskan lem mod podge pada kursi dan tempelkan kain mpotif yang sudah dipotong. Biarkan selama semalaman dan esok paginya potong bagian kain yang menjuntai. Rapikan pula benang yang ikut menjuntai. Agar benang tidak terus keluar, beri sedikit lem mod podge juga.

6. Buat Boks Kontainer Sendiri Biar Gak Berceceran Barang Pentingmu
Boks kontainer dari wadah bekas susu formula
Boks kontainer dari wadah bekas susu formula
Jika kamu punya adik atau anak yang masih kecil, pasti memiliki karton bekas susu formula di rumahmu. Kini barang bekas tersebut bisa kamu jadikan sebuah barang yang multifungsi dengan menjadikannya sebagai boks kontainer. Nantinya kamu bisa menyimpan anting, kalung, charger atau barang mungil lainnya.

Caranya cukup sederhana yaitu dengan memotong karton susu bekas menjadi wadah lalu lapisi menggunakan kertas kado beraneka warna. Taruh boks tersebut pada laci atau boks yang lebih besar.

7. Kain Keset Yang Meriah Bikin Hidup Lebih Indah
Keset unik hasil kreasi sendiri
Keset unik hasil kreasi sendiri
Masih menggunakan keset dari sabut kelapa berwarna cokelat muda? Lama-lama bisa bikin bosan ngeliatnya. Biar gak bosan, keset tersebut bisa kamu ubah menjadi lebih berwarna. Caranya cukup siapkan lakban dan spray paint atau cat tembok. Kamu buat aneka bentuk menggunakan lakban seperti bentuk segitiga ataupun kotak. Selanjutnya warnai sisi bagian dalamnya menggunakan warna yang cerah. Jadi deh keset indah hasil kreasimu.

8. Tumpukan Majalah Yang Menjadi Sebuah Kursi Unik
Kursi dari tumpukan majalah bekas
Kursi dari tumpukan majalah bekas
Jika kamu pecinta bacaan dan mengoleksi beragam majalah yang sudah lama, kamu bisa menggunakannya menjadi sebuah tumpukan yang nantinya bisa berfungsi seperti sebuah kursi. Caranya adalah dengan mengelem tumpukan majalah sehingga menempel menjadi satu. Biar empuk saat diduduki, ikatkan sebuah bantal kecil diatas tumpukan majalah tersebut menggunakan dua buah sabuk.

9. Baki Pun Menjadi Hiasan Pintu Kulkas
Baki bisa jadi tempat menyimpan foto di pintu kulkas
Baki bisa jadi tempat menyimpan foto di pintu kulkas
Pintu kulkas sering dijadikan tempat untuk menyimpan memo ataupun seperti sebuah dinding tempat menyimpan foto-foto yang menarik. Biar makin fresh, tempelkan baki berwarna cerah dengan magnet sebagai perekatnya. Kini kamu pun bisa menyimpan foto atau jadwal kegiatan yang lebih rapi di pintu kulkas tersebut.

10. Kamar Bisa Menjadi Sebuah Hutan Mini Yang Eksotik
Kamar yang menjadi hutan mini
Kamar yang menjadi hutan mini
Ruangan kamar yang pengap seringkali butuh penyegaran. Nah solusinya adalah dengan menyimpan tanaman indoor di berbagai sudut. Kamu bisa membeli kaktus, aloe vera dan lidah mertua yang berharga murah dan terjangkau oleh semua orang. Namun hasilnya kamar atau ruanganmu menjadi lebih hidup dan segar.


Dengan pernak-pernik indah bikinan sendiri selain bisa membuatmu lebih kreatif, biaya yang dikeluarkan pun menjadi lebih hemat. Yuk cobain !