loading...

8 Tips Unik Menyulap Barang Bekas Jadi Barang Multiguna




Menyulap barang bekas menjadi barang-barang multiguna akan sangat bermanfaat bagi lingkungan. Kadang barang-barang bekas suka dipandang sebelah mata dan tanpa pikir panjang langsung dibuang begitu saja. Sehingga dari hari kehari tumpukan sampah semakin memenuhi bumi kita tercinta ini.

Barang bekasmu sebenarnya masih memiliki nilai guna. Intinya kamu hanya perlu sedikit meluangkan waktu dan menuangkan kreatifitasmu untuk menyulap barang-barang tersebut. Namun jika kamu masih belum bisa membayangkan barang-barang apa saja yang masih bisa dimanfaatkan dan bagaimana cara memanfaatkannya, berikut kami rangkumkan untukmu.
1. Tempat Pensil Unik Ala Andy Warhol
Tempat pensil dari kaleng bekas
Tempat pensil dari kaleng bekas
Punya kaleng bekas susu kental manis, atau bekas permen? Eits jangan dibuang dulu. Kamu masih bisa menjadikannya sebagai hiasan rumah atau menjadikannya sebagai tempat menaruh barang-barang yang muat ditampungnya, contohnya sebagai tempat pensil. Inspirasi ini bisa kita tiru dan modifikasi dari Andy Warhol, sang seniman Amerika pembuat karya seni dari kaleng yang terkenal dengan tomato soup.
Tempelkan stiker biar makin OK
Tempelkan stiker biar makin OK
Caranya mudah saja, kamu tinggal membersihkan kaleng bekas tersebut lalu tempelkan gambar tomato soup yang telah diprint sebelumnya. Jika kamu menggunanakan kertas stiker waktu mem-print gambar maka hal ini akan mempermudah pekerjaan karena kamu tidak perlu lagi menggunakan lem atau selotif. Variasi gambar sebenarnya tidak harus melulu tomato soup, kamu bisa memilih gambar sesuai selera misalnya gambar-gambar anime, gambar bunga, gambar hewan dalam cerita fabel, atau gambar pemandangan yang lainnya sesuai selera. Dan deretan tempat pensil unik pun siap mempercantik dekorasi interior rumahmu.

2. Ketika Botol Selai Atau Botol Madu Bertemu Dengan Washi Tape
Botol selai pun tampil cantik
Botol selai pun tampil cantik
Selai atau madu memang 2 makanan manis yang sungguh sedap dioleskan pada roti. Sehingga persediaan selai atau madu pun tak pernah luput berada di rumahmu. Namun kemana botol-botol bekasnya kamu tempatkan? Daripada hanya memenuhi ruangan sudut dapur atau dibiarkan tergeletak berdebu dimana saja, lebih baik kamu manfaatkan botol-botol tersebut menjadi hiasan rumah bernilai seni tinggi.
Beragam motif Washi tape
Beragam motif Washi tape
Cukup dengan Washi tape kamu bisa menyulap botol selai atau botol bekas madu dengan sangat indah. Washi tape adalah selotif yang mempunyai corak warna-warni dan motif yang unik. Tinggal kamu tempelkan dan kolaborasikan saja Washi tape pilihanmu pada botol kaca tersebut. Walla.. hiasan pemanis meja yang didalamnya bisa ditaruh barang-barang kantor atau peralatan make up, sudah siap menemani.

3. Kreasi Wadah Cantik Dari Botol Plastik Warna-Warni
Botol cantik untuk beragam kegunaan
Botol cantik untuk beragam kegunaan
Botol plastik adalah sampah yang sulit untuk diuraikan, jadi pikir dua kali deh sebelum kamu membuangnya. Lebih baik kamu buat kreasi unik dari botol plastik, terutama botol plastik warna-warni. Alat bantu yang perlu kamu siapkan hanyalah cutter, gunting dan setrika. Langkah pertama untuk membuatnya yakni dengan cara memotong bagian leher dari botol tersebut. Rapikan dengan gunting, lalu nyalakan setrika hingga cukup hangat. Setrikalah bagian yang dipotong tadi sambil diputar-putar. Panas dari setrika akan merapikan bekas potongan sehingga tidak ada ujung-ujung tajam yang bisa melukai kulit saat tersentuh.

Dengan langkah yang simple, kamu sudah mendapatkan wadah cantik yang akan membuat peralatan make-up mu tidak lagi berantakan.

4. Monster-Monster Lucu Dari Botol Shampo
Monster lucu dari botol sampo
Monster lucu dari botol sampo (gambar: madamecriativa.com.br)
Monster-monsternya lucu banget kan? Terbuat dari apa yah? Dan gimana cara buatnya?
Ini adalah botol-botol shampo yang disulap menjadi monster lucu dengan hanya bermodalkan ballpoint atau pensil, gunting, cutter, lem, stiker warna hitam dan putih, serta double tape. Jadi yuk kita simak baik-baik bagaimana cara buatnya.
Cara membuat wadah monster
Cara membuat wadah monster(gambar: madamecriativa.com.br)
• Langkah pertama tentunya botol sampo bekasmu harus dibersihkan terlebih dahulu, baik dari isi shamponya maupun dari segala label yang menempel.
• Buatlah pola setengah lingkaran yang nantinya akan menjadi kepala si monster lucu
• Potong pola tersebut dengan menggunakan cutter lalu rapihkan dengan gunting
• Gambar pola tangan pada sisa potongan botol, lalu potong dan rapihkan
• Tempelkan tangan tersebut dengan lem pada bagian belakang botol
• Gambarlah pola mulut stiker berwarna hitam dan pola gigi pada stiker berwarna putih. Kemudian gunting dan rapihkan.
• Tempelkan pola mulut dan gigi tersebut pada bagian depan botol
• Langkah terakhir, tempelkan double tape pada bagian belakang botol sehingga monster lucumu bisa ditempelkan di dinding.

Walla monster-monster lucu siap menemani aktivitas belajarmu.

5. Kreasi Galeri Seni-Round Art- Di Dinding Kamar Atau Rumahmu Hanya Dengan Roll Bekas Tisu Toilet
Kreasi karton tissue toilet bisa sangat artistik
Kreasi karton tissue toilet bisa sangat artistik
Ingin punya dekorasi keren terpampang di dinding kamar atau dinding ruang tamu rumahmu? Gak perlu deh yang namanya merogoh kocek terlalu dalam. Kamu bisa membuatnya sendiri dari bekas gulungan tisu toilet. Benarkah bisa? Yuk simak saja bahan-bahan yang kamu perlukan dan bagaimana cara membuatnya.

Siapkan barang-barang di bawah ini:

- Bekas gulungan tisu toliet
- Pipa bekas berdiameter sesuai dengan toilet paper roll
- Gergaji berukuran kecil
- Pensil untuk menggambar pola
- Gunting
- Lem berwarna putih
- Berbagai gambar favorit hasil down-load atau hasil jepretanmu
- Palu dan beberapa paku
- Karton

Cara pembuatannya:

Double roll-kan gulungan tisu ke pipa sehingga didapatkan ukuran yang sama. Kemudian potong pipa dengan gergaji dan letakkan potongan pipa tersebut ke atas karton. Gambar pola lingkaran mengikuti diameter pipa. Potong pola lingkaran pada karton tersebut kemudian tempelkan pada pipa. Tempelkan pipa berlapis karton pada gambar yang mau kamu pajang lalu gambar lingkaran mengikuti diameter pipa dan potonglah gambar tersebut (pastikan gambar yang mau kamu display sesuai dengan ukuran diameter pipa agar gambarmu tidak terpotong). Pasang beberapa paku di dinding dan gantungkan dispaly yang sudah jadi tadi.

Dekorasi keren ala galeri seni pun siap mengisi kekosongan dinding-dinding rumahmu.

6. Vas Bunga Gantung Cantik Ala Mimosa Bar
Vas bunga gantung yang cantik dan cerah
Vas bunga gantung yang cantik dan cerah
Bagi kamu para florist, hiasan dinding yang satu ini memang cocok banget. Selain cantik, hiasan yang satu ini juga sangat unik membuat suasana rumah makin cerah ceria penuh warna. Dekorasi ala mimosa bar ini terbuat dari botol-botol bekas air mineral yang dijadikan sebagai vas bunga gantung. Namun tentunya botol-botol bekas air mineral tersebut disulap terlebih dahulu agar sedap dipandang mata.

Berikut langkah-langkahnya: bersihkan botol plastik bekas air mineral dari berbagai macam label yang menempel. Berilah tanda batas warna menggunakan painter tape (plester cat) atau bisa juga dikira-kira. Semprotkan cat atau oleskan cat (jika kamu menggunakan kuas) pada bagian sebelah bawah botol sampai memenuhi batas warna. Disarankan agar ketinggian cat tidak sama antara botol yang satu dengan yang lainnya sehingga ada variasi yang menghilangkan kesan monoton. Pilihlah warna-warna cat yang cerah ceria seperti merah, biru, orange dan peach. Ikat bagian leher botol dengan pita atau tali warna-warni. Beri air secukupnya ke dalam botol dan masukkan bunga kesukaanmu. Kemudian gantung vas bunga cantik tersebut pada paku di dinding rumahmu.
Keharuman bunga dan keceriaan warna dari vas unik ini siap menemani hari-harimu.

7. Pot Tanaman Super Menggemaskan Dari Botol Soda
Lucunya vas bunga bentuk kucing ini
Lucunya vas bunga bentuk kucing ini
Kamu penggila minuman bersoda? Bahkan jika beli minuman bersoda sengaja memilih yang big size? Bekas botol soda big-size mu jangan dibuang dulu. Yuk kita sulap botol bekas tersebut jadi pot tanaman berbentuk kucing yang super duper menggemaskan. Kamu sebenarnya bisa saja langsung memanfaatkan botol bekas minuman sodamu sebagai pot bunga dengan langsung memotong botol dan menaruh tanaman hidup ke dalamnya. Namun pot tanaman tersebut terlihat biasa-biasa saja.

Dengan sedikit kreativitas kamu bisa menghasilkan pot tanaman berbentuk kucing lucu. Berikut tahapannya: Potonglah botol dengan jarak ± 15 cm dari dasar kakinya. Namun memotongnya jangan sejajar melingkar akan tetapi mengikuti pola telinga kucing yang sudah kamu gambar sebelumnya. Rapihkan hasil potonganmu dengan menggunakan cutter atau gunting. Tempatkan botol yang sudah menyerupai bentuk kucing tersebut di atas koran (koran berfungsi sebagai alas agar cat tidak tercecer kemana-mana). Semprotkan cat warna putih secara merata di seluruh bagian luar pot. Gambarlah mata, mulut, hidung dan kumis si kucing dengan menggunakan spidol warna hitam dan pink. Namun jika kamu takut spidol warna tersebut luntur ketika tanamanmu disiram maka gunakanlah stiker warna hitam dan pink untuk membuat pola mata, mulut, hidung dan kumis si kucing tersebut. Berilah lubang-lubang kecil pada bagian bawah pot agar sirkulasi air lancar. Jika kamu hendak menggantung si kucing, maka lubangilah kedua sisi pot dan ikatkanlah kawat atau benang warna-warni.

Perlu diperhatikan agar kamu menempatkan dulu kerikil sebelum tanah di bagian dasar. Kerikil ini berfungsi memberikan ruang-ruang udara sehingga akar tidak membusuk. Jadi deh, pot lucu menggemaskan yang membuatmu tidak akan lupa lagi menyiram dan merawat tanaman hiasmu.

8. Phone Holder Dari Botol Lotion Bekas
Phone holder buatan sendiri
Phone holder buatan sendiri (gambar: makeit-loveit.com)
Pasti dong kamu pernah menghadapi dilema saat kabel charger kepanjangan ataupun kependekan sehingga ponsel yang sedang dicas menggantung gak karuan atau justru membuat kurang nyaman dipandang. Kini kamu bisa atasi hal tersebut dengan botol lotion bekas yang bisa menjadi semacam phone holder.

Yang mesti kamu sediakan antara lain botol lotion bekas yang muat untuk menyimpan ponsel, gunting, pulpen, kain perca, lem putih dan cutter.

Pembuatannya diawali dengan membuat pola pada botol menggunakan pulpen kemudian gunting dengan rapi. Selanjutnya buatlah lubang di bagian belakangnya seukuran dengan charger saat dicolok pada stop kontak.

Untuk menghiasi atau menutupi bagian luar phone holder tersebut, beri lem putih di seluruh bagian luarnya dan tempelkan kain perca dengan rapi. Gampang kan?


Ternyata menyulap barang bekas menjadi sebuah barang yang lebih berguna tak sesulit yang dulu kita pikirkan. Dengan sedikit kreasi dan inovasi, barang bekas pun bisa meringankan sekaligus memperindah rumah atau ruangan kita.