loading...

8 Kreasi Kotak Sepatu Bekas Yang Bisa Lebih Bermanfaat




Kreasi kotak sepatu bekas ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Buktinya dengan memodifikasi tempat sepatu tersebut, kamu bisa menyimpan berbagai barang penting atau menjadikan ruanganmu menjadi lebih rapi dan tertata.

Kotak sepatu memang bakalan selalu ada di rumahmu. Terlebih lagi jika kamu adalah pecinta dunia fashion yang pasti update pelengkap busana seperti sepatu yang tak bakal dilewatkan. Ukurannya kadang cukup membuat ruangan terasa sempit dan jika harus dibuang tentu sayang juga. Apalagi bahan dari kotak sepatu tersebut biasanya cukup keras dan tebal. Apa aja kreasi kotak sepatu yang bisa kamu buat dengan mudah sekaligus bermanfaat? Simak setiap kreasinya.

1. Wadah Serbaguna Yang Hemat Dari Belahan Kotak Sepatu
Wadah serbaguna dari kotak sepatu
Wadah serbaguna dari kotak sepatu
Jika kamu memiliki kotak sepatu yang tidak terpakai, buatlah wadah yang bisa multifungsi atau serbaguna. Alat yang kamu perlukan antara lain cutter, lakban, lem dan kertas kado. Yang harus kamu lakukan adalah dengan memotong sisi kardus menjadi bentuk segitiga dan ukuran yang simetris. Lipatlah menjadi seperti dua kotak yang saling berdempetan. Biar gak berubah, pasang lakban tepat pada belahan dua sisi kotak tersebut.

Biar lebih terkesan rapi dan indah, lapisi seluruh permukaannya dengan kertas kado. Jangan lupa untuk menggunakan lem yang kuat. Kini dengan rak serbaguna dari kotak sepatu, kamu bisa menyimpan buku atau alat make up yang berserakan.

2. Amankan Stop Kontak Dengan Kotak Sepatu Yang Enak Dipandang
Kotak sepatu yang jadi pengaman stop kontak
Kotak sepatu yang jadi pengaman stop kontak
Penggunaan gadget kini bukan hal yang asing lagi. Bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu ponsel atau tablet. Tentu dibutuhkan sumber daya untuk menghidupkannya dengan cara mengecasnya menggunakan stop kontak. Jika stop kontak tersebut digunakan oleh banyak colokan tentu kurang enak terlihat dan terkesan berantakan. Apalagi jika di rumah terdapat anak kecil, stop kontak bisa jadi sumber bahaya yang fatal.

Tapi kini ada solusinya yang tanpa ribet dan mahal. Cukup menggunakan kotak sepatu yang gak kamu pakai. Buat beberapa lubang di bagian sisi kotak dengan menggunakan gunting atau cutter. Biar terkesan rapi, pasangkan eyelet di setiap lubangnya yang kamu bisa beli di toko pertukangan. Biar gak saling berebut, tempelkan label nama changer di setiap lubangnya.

3. Kotak Sepatu Yang Menjadi Media Lukis
Melukis menggunakan media kotak sepatu
Melukis menggunakan media kotak sepatu
Buat kamu yang hobinya melukis, media yang digunakan gak harus selalu menggunakan canvas ataupun buku gambar. Kini tutup kotak sepatu pun bisa menjadi media yang unik sekaligus bagus untuk dilihat.

Yang harus dilakukan adalah dengan mengoleskan cat gambar dasar menggunakan kuas. Jika dasarnya sudah kering, barulah kamu bisa menuangkan ide liarmu untuk membuat sebuah lukisan yang indah. Gak perlu pakai figura atau bingkai karena dengan begitu saja sudah bisa dipajang di tembok rumah. Gimana? Bagus kan?

4. Laptop Stand Buatan Untuk Solusi Laptop Yang Kepanasan
Stand laptop yang murah dari kotak sepatu
Stand laptop yang murah dari kotak sepatu
Kadang kamu bakalan bingung untuk membuat apa lagi dari kotak sepatu yang sudah enggak dipakai. Nah ternyata ada lagi kreasi yang bisa dibuat dari kotak sepatu bekas yaitu dibuat seperti stand laptop biar saat laptopnya dipakai cukup lama tidak membuat panas yang merusak perangkat kamu itu.

Untuk membuatnya, kamu perlu mencari kotak sepatu yang tutupnya menyambung dengan kotak. Setelah itu potong secara diagonal dengan pisau cutter. Lipat dan tutup supaya karton bisa membentuk sebuah segitigas siku-siku. Kini kamu bisa mendapatkan tatakan laptop yang aman dan gak perlu pakai bantal lagi untuk tatakan laptopmu tersebut.

5. Berkolaborasi Dengan Karton Tisu Toilet Jadi Lebih Berguna
Tempat alat tulis yang terorganisir
Tempat alat tulis yang terorganisir
Jika kamu memiliki banyak alat tulis seperti pulpen, pensil ataupun spidol warna, tentu bakalan berantakan jika gak diatur dengan baik. Nah untuk itu kamu perlu boks khusus yang dibuat dari perpaduan antara kotak sepatu dengan karton tisu toilet yang berbentuk tabung.

Cukup melapisi permukaan kotak dengan kertas kado biar indah, kamu tambahkan diatasnya juga deretan karton tisu toilet yang sama ukurannya. Masukkan berbagai macam alat tulis sesuai dengan warna ataupun kegunaannya. Dijamin barangmu seperti alat tulis bakalan terorganisir dan mudah dicari jika dibutuhkan.

6. Kotak Sepatu Tempat Koleksi Berbagai Cincin
Kotak cincin unik dari kotak sepatu bekas
Kotak cincin unik dari kotak sepatu bekas
Sebagian dari kita pasti bakalan sayang banget jika harus membuang kotak sepatu yang kadang bagus desain dan bahannya. Biar gak sia-sia dan menambah sesak ruangan, kamu bisa menyulapnya menjadi kotak cincin yang unik.

Caranya adalah dengan melapisi bagian permukaannya menggunakan kertas kado. Setelah itu letakkan kain handuk atau perca yang berpola meliuk secara berjajar. Barulah kamu bisa menyimpan koleksi cincinmu diantara sela handuk tersebut. Dijamin cincinmu akan tidak mudah bergores dan aman.

7. Praktisnya Bungkus Kado Dari Kotak Sepatu
Kotak sepatu jadi bungkus kado yang rapi
Kotak sepatu jadi bungkus kado yang rapi
Tak hanya tempat perhiasan imitasi, kotak sepatu ternyata bisa jadi bungkus kado yang kuat dan praktis. Coba kamu lapisi seluruh sisinya menggunakan kertas kado, karung goni atau kain lace. Buat sebuah pemanis dengan aksesoris pita di bagian atasnya. Bungkus kadomu pun tak kalah dengan yang dijual di Mall.

8. Tempat Hiasan Yang Kokoh Di Dinding
Tempat pajangan dari kotak sepatu
Tempat pajangan dari kotak sepatu
Kadang kita bakalan dapat sebuah kotak sepatu yang memiliki ketebalan dan kekuatan yang sayang jika hanya dibuang. Manfaatkan yuk sebagai tempat atau rak hiasan. Warnai bagian luar kotak maupun bagian dalamnya dengan cat sesuai keinginanmu atau pas dengan tema tembok rumah. Tempelkan menggunakan paku dan isi kotak tersebut dengan hiasan maupun bunga-bunga. Tak hanya hemat, namun kamu bisa mendapatkan nuansa yang berbeda dari kreasi itu.


Kini jika kamu menemukan atau membeli sepatu berikut kotak sepatunya, kamu gak perlu bingung lagi memodifikasi kotak tersebut. Karena dengan kreasi kotak sepatu diatas bisa menjadi contoh yang mudah diaplikasikan.