loading...

5 Tempat Wisata Bogor yang Paling Populer




Bogor adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal ataupun internasional. Mungkin karena lokasinya yang dekat dengan Ibukota negara sehingga banyak masyarakat Jakarta yang mengunjungi Bogor untuk melepaskan penat di akhir pekan dan hari-hari libur. Tidak heran jika banyak yang ke Bogor sebab Bogor menyimpan keindahan alam dan pesona yang menakjubkan, seperti di daerah Puncak atau kawasan Sentul.

Sedikit informasi untuk anda, ini ada 5 tempat wisata yang paling populer di Bogor. Tempat wisata ini adalah tempat-tempat yang paling banyak pengunjungnya jika akhir pekan tiba.

5 Tempat Wisata Bogor yang Paling Populer

1. Kampung Budaya Sindangbarang

tempat wisata bogor paling populer
Kampung budaya Sindangbarang (via dinihartutiputri.wordpress.com)
Salah satu tempat wisata Bogor yang populer adalah Kampung Budaya Sindangbarang yaitu telah berdiri sejak abad ke 12. Dulunya Sindang Barang merupakan keraton tempat tinggal dari istri Prabu Siliwangi. Banyak sekali warga yang mengunjungi tempat wisata ini jika akhir pekan tiba dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana kearifan lokal dari akar tradisi leluhur.

2. Kebun Raya Bogor & Istana Bogor

tempat wisata yang ada di bogor
Kebun Raya Bogor (via triptrus.com)
Selanjutnya adalah Kebun Raya Bogor atau Istana Bogor yang menyajikan pemandangan hijau dan udara sejuk. Tempat ini kami rekomendasikan untuk anda yang ingin menenangkan pikiran dan tempat ini juga menjadi pusat pendidikan dan lokasi observasi tanaman. Di kebun Raya Bogor ini setidaknya terdapat 15.000 jenis pohonan dan tumbuhan. Selain itu, di belakang kebun terdapat danau yang indah dan posisinya dekat dengan halaman Istana Bogor.

3. Museum Etnobotani

museum yang ada di bogor
Museum Etnobotani Bogor (via visitbogor.com)
Tempat wisata Bogor yang paling populer selanjutnya adalah Museum Etnobotani yang diresmikan oleh BJ Habibie di tahun 1982. Di musium ini tedapat 1700 benda dengan penomorannya dan dipamerkan di dalam ruang kaca. Benda-benda yang ada dalam musim digunakan sebagai sampel oleh para peneliti di berbagai daerah ketika mereka meneliti hubungan antar suku-suku yang ada di sekitarnya. Tempat ini sarat dengan nilai pendidikan sehingga sangat baik dikunjungi bersama anak-anak karena banyak sekali pengetahuannya.

4. Museum Pembela Tanah Air

tempat bersejarah di bogor
Museum Pembela Tanah Air (via hansauto.net)
Kota Bogor bukan selalu terkenal dengan kulinernya saja namun juga mempunyai sejarah dalam untuk perjuangan Indonesia merdeka. Di Bogor terdapat Museum Pembela Tanah Air atau PETA. Di sini banyak sekali kisah perjuangan PETA menuju Indonesia merdeka. Tempat ini tanpa sengaja menumbuhkan rasa nasionalisme dari dalam diri di tengah era globalisasi saat ini. Era globalisasi seakan membuat pemuda kita luntur rasa nasionalisme sehingga mengunjungi museum adalah hal yang bijak.

5. Situ Gede

Tempat wisata di bogor yang menarik
Situ Gede (via aries.id)
Tempat wisata Bogor yang terakhir adalah Situ Gede yang menjadi tempat wisata harian di Bogor. Tempat ini dijadikan masyarakat Bogor sebagai tempat untuk memancing, main perahu dan sekedar berjalan-jalan. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi pembuatan film atau sinetron karena tempatnya yang indah.


Mengunjungi Bogor dan tidak menikmati tempat wisata Bogor yang paling populer di atas rasanya liburan anda tidak akan menyenangkan.