loading...

4 Danau di Indonesia yang Airnya Warna Warni




Negara kita Indonesia telah lama dikenal sebagai wilayah yang memiliki keindahan yang luar biasa salah satunya keindahan danau. Indonesia memiliki banyak danau yang tersebar di seluruh penjuru wilayah nusantara. Danau-danau tersebut memiliki keunikan dan keindahan yang mampu membius para wisatawan.

Tapi apakah anda tahu bahwa ternyata ada danau di Indonesia yang airnya warna warni? Keunikan ini membuat danau ini dikenal para wisatawan dan menjadi kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh danau-danau yang lain. Apabila anda berkeinginan untuk mengunjungi danau-danau tersebut maka berikut ini akan kami berikan 4 danau Indonesia yang unik dan memiliki nilai lebih.

4 Danau di Indonesia yang Airnya Warna Warni

1. Danau Pagaralam

danau di indonesia yang airnya warna warni
Danau unik berwarna merah darah (via pulsk.com)
Danau pertama yang masuk ke dalam salah satu 4 danau Indonesia yang warna-warni adalah Danau Pagaralam. Danau ini terletak di perbukitan Raje Mandre yaitu perbatasan kota Pagaralam dan Kaur, Provinsi Bengkulu. Warna danau ini memiliki warna yang unik yaitu bewarna merah darah dan memiliki luas 6 hektar. Kelebihan lainnya dari danau ini ialah airnya, walaupun danau terlihat bewarna merah, akan tetapi jika airnya diambil melalui tangan maka tetap bewarna jernih seperti air pada umumnya dan jika malam danau beraroma daun pandan. Untuk sampai di danau ini juga tidak mudah sebab anda harus berjalan cukup jauh melewati hutan.

2. Danau Kelimutu

danau warna di indonesia
Tiga danau Kelimutu memiliki warna yang berbeda (via komodonews.info)
Danau Kelimutu terletak di Nusa Tenggara, Taman Nasional Kelimutu yang merupakan taman nasional terkecil di antara taman-taman yang ada di Bali dan Nusa Tenggara. Danau yang terletak di puncak gunung Kelimutu ini juga memiliki 3 danau yang warna berbeda-beda. Danau ini dapat berubah-berubah warna dan tidak dapat ditentukan, misalnya saja warna danau akan berubah menjadi biru, hitam, hijau dan putih. Menurut penelitian secara ilmiah mengatakan bahwa danau ini dapat berubah karena adanya kandungan mineral, lumut serta batu-batuan yang ada dalam kawah.

3. Telaga Warna Dieng

danau di indonesia yang berwarna aneh
Uniknya telaga warna Dieng (via iwisataindonesia.com)
Danau yang terletak di kaki gunung ini memiliki keunikan yang airnya dapat berganti warna. Air di telaga warna ini dapat berubah menjadi warna biru muda, toska, biru tua sampai bewarna hijau dan kuning. Menurut penelitian, telaga ini dapat berubah warna karena adanya kadar belerang yang ada di dalam danau. Oleh sebab itu, air di danau ini tidak boleh digunakan untuk berenang.

4. Telaga Biru Papua

danau yang beda warna di indonesia
Daerah Papua pun memiliki danau yang berwarna hijau toska (via online-instagram.com)
Danau terakhir adalah telaga biru Papua yang berada di Maima, Jayawijaya, Papua. Danau ini memiliki warna yang sangat cantik yaitu bewarna hijau toska dan jernih serta tenang. Selain itu, danau ini juga memiliki keunikan tersendiri menurut legendanya orang papua pertama hadir dikarenakan danau ini. oleh sebab itu, tidak boleh ada yang berenang di sini sehingga kebersihan danau tetap terjaga.


Tertarik berkunjung ke danau yang kami rekomendasikan di atas?