loading...

Tips Dan Cara Mengatasi Suara Mendengkur Saat Tidur




Banyak dari kita yang sangat sulit mencari cara mengatasi suara mendengkur. Sleep apnea atau mendengkur merupakan gangguan tidur yang bisa dialami oleh siapa aja. Entah itu buat kamu yang masih muda maupun yang sudah berusia lanjut.

Suara mendengkur memang bisa membuat kamu malu dan tentu akan menjadikan orang lain merasa terganggu tidurnya. Nah dengan tips dan cara mengatasi suara mendengkur berikut ini, mudah-mudahan suara ngorok atau dengkuran tersebut bisa diminimalisir dan bahkan hilang sama sekali.

1. Lakukan Tidur Dengan Posisi Miring
Tidur dengan posisi miring
Tidur dengan posisi miring
Trik yang sudah diketahui oleh banyak orang untuk mengatasi ngorok adalah dengan memposisikan badan kamu secara miring. Lewat cara ini saluran pernapasan tidak tertutup karena terdorong oleh lidah dan otot mulut. Untuk bisa melakukan posisi tidur miring dengan nyaman, cobalah letakkan bantal atau guling di belakang punggungmu dan hasilnya kamu bisa tetap tertidur nyenyak dengan posisi seperti itu hingga pagi.

Nah jika ternyata perubahan posisi tidur tidak mengurangi intensitas dengkuran, cobalah datang ke dokter karena bisa jadi kamu mengalami obstructive sleep apnea.

2. Lakukan Pengurangan Berat Badan Agar Lemak Tidak Menekan Pernapasan
Berat badan berlebih pemicu dengkuran
Berat badan berlebih pemicu dengkuran
Mendengkur bisa dialami oleh siapa saja dan orang yang kurus pun bisa mendengkur. Namun bagi kamu yang bertubuh gemuk, kondisi tersebut akan membuat rentan terhadap penyakit tersebut. Ini karena lemak pada leher menekan saluran pernapasan dan akibatnya adalah terjadi suara dengkuran.

Cara yang paling ampuh adalah dengan cara mengurangi berat badan. Lakukan kegiatan olahraga secara rutin dan kurangi juga karbohidrat di meja makan. Untuk jenis olahraganya bebas dan pilih yang tidak terlalu berat dengan lama 30 menit setiap hari. Lakukan secara rutin yah!

3. Rutinkan Olahraga Dan Istirahat Yang Cukup
Olahraga secara rutin kuatkan otot pernapasan
Olahraga secara rutin kuatkan otot pernapasan
Ternyata ada juga lho yang bisa mendengkur karena kelelahan. Ini bisa jadi karena semua otot melemah dan diantaranya adalah otot pernapasan. Tak salah jika terjadi yang namanya mendengkur akibat reaksi tersebut.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan menguatkan kembali otot pernapasan dan yang lainnya. Pastikan juga untuk beristirahat yang cukup setelahnya. Dengan melakukannya secara rutin, kamu gak perlu khawatir akan bersuara ngorok di malam hari.

4. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur Efektif Cegah Dengkuran
Mandi dengan air hangat sebelum tidur
Mandi dengan air hangat sebelum tidur
Yang namanya mendengkur tak hanya berfokus pada masalah lemahnya otot pernapasan karena ternyata dengkuran juga bisa bermula pada daerah hidung. Contohnya seperti kamu yang lagi flu atau hidung tersumbat pasti akan mendengkur dengan keras. Untuk mengatasinya, lakukan mandi dengan air hangat sesaat sebelum kamu akan tidur. Uap air hangatnya mampu membuka hidung kamu yang tersumbat dan melancarkan pernapasan saat tidur.

Cara lainnya adalah dengan memasukkan air garam yang hangat ke dalam hidung dan rasakan lubang hidung yang mulai sedikit demi sedikit terbuka.

5. Ganti Bantal Tidur Pemicu Alergi
Bantal yang kotor bisa memicu ngorok
Bantal yang kotor bisa memicu ngorok
Salah satu reaksi yang timbul akibat alergi adalah mendengkur. Untuk itu coba cek bantal atau sepraimu apakah harus diganti dan dibersihkan. Bisa saja buat kamu yang senang memelihara kucing dan anjing akan meninggalkan bulu-bulu hewan itu di kasur.

Caranya mengatasinya adalah dengan mengganti sarung bantal seminggu sekali dan mencuci bantalnya minimal 6 bulan sekali.

6. Maksimalkan Konsumsi Air Minum
Cukupkan konsumsi air minum pada malam hari
Cukupkan konsumsi air minum pada malam hari
Sebaiknya cukupkan porsi minum kamu terutama sebelum tidur agar air liur di belakang lidah tidak mengeras dan menutup saluran pernapasan. Minimal minumlah 2 gelas air sebelum tidur. Jika dilakukan secara rutin, lama-lama efek dengkuran akan berkurang lho.


Itulah cara mengatasi suara dengkuran untuk kali ini. Selain tips diatas, kamu juga harus berkonsultasi ke dokter agar jangan sampai dengkuran berakibat buruk pada kesehatan.