loading...

Hanya Dengan 400 Ribuan, Kamu Bisa Menikmati Taman Nasional Ujung Kulon




LikeYuk.Com - Siapa yang tidak kenal dengan Taman Nasional Ujung Kulon? Area seluas 122.956 hektar ini telah menjadi taman nasional yang pertama diresmikan oleh pemerintahan Indonesia tepatnya pada tahun 1992. Lebih lanjut lagi bahwa tempat ini menjadi habitat asli dari badak Jawa yang jika hitung tinggal puluhan ekor saja.

Tak hanya menjadi pusat pembiakan bagi satwa liar tersebut saja karena Taman Nasional Ujung Kulon memiliki banyak keindahan yang mesti kamu jamahi. Jika kamu masih membayangkan ongkosnya yang cukup mahal, ternyata salah besar karena dengan hanya 400 ribu saja kamu sudah bisa menikmatinya.
Menikmati Taman Nasional Ujung Kulon bareng teman
Menikmati Taman Nasional Ujung Kulon bareng teman
1. Pulau Peucang Yang Jadi Pulau Teramai Di Ujung Kulon

Pulau Peucang merupakan Gerbang utama untuk masuk menuju Taman Nasional Ujung Kulon jika masuk dari Desa Sumur, Banten. Tak salah jika pulau yang satu ini banyak disinggahi dan menjadi destinasi wisatawan yang pertama. Isi di pulau ini cukup lengkap antara lain penginapan, pusat informasi dan juga dermaga.
Pasir putih Pantai Peucang
Pasir putih Pantai Peucang
Luangkan waktu sejenak untuk menikmati indahnya pantai berpasir putih yang memiliki ombak yang tenang sehingga kamu bisa melakukan aktivitas air seperti snorkeling, berenang atau berjalan menyusuri pinggiran pantai. Nah buat kamu yang backpacker jangan mendirikan tenda di pantai karena itu adalah larangan di Pulau Peucang. Sebaiknya sewa saja guest house yang sudah ada di sana.

2. Menyusuri Hutan Menuju Karang Copong

Jika sudah puas bermain air, yuk mencoba trekking menyusuri hutan yang tidak jauh dari pantai. Nantinya kamu bakalan menuju yang namanya Karang Copong dimana terlihat dominasi batu-batu karang yang indah. Di sepanjang menuju ke sana, kamu bakalan banyak menemukan satwa seperti rusa dan yang lainnya. Bahkan bisa jadi bertemu dengan badak Jawa. Namanya juga hutan tropis, pasti bakalan banyak nyamuk. Jadi jangan lupa mengoleskan lotion anti nyamuk yah.
Jajaran batu karang menuju Karang Copong
Jajaran batu karang menuju Karang Copong
Buat kamu yang gak pengen ribet dan pengen cepat menuju ke Karang Copong bisa menggunakan kapal. Hanya saja kamu gak bisa menikmati moment bertemu dengan satwa liar.

3. Kehidupan Satwa Liar Di Cidaon
Aneka satwa makan bebas di Padang gembala Cidaon
Aneka satwa makan bebas di Padang gembala Cidaon
Padang penggembalaan cidaon merupakan lokasi yang cocok untuk kamu yang ingin menikmati pengamatan sejumlah satwa liar yang sedang mencari makanan. Sebaiknya pilih waktu dimana hewan itu banyak berkumpul yaitu sekitar pagi hari dan sore hari. Beberapa hewan yang bakalan muncul antara lain banteng dan juga merak. Biar gak merasa terganggu, lakukan pengamatan lewat tower yang menjadi gardu pantau para petugas kehutanan.

4. Menyelam Dan Berselancar Di Pulau Panaitan
One Palm Point yang jadi titik ombak terbaik
One Palm Point yang jadi titik ombak terbaik
Buat kamu yang senang menyelam ataupun berenang, Pulau Panaitan menjadi lokasi yang sempurna untuk melakukannya. Beberapa titik yang memiliki pesona terumbu karangnya yang indah yaitu Legon Lentah dan Legon Kadam yang berada di Pantai sebelah utara. Sementara untuk di bagian selatan terdapat di Legon Samadang dan Karang Jajar.
Pulau ini juga surganya para peselancar dengan salah satu titik yang memiliki ombak terbaik bernama One Palm Point.

5. Menyusuri Sungai Cigenter Pulau Handeleum Menggunakan Kano
Menyusuri Sungai Cigenter dengan kano
Menyusuri Sungai Cigenter dengan kano
Pulau Handeleum menawarkan sejumlah eksotisme yang berbeda dan tidak akan ditemukan di tempat lain. Dengan jarak tempuh selama 2 jam, kamu bisa menyusuri Sungai Cigenter sembari mendayung kano. Indahnya hutan bakau dan hutan hujan konon menjadi sarang bagi ular dan buaya muara. Meski ngeri, namun jangan takut karena kamu bakalan dipandu oleh para petugas di sana.

6. Menikmati Dalamnya Laut Di Pulau Badul Dengan Snorkeling
Melihat terumbu karang dengan snorkeling
Melihat terumbu karang dengan snorkeling
Satu lagi wisata di dalam laut yang sangat indah dan mempesona. Pulau Badul yang memiliki ukuran dua kali lapangan basket ini merupakan spot snorkeling yang paling bagus dibandingkan dengan pulau lainnya. Pulau ini gak jauh dari Desa Sumur sehingga nanti bisa dilewati apakah saat akan berangkat ataupun pulang dari ujung kulon.

7. Ajak Teman Sebanyak-Banyaknya
Ajak seluruh teman-temanmu ke Ujung Kulon
Ajak seluruh teman-temanmu ke Ujung Kulon
Karena untuk menuju ke sana mesti menggunakan kapal sewaan, ajak sekalian teman-temanmu untuk pergi bersama sekaligus berbagi ongkos karena biayanya cukup lumayan. Untuk sebuah Longboat berkapasitas 25-30 orang saja mesti membayar sekitar 3,5 juta rupiah. Jika teman-temanmu kurang dari jumlah itu, ajaklah teman di Facebook yang senang dengan traveller. Dengan begitu, temanmu semakin bertambah.

8. Booking Transportasi Dan Keperluan Lainnya
Booking penginapan dan akomodasi lainnya juga penting
Booking penginapan dan akomodasi lainnya juga penting
Meski kuota sudah terpenuhi, sebaiknya sekitar dua minggu sebelumnya kamu mesti booking dulu seperti transportasi dan penginapan di Taman Nasional Ujung Kulon. Jangan sampai kamu dan teman-teman terlantar karena penginapan yang penuh atau gagal menyusuri Sungai Cigenter karena suda disewa yang lain.

Kabar resminya menyebutnya untuk bisa mendirikan tenda, kamu dikenai 5 ribu rupiah dan untuk menyewa kano dikenai biaya 10 ribu rupiah. Namun ada juga yang naik harganya menjadi berlipat-lipat. Jadi lakukan tawar menawar hingga harga yang sesuai.

9. Gunakan Bus Sewaan Untuk Menuju Desa Sumur
Sewa bus bikin ongkos lebih irit plus nyaman
Sewa bus bikin ongkos lebih irit plus nyaman
Agar bisa sampai ke Ujung Kulon, kamu mesti bertolak dari Desa Sumur yang ada di ujung Pandeglang Banten. Untuk bisa kesana perlu waktu sekitar 8 jam dari Jakarta dan supaya gak perlu gonta-ganti kendaraan agar nyaman beristirahat, gunakan bus sewaan dengan meeting point saat malam hari. Kisaran harganya antara 5 juta hingga 7,5 juta untuk yang full AC plus bus yang besar. Jadi nanti kamu bisa nyaman selama perjalanan tanpa takut barang bawaan tidak ada tempat.

10. Melompatlah Ke Kapal Sewaan Setibanya Di Desa Sumur
Sewa kapal mesti koordinasi dulu biar gak nunggu lama
Sewa kapal mesti koordinasi dulu biar gak nunggu lama
Tarif sewa kapal ke Ujung Kulon berkisar 3 juta hingga 4 juta. Sebaiknya koordinasi dulu dengan pemilik kapal sehingga kapal sudah ada di dermaga tanpa harus menunggu lama. Di kapal pun sudah ada cemilan yang bisa kita beli kalau lapar.

11. Total Biaya Yang Murah Banget

Jika kamu bareng temanmu berjumlah 30 orang, maka estimasinya yaitu sewa bus pulang pergi 5 juta, biaya sopir 200 ribu, tol dan parker 200 ribu, sewa kapal 3,5 juta dan tips untuk awak kapal 300 ribu. Selain itu perlu biaya buat tambat kapal 100 ribu, koki 400 ribu dan bahan makanan plus minuman 1,6 juta. Tak lupa tiket dan izin 765 ribu untuk 30 orang, dapur 100 ribu, kano 1,5 juta dan tenda 300 ribu. Jadi total 13,965 juta.

Mahal? Gak kok. Coba bagi 30 orang. Hasilnya jadi sekitar 465 ribu per orangnya.

Gimana tertarik untuk pergi ke Taman Nasional Ujung Kulon bareng kawan-kawanmu? Oh ya harga sewaktu-waktu bisa berubah jadi sebaiknya kamu lebihin sedikit buat persiapanmu nanti.