loading...

Biar Baterai Smartphone Gak Cepat Boros, Inilah 8 Cara Yang Bisa Kamu Terapkan




Baterai Smartphone sering mengalami keborosan yang tentunya menjadi sebuah masalah yang cukup menyita perhatikan kita. Yang lebih parahnya lagi adalah ketika kondisi tersebut ditambah dengan keadaan dimana kita tertimpa musibah yang pastinya kita gak bisa menelepon kerabat ataupun teman. Gak jarang karena kebutuhan tersebut, banyak orang mulai memilih menggunakan baterai cadangan seperti powerbank.

Akan tetapi ternyata kamu bisa menghemat baterai Smartphone yang kamu miliki dengan 8 cara yang bijak sekaligus efektif menjaga kesehatan bateraimu.

1. Saat Pengisian Daya, Pasang Ponsel Dalam Keadaan Airplane Mode
Isi baterai dengan airplane mode
Isi baterai dengan airplane mode
Kamu tentu sudah tau kalo saat mengisi baterai ponsel, kamu masih bisa tetap menggunakannya untuk keperluan komunikasi seperti berkirim pesan ataupun menelepon. Namun untuk bisa mempercepat pengisian sekaligus menjaga keawetan baterai, saat pengisian daya lakukan pemilihan atau pengaktifan airplane mode.

2. Segera Isi Ponselmu Jika Daya Sudah Dibawah 20%
Isi baterai jika sudah di bawah 20%
Isi baterai jika sudah di bawah 20%
Baterai pada Smartphone sekarang ini banyak yang menggunakan versi Lithium. Bahan ini sangat berbeda dengan nikel dimana baterai Lithium akan semakin berkurang jika kamu membiarkan daya baterai habis hingga 0%.

Sebaiknya isi baterai saat berada di bawah 20% dan jika sudah penuh segera cabut dari changernya. Hal ini agar baterai tidak bocor dan tahan lama meski diisi sesering mungkin.

3. Hindari Mode Getar Biar Baterai Lebih Awet
Jangan gunakan mode getar
Jangan gunakan mode getar (gambar: WikiHow)
Mode getar pada ponsel memang memiliki manfaat agar kita bisa mengetahui ada yang mengirim pesan atau menelepon tanpa harus mengganggu orang lain lewat nada dering yang nyaring. Namun ternyata penggunaan mode getar ini bisa membuat ponsel kamu boros lho. Sebaiknya, pilih mode silent atau mute jika memang kamu tidak ingin menggunakan nada dering.

Kamu pun bisa menggunakan nada dering tanpa vibrasi. Caranya dengan mengatur volume nada sesuai dengan kebutuhan dan keadaan. Nantinya kamu akan mengetahui notifikasi ponsel jika ada pesan atau telepon.

4. Matikan Fitur Seperti Wifi, GPS Dan Bluetooth
Matikan fitur yang menyedot daya baterai
Matikan fitur yang menyedot daya baterai
Ponsel keluaran terbaru saat ini sudah berteknologi cukup canggih dengan banyak fitur yang memudahkan pekerjaan kita. Namun bukan berarti fitur tersebut harus selalu diaktifkan secara terus menerus setiap harinya.

Pastikan disaat mengecek ponsel, pilih penonaktifan fitur Wifi, GPS dan juga Bluetooth dalam mode Off. Apabila kamu biarkan, nantinya sejumlah pembaharuan akan muncul dan secara ototmatis akan menyedot daya baterai dengan cepat. Cukup aktifkan disaat tertentu saja.

5. Pilih Layar Ponsel Dengan Warna Hitam
Pilih warna hitam untuk layar
Pilih warna hitam untuk layar
Layar ponsel saat ini banyak yang berteknologi Amoled yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Jauh berbeda dengan LCD yang hanya mentransmisikan cahaya yang bersumber dari belakang layar.
Layar yang Amoled akan memancarkan cahaya dengan hitungan per pixels. Nah jika latar layar berwarna hitam, otomatis seluruh pixels HP akan mati dan energi yang dibutuhkan layar menjadi sedikit. Oleh karena itu pilihlah layar dengan warna yang hitam saja.

6. Gunakan Changer Yang Sesuai Dengan Baterai Ponselmu
Hanya menggunakan changer yang cocok
Hanya menggunakan changer yang cocok
Sejumlah ponsel pintar kini memiliki changer yang serupa. Namun ternyata changer yang tidak dibuat atau tidak cocok dengan ponselmu bisa mengakibatkan baterai menjadi cepat boros. Jadi jika kamu harus meminjam changer milik teman, pastikan spesifikasinya sesuai dengan bateraimu. Jangan sampai voltasenya lebih tinggi dibandingkan dengan kapasitas bateraimu. Tentunya ini akan mengakibatkan baterai menjadi hangus. Jadi bawalah changer kamu kemanapun kamu pergi.

7. Letakkan Ponsel Di Benda Yang Anti Panas Ketika Diisi Daya
Letakkan ponsel di benda anti menyerap panas
Letakkan ponsel di benda anti menyerap panas
Alangkah tidak baik jika membiarkan baterai dalam keadaan panas. Ini akan berakibat usia baterai menjadi pendek dan bisa-bisa menjadi hangus.

Biasanya saat pengisian daya, baterai akan menjadi lebih panas. Agar tidak semakin panas, jangan meletakkannya pada benda yang menyerap panas seperti kasur atau tubuhmu sendiri. Sebaiknya letakkan diatas kayu atau buku karena kedua benda tersebut tidak menyerap panas dan aman untuk dijadikan alas saat ponsel sedang diisi.

8. Gunakan Powerbank Saat Darurat Saja
Mengecas di stop kontak lebih baik dan cepat
Mengecas di stop kontak lebih baik dan cepat
Solusi dari baterai yang habis adalah dengan memiliki powerbank yang merupakan alat pengisi daya saat darurat. Namun jika ingin lebih cepat dan awet dalam pengisian, sebaiknya mengecas di stop kontak listrik biasa. Pengisian di stop kontak lebih stabil dan tidak menimbulkan kondisi panas pada baterai ponsel.

Pemakaian powerbank sebagai cadangan daya hanya dibutuhkan saat darurat saja. Jangan mengisi ponsel menggunakan powerbank hingga baterai penuh 100%. Cukup menggunakannya hingga bertambah daya 20% atau supaya bisa berkomunikasi hingga kamu bisa menemukan stop kontak untuk pengisian daya yang aman dan cepat.


Nah itulah cara untuk menjaga baterai Smartphone kamu agar awet dan cepat terisi. Lakukan penggunaan ponsel yang seimbang dan wajar. Yuk coba!!