9 Tempat Wisata Di Sidoarjo Yang Tersembunyi




Tempat wisata di Sidoarjo penuh dengan keanekaragaman. Kota yang dikenal dengan produksi bandeng dan udangnya ini memiliki wilayah yang berbatasan dengan kota Surabaya dan Gresik di bagian utara. Sementara di sebelah timur berbatasan dengan selat Madura dan di sebelah selatan berbatasan dengan Pasuruan. Tak lupa di bagian barat, Sidoarjo berbatasan dengan Mojokerto.

Potensi yang terdapat di kota Sidoarjo tak hanya diperuntukkan bagi kehidupan industri dan perdagangan. Ada 9 tempat wisata di Sidoarjo yang tersembunyi dan kamu sambangi.
Salah satu tugu di Sidoarjo
Salah satu tugu di Sidoarjo
1. Pantai Kepetingan Di Wilayah Pedalaman Sidoarjo
Keunikan menuju Pantai Kepetingan
Keunikan menuju Pantai Kepetingan
Tak banyak yang tahu bahwa Sidoarjo memiliki tempat wisata bernuansa alam. Cobalah menjauh dari pusat kota dan singgah ke Desa Sawohan Kecamatan Buduran. Disana kamu bisa menikmati pantai bernama Kepetingan. Sisi keunikan dari pantai ini adalah hanya bisa diakses menggunakan perahu yang telah disediakan oleh para nelayan untuk menuju ke sana.

Untuk menikmati pantai Sidoarjo, kamu akan menyusuri kawasan hijaunya hutan bakau dan banyaknya burung yang berkicau seakan membuat suasana disana seperti pedalaman Kalimantan. Meski seakan terpencil, namun pantai tersebut ramai dikunjungi. Terlebih lagi saat merayakan upacara Nyadran yang bertujuan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Menikmati Koleksi Di Museum Mpu Tantular
Museum Mpu Tantular dengan berbagai koleksinya
Museum Mpu Tantular dengan berbagai koleksinya
Berada di area lahan dengan luas 3,28 hektar, sebuah museum Mpu Tantular dibangun. Berlokasi di Jalan Raya Buduran, museum ini menyimpan benda bersejarah yang membuat kamu gak ingin cepat-cepat meninggalkan tempat tersebut. Beberapa koleksinya antara lain emas, numismatic, etnografi, geologi biologi dan berbagai seni rupa yang dibuat pada abad ke 14.

3. Pemancingan Delta Fishing Melatih Kemampuan Memancingmu
Pemancingan dan kolam renang Delta Fishing
Pemancingan dan kolam renang Delta Fishing
Tempat wisata di Sidoarjo ini tak hanya memberikan sensasi memancing yang menyenangkan, namun kamu juga bisa menikmati indahnya ikan-ikan besar yang berenang bebas di kolam seperti mujaer, bawal dan gurami. Disini juga kamu ternyata bisa ikut berenang lho, namun tentunya sudah disediakan kolam renang khusus yang dilengkapi juga berbagai wahana menantang seperti Flying Fox dan Outbond.

4. Bersantai Di Tugu Alun-Alun Kota Sidoarjo Sembari Menikmati Lontong Kupang
Tugu di Alun-Alun Sidoarjo
Tugu di Alun-Alun Sidoarjo
Setelah seharian berjalan-jalan, duduklah di Alun-Alun Sidoarjo sembari menikmati citarasa pedas asam lontong kupang. Disana kamu bisa melihat monumen Sidoarjo berupa logo bandeng dan udang di tengah sejuknya hawa kota.

Karena suasana yang sejuk, tak jarang banyak penduduk yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk tempat jogging dan bersepeda. Sejumlah komunitas anak muda yang kreatif pun ada di sana.

5. Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo Yang Mesti Dikunjungi
Proses pembuatan kain batik khas Sidoarjo
Proses pembuatan kain batik khas Sidoarjo
Batik Sidoarjo kini mulai berkembang dengan penggunaan motif yang lebih modern sehingga kamu yang mengenakannya akan merasa percaya diri. Ditambah lagi motif khas Sidoarjo seperti motif merak yang semakin membuat batik ini digemari.

Tak hanya bisa membeli langsung dari produsennya, kamu pun bisa melihat proses pembuatan batik yang bertempat di Jalan Diponegoro tersebut. Makin bangga deh menggunakan busana khas tanah air.

6. Sentra Tas Tanggulangin Pusatnya Pecinta Tas
Sentra Tas Tanggulangin jadi pusat tas di Sidoarjo
Sentra Tas Tanggulangin jadi pusat tas di Sidoarjo
Buat yang doyan shopping seperti tas, singgahlah ke sentra tas Tanggulangin yang dikenal dengan produknya yang menembus pasar internasional. Berbagai model tas bisa kamu dapati di sepanjang jalan Desa Kludan dan kamu pun bisa memesan tas secara ekslusif sesuai yang diinginkan.

Bagaimana dengan harganya? Jangan takut karena penjual tas di Sidoarjo menawarkan tas dengan harga yang miring. Contoh produsen pembuat tas yang cukup dikenal adalah Intako dan sudah dikenal oleh para wisatawan asing karena kualitasnya yang bagus.

7. Hamparan Lumpur Lapindo Sidoarjo Yang Kini Jadi Tempat Wisata
Lumpur Lapindo jadi tempat wisata baru
Lumpur Lapindo jadi tempat wisata baru
Kamu mungkin sudah mengenal lumpur lapindo lewat berbagai media. Tahun 2006 yang lalu, lumpur yang menghabiskan Desa Renokenongo Kecamatan Porong tersebut dikenal luas oleh dunia. Ulah manusia tersebut berubah menjadi bencana alam yang hingga kini tidak bisa teratasi.

Namun karena area yang tidak berubah, membuat lumpur lapindo menjadi sebuah tempat wisata di Sidoarjo yang ramai dikunjungi. Lumpur yang menyembur seakan menjadi daya tarik untuk dinikmati diatas tanggul. Bahkan kamu bisa menikmati sunrise dan sunset di atas tanggul tersebut.

8. Candi Yang Bergaya Arsitektur Vietnam
Candi Pari peninggalan Majapahit
Candi Pari peninggalan Majapahit
Tempat wisata yang menawarkan suasana jaman dulu sangat dekat dengan lumpur lapindo. Sebuah candi bernama Candi Pari menjadi satu-satunya situs peninggalan dari kerajaan Majapahit. Berlokasi di Desa Candi Pari Kecamatan Porong, terdapat pula Candi Sumur yang sama-sama memiliki gaya arsitektur Vietnam.

9. Pulau Sarinah Dan Wisata Bahari Telocor
Berperahu di Pantai Telocor
Berperahu di Pantai Telocor
Sidoarjo tak hanya memiliki pantai Kepetingan saja, namun terdapat pula sebuah pulau hasil sedimentasi lumpur lapindo bernama Pulau Sarinah. Letaknya berada di Desa Kedugpandan Kecamatan Jabon. Selain menawarkan keunikan pulau, disana juga terdapat pantai Telocor yang selalu dikunjungi para wisatawan di akhir pekan.

Berbagai tanaman bakau yang hijau menghiasi samping kiri dan kanan pesisir yang disambut dengan desiran ombak kecil membuat sebuah keunikan saat kamu berada di atas perahu. Terdapat juga dermaga yang dibuat untuk memudahkan perahu singgah. Bagi yang memiliki pasangan bisa duduk santai sembari menikmati Pulau Dem yang romantis.


Itulah 9 tempat wisata di Sidoarjo yang masih tersembunyi dan memberi kita pengetahuan tentang keanekaragaman wisata yang ada Indonesia ini.




loading...