loading...

8 Destinasi Wisata Di Pacitan Yang Alami Dan Penuh Keunikan




Bagi kamu yang mencari destinasi wisata di Pacitan, salah satu tempat di daerah Jawa Timur ini menyajikan sejumlah keunikan tempat wisata alam yang mesti dikunjungi. Pacitan memang bukan termasuk dalam daftar tempat wisata yang sering dikunjungi banyak orang. Tapi jangan salah lho keunikan dan kesegaran alam di Pacitan bisa menjadi magnet tersendiri untuk mereka yang telah datang ke sana.

Untuk bisa mencapai Pacitan, kamu harus menempuh sekitar 100 km jika berangkat dari Solo. Dan jika berangkat dari Surabaya, kamu harus menempuh jarak 270 km. Yuk simak apa saja destinasi wisata di Pacitan tersebut.

1. Goa Gong Yang Dikenal Dengan Sendang Bidadari Dan Pelita Surgawi
Goa Gong dengan keamanan yang terjamin
Goa Gong dengan keamanan yang terjamin
Sebuah goa dengan stalagtit yang sungguh menakjubkan terdapat di Desa Bomo Kecamatan Punung. Goa tersebut memiliki 7 ruangan yang cukup besar dengan kedalaman hampir 800 meter. Salah satu ruangan yang terdapat air jernihnya adalah Sendang Bidadari. Selain itu terdapat ruangan yang memiliki batu unik dimana akan mengeluarkan bunyi gong jika ditabuh. Inilah mengapa goa di Pacitan ini dinamai Goa Gong.

Berbeda dengan goa pada umumnya. Disini kamu tidak perlu membawa penerangan seperti senter karena sudah terdapat lampu temaram yang berjejer menghiasi dinding goa sehingga cantik terlihat. Kemudahannya pun nampak jelas dengan adanya jalan setapak buatan yang dilengkapi pagar pembatas.

2. Goa Tabuhan Yang Bisa Memainkan Musik Yang Indah
Batu stalagtit yang memiliki nada yang indah
Batu stalagtit yang memiliki nada yang indah
Apakah kamu menyukai gamelan yang biasa dimainkan oleh masyarakat Jawa? Nah goa yang satu ini memiliki keunikan dimana sekumpulan stalagtit bisa menghasilkan sebuah bunyi yang mirip dengan suara gamelan. Masyarakat pun menggunakan keunikan tersebut dengan membentuk grup tabuh yang cukup indah ketika dimainkan.

Awalnya goa ini memiliki nama Goa Tapan karena dulu fungsinya digunakan untuk orang bertapa. Jadi jangan heran jika aura mistis akan terasa ketika memasukinya.

3. Goa Song Terus Menjadi Tempat Kerangka Manusia Tertua
Tempat kerangka manusia purba di Goa Song Terus
Tempat kerangka manusia purba di Goa Song Terus
Kecamatan Punung memang gudangnya beragam goa dan kali ini di Desa Mendolo Lor terdapat goa yang diyakini sebagai tempat tinggal manusia purba. Ini karena pada tahun 1999 ditemukan kerangka manusia yang berumur 10 ribu tahun sehingga goa ini juga menjadi pusat penelitian oleh para arkeolog dari berbagai negara.

Para penduduk menyebut kerangka manusia purba tersebut dengan sebutan Mbah Sayem. Konon katanya Mbah Sayem berumur 40-50 tahun dan ketika ditemukan tengah menggenggam batu dan alat kerja yang dibuat dari tulang. Disana juga kamu harus hati-hati agar tidak merusak kajian dari para peneliti manusia purba tersebut.

4. Pantai Srau Yang Masih Perawan
Pantai Srau dengan 3 keindahan pantai
Pantai Srau dengan 3 keindahan pantai
Pantai Srau merupakan pantai yang masih alami dan tersembunyi. Letaknya berada di Desa Candi Kecamatan Pringkuku atau sekitar 25 km dari Pacitan. Tak hanya satu pantai yang bisa kamu kunjungi, melainkan 3 pantai yang siap memanjakanmu dari pagi hingga sore hari.

Pantai yang pertama memiliki pasir putih yang berpadu dengan buih putih akibat ombak besar pantai selatan. Di pantai kedua terdapat pasir yang lebih kasar dengan jejeran batu karang yang menutupi ombak besar sehingga aman untuk dimanfaatkan tempat berenang. Di pantai yang ketiga hanya terdapat jejeran batu karang yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu menikmati pemandangan laut yang luas.

5. Pantai Klayar Yang Memiliki Seruling Alami
Pantai Klayar berseruling laut
Pantai Klayar berseruling laut
Pantai di Pacitan ini terletak di Kecamatan Donorojo. Destinasi wisata di Pacitan tersebut sangat unik karena terdapat seruling laut yang berupa batu karang besar dengan celah yang memancarkan air akibat terkena ombak. Pancaran tersebut menghasilkan sebuah bunyi seperti siulan. Di sana juga terdapat batu besar yang jika dilihat sepintas mirip dengan Sphinx dari Mesir. Namun untuk yang ingin berenang sebaiknya berpikir dua kali karena ombaknya yang sangat ganas.

6. Pantai Karung Watu Dengan Ombaknya Yang Besar
Ombak besar di Pantai Karung Watu yang cocok untuk surfing
Ombak besar di Pantai Karung Watu yang cocok untuk surfing
Pacitan memiliki pantai yang tidak kalah dengan Hawaii lho. Letaknya berada di daerah Pringkukung yang agak tersembunyi dan sulit untuk dijangkau. Namun semuanya akan terbayar saat kamu melihat pemandangan pulau karang, pantai yang bersih dan pasir putih yang sangat halus.

Di sana pula menjadi tempat penghasil ombak yang besar dan cocok untuk mereka yang gemar surfing. Setelah itu kamu pun bisa menyantap ikan segar dari hasil tangkapan para nelayan.

7. Sungai Maron Menjadi Green Canyon Khas Pacitan
Suasana Sungai Maron yang seperti Green Canyon
Suasana Sungai Maron yang seperti Green Canyon
Berlokasi di Desa Dersono atau 45 menit dari Kota Pacitan, sebuah sungai bernama Sungai Maron menyajikan keunikan seperti Green Canyon yang terdapat di Jawa Barat. Rimbunnya pohon jambu membuat keseruan saat mendayung menyusuri sungai tersebut.

Sungai Maron juga merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar sehingga tak heran jika sungai ini sangat bersih dan digunakan pula sebaga habitat dari ikan air tawar khas Pacitan.

8. Monumen Jenderal Sudirman Yang Mengingatkan Kita Pada Sejarah
Monumen Jenderal Sudirman di Pacitan
Monumen Jenderal Sudirman di Pacitan
Sebuah monumen Jenderal Sudirman berdiri dengan tegak di daerah Pakis Baru Kecamatan Nawangan. Pacitan memang menjadi tempat dimana Jenderal Sudirman membuat strategi perang sekaligus sebagai markas utama. Disana juga terdapat diorama dan tangga yang berjumlah 70 anak tangga sebagai tempat bersantai bagi kamu sembari berfoto di depan monumen.


Nah itulah destinasi wisata di Pacitan yang bisa kamu sambangi di akhir pekan. Masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang pasti membuat kamu penasaran untuk langsung datang ke sana.