loading...

7 Tips Ampuh Atasi Insomnia Biar Tidur Lebih Efektif




LikeYuk.Com - Banyak dari kita yang membutuhkan tips ampuh atasi insomnia. Ya insomnia memang sejenis kondisi yang sering kita abaikan terutama di saat umur kita masih muda. Namun apakah kalian tahu bahwa hal tersebut bakalan berdampak buruk pada produktivitas kerja dan tentunya berpengaruh juga pada kesehatan.

Pasti akan ada alasan yang membuat tidurmu terjaga. Kalaupun bisa tidur lebih awal, tak jarang dari kalian ada yang akhirnya bangun tengah malam dan tak bisa memejamkan lagi matanya hingga matahari terbit. Nah jika seperti itu keadaannya, ada 7 tips yang bisa kamu coba agar tidur makin efektif.

1. Beri Penghargaan Pada Jam Biologismu Dengan Tidur Yang Sama Setiap Harinya
Tidurlah tepat waktu setiap harinya
Tidurlah tepat waktu setiap harinya
Tubuh kita memiliki jam biologis dimana setiap aktivitas harus dilakukan secara berulang-ulang pada waktu yang sama. Memang terdengar membosankan, namun untuk menjaga pola tidur yang baik kamu harus sedikit memaksakan diri. Contohnya jika kamu tidur pukul 10 malam, usahakan untuk bangun sebelum jam 6. Dengan melakukannya secara terus menerus, ritme tubuh kamu akan terbiasa.
Jika ingin ditambah dengan tidur siang, usahakan untuk tidak lebih dari 30 menit karena jika berlebihan malahan akan merusak jadwal tidurmu di malam hari.

2. Jangan Menyantap Makanan Berat Di Malam Hari Sekaligus Jangan Sampai Keroncongan Juga
Menyantap makanan berat bisa jadi penyebab insomnia
Menyantap makanan berat bisa jadi penyebab insomnia
Sama dengan pernafasan, sistem pencernaan juga akan bekerja selama kita tidur. Dengan mengkonsumsi makanan berat saat akan tidur, secara otomatis organ pencernaan sepeti usus akan bekerja cukup berat dan itu akan membuat perutmu menjadi tidak nyaman dan akhirnya tidurmu akan terjaga.

Beberapa makanan yang cukup mengganggu pencernaan di malam hari adalah nasi, daging dan makanan dalam kemasan. Sebaiknya jika perutmu keroncongan, puaskan dengan buah atau roti selain kacang yang sehat. Jangan konsumsi juga beberapa zat yang bisa mengganggu hormon mood-mu. Beberapa diantaranya adalah kafein, rokok, alkohol dan terlalu banyak gula.

3. Jaga Kesehatan Dengan Berolahraga
Rajin berolahraga membakar kalori bisa bantu cepat tidur
Rajin berolahraga membakar kalori bisa bantu cepat tidur
Percayalah semakin bugar kondisi tubuh, semakin baik pula pola tidurmu di malam hari. Ini erat kaitannya dengan metabolisme tubuh dimana energi yang kamu pakai saat di siang hari berbanding lurus dengan energi yang dikumpulkan pada malam harinya. Untuk itu biasakan untuk membakar kalori setiap harinya.

Memang bekerja merupakan yang baik dalam membakar kalori. Namun untuk pilihan yang terbaik, berolahraga adalah solusinya. Lakukan jogging ringan selama 30 menit dengan mengitari komplek perumahan ataupun latihan yang ringan.

4. Berjemur Di Pagi Hari Bisa Menggenjot Produksi Hormon Melatonin
Berjemur membantu hormon anti insomnia
Berjemur membantu hormon anti insomnia
Perlu kamu ketahui bahwa hormon melatonin merupakan hormon yang mengatur silkus tidur setiap makhluk hidup. Untuk manusia, hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pineal yang letaknya ada di pusat otak. Nah semakin banyak hormon yang dihasilkan, semakin baik juga tidurmu.

Memang semakin tua, kelenjar penghasil hormon akan berkurang dan ini bisa diatasi dengan berjemur pada pagi hari menjelang ke siang hari. Dan di malam hari sebaiknya mematikan lampu ketika akan tidur.

5. Sudahi Pekerjaanmu Dan Rehatkan Pikiran Dari Urusan Kantor
Berhentilah mengurusi pekerjaan saat akan tidur
Berhentilah mengurusi pekerjaan saat akan tidur
Yang namanya pekerjaan kantor atau tugas dari dosen yang belum beres pasti membuat pikiran menjadi terganggu. Namun jika sudah saatnya untuk tidur, berikan kesempatan untuk tidur. Rehatkan pikiran karena jika otakmu masih berpikir keras, bisa jadi tubuhmu akan kesulitan untuk beristirahat.
Lakukan meditasi dan kosong pikiran. Singkirkan beberapa perangkat elektronik yang bisa membuatmu terjaga seperti smartphone, laptop dan TV

6. Ubah Kamar Menjadi Layaknya Surga Peristirahatan
Memodifikasi kamar menjadi tempat yang tenang dan nyaman
Memodifikasi kamar menjadi tempat yang tenang dan nyaman
Kamar merupakan tempat yang bisa membuatmu terlindungi dari berbagai gangguan yang merusak siklus tidur. Untuk itu ubahlah kamarmu menjadi tempat yang nyaman dengan membuat suhu kamar terasa sejuk dan jangan terlalu dingin.

Tak lupa bersihkan beberapa perlengkapan tidur seperti sprei dan bungkus bantal. Buat senyaman mungkin kasur dan bantal agar empuk. Pastikan juga kamarmu gak berisik atau bisa menggunakan suara halus dan monoton seperti suara kipas angin agar suara dari luar tidak terlalu terdengar.

7. Jika Bangun Di Tengah Malam, Tidurlah Lagi
Tidurlah kembali jika terbangun di tengah malam
Tidurlah kembali jika terbangun di tengah malam
Hampir sebagian besar dari kita pernah mengalami yang namanya bangun di tengah malam sehingga kamu bukan satu-satunya yang mengalami hal itu. Jangan menerka-nerka mengapa kamu bangun di tengah malam atau menyalakan TV dan pergi ke dapur. Segeralah memejamkan mata kembali agar tertidur.


Nah lewat 7 tips ampuh atasi insomsia tersebut kamu bisa berada dalam keadaan tidur di malam hari. Agar lebih berrkualitas, ketika alarm yang sudah disetel berbunyi, segeralah bangun dan beraktivitas agar malam berikutnya bisa tertidur lelap.