loading...

6 Destinasi Tempat Wisata Di Sumbawa Yang Mesti Kamu Coba




LikeYuk.Com – Tempat wisata di Sumbawa cukup membuat kita terpana dibuatnya. Namun tak sedikit yang menyamakan antara Sumba dengan Sumbawa. Padahal Sumba merupakan pulau yang letaknya berada di Nusa Tenggara Timur. Sementara Sumbawa merupakan pulau yang letaknya berada di Nusa Tenggara Barat. Keindahannya cukup memukau dengan berbagai ragam wisata yang dijamin menyenangkan dan tak kalah dengan daerah lain yang ada di Indonesia.

Berikut ini adalah 6 objek wisata yang berada di Sumbawa yang mesti kamu coba jika liburan panjang tiba.

1. Pulau Moyo
Pulau Moyo dengan beragam keindahan pantainya
Pulau Moyo dengan beragam keindahan pantainya
Sampai saat ini jika ada yang bertanya mengenai tempat wisata di Sumbawa, sebagian besar akan menyebut Pulau Moyo sebagai destinasi yang tepat untuk berada di pulau tersebut. Pasalnya almarhum Lady Diana pernah berkunjung ke pulau tersebut karena beberapa daya tarik pulau yang cukup memikat.
Pantai Ai Manis berhampar pasir putih
Pantai Ai Manis berhampar pasir putih
Beberapa keindahan alam di Pulau Moyo berada di kedalaman laut. Kamu bisa melihatnya dengan cara snorkeling ataupun diving sembari menikmati berbagai terumbu karang dan ikan yang cantik dengan berbagai bentuk. Bahkan jika beruntung, kamu juga bisa melihat hiu putih ataupun ikan pari.
Ini Air Terjun Mata Jitu yang didatangi Lady Diana
Ini Air Terjun Mata Jitu yang didatangi Lady Diana
Sekitar 2/3 daratan yang berada di Pulau Moyo merupakan cagar alam tempat berlindung berbagai satwa seperti sapi liar, rusa dan juga burung gosong. Selain itu keindahannya nampak jelas ketika bisa berkunjung ke Air Terjun Mata Jitu atau Queen Waterfall. Alasan disebut Queen Waterfall adalah karena Lady Diana pernah berkunjung ke sana.

Tak ketinggalan pula untuk menyempatkan diri ke hamparan pasir putih nan eksotis bernama Pantai Ai Manis. Untuk bisa menuju ke Pulau Moyo, kamu diharuskan menyeberang dari Pantai Kencana dengan menggunakan kapal dan jarak tempuh selama 2 jam.

2. Bala Kuning atau Yellow House
Bala Kuning tampak depan
Bala Kuning tampak depan
Bala Kuning merupakan sebuah rumah yang ditempati oleh keluarga Sultan Sumbawa. Sebutan kuning juga nampak jelas dari pewarnaan bangunan yang memiliki dominasi warna kuning baik di sisi dalam maupun luar. Bangunan yang didirikan tahun 1784 tersebut menyimpan berbagai benda pusaka seperti keris, tombak, mahkota ataupun pakaian adat khas kesultanan. Selain itu terdapat pula kitab Al Qur’an yang memiliki ukuran jumbo. Kitab tersebut ditulis oleh Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi pada tahun 1784.
Bala Kuning di bagian dalam
Bala Kuning di bagian dalam
Untuk bisa menuju lokasinya, The Yellow House berada di Jalan Dr Wahidin, Sumbawa besar.

3. Pantai Kencana
Pantai Kencana menjadi pusat wisata air yang nyaman
Pantai Kencana menjadi pusat wisata air yang nyaman
Sudah diketahui bahwa Indonesia bagian timur banyak memiliki pantai yang indah. Ini bisa kamu tengok di Pantai Kencana. Pantai yang berjarak 11 km dari Sumbawa Besar tersebut memiliki garis pantai yang melengkung dengan ujung pantai yang berbeda dimana di bagian kanan terdapat batu karang yang selalu dihempas ombak. Sementara pasir putih dan airnya yang biru menjadikan kamu bisa berlama-lama menikmati matahari terbenam sembari menginap di Hotel dan Cottage sekitar.

4. Dalam Loka atau The Old Palace
Dalam Loka kini menjadi museum pusat kebudayaan
Dalam Loka kini menjadi museum pusat kebudayaan
Bangunan yang dibangun pada masa Kesultanan Muhammad jalaluddin Syah III tersebut dibuat semuanya dari bahan kayu dan merupakan satu-satunya rumah panggung yang terbesar. Istana tua bernama Dalam Loka tersebut terbuat dari kayu jati yang didapat dari pelosok desa. Sementara itu untuk sengnya didapat dari Singapura.

Saat ini Dalam Loka digunakan sebagai Museum Daerah Sumbawa dengan letak yang cukup strategis yaitu di pusat kota. Jadi bagi kamu yang ingin ke sana bisa menggunakan kendaraan umum sebagai alat transportasinya.

5. Desa Poto
Kerajinan tenun khas Sumbawa ada di Desa Poto
Kerajinan tenun khas Sumbawa ada di Desa Poto
Desa yang selalu menjaga kelestarian budayanya ini merupakan tempat wisata di Sumbawa yang wajib dikunjungi. Terletak di Kecamatan Moyo Hilir, kamu bisa menggunakan angkutan umum lewat jalur darat. Kelestarian tersebut dilihat dari berbagai warisan budaya seperti pembuatan kain tenun yang masih tradisional, gerabah hingga berbagai kegiatan masyarakatnya yang seru seperti pacuan kuda atau karapan kerbau. Namun untuk bisa melihat perlombaan tersebut, kamu harus datang ketika acara panen padi selesai. Tak lupa belilah kain tenun tersebut sebagai buah tangan yang istimewa.

6. Liang Petang
Liang Petang untuk para petualang sejati
Liang Petang untuk para petualang sejati
Bagian dalam Liang Petang yang penuh keunikan
Bagian dalam Liang Petang yang penuh keunikan
Buat kamu yang bernyali cukup besar, Liang Petang wajib disambangi. Liang Petang memang sebuah gua yang cukup gelap sehingga bagi kamu yang datang ke sana wajib membawa penerangan seperti senter. Ada banyak keunikan bebatuan di dalamnya yang bisa kamu abadikan seperti batu berbentuk manusia atau bentuk seperti alat tenun. Bahkan ada juga batu yang seperti tempat untuk bertapa. Lokasinya berada di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu dan untuk ke sana dibutuhkan jarak sekitar 29 km dari pusat Sumbawa.


Ternyata bukan hanya Bali saja yang terkenal dengan beragam keindahan panoramanya. Tempat wisata di Sumbawa pun tidak kalah seru untuk dinikmati terlebih lagi jika bisa membawa keluarga turut serta. Jadi siapkan segera perbekalan dan budget yang cukup untuk bisa ke Sumbawa.