loading...

6 Dari 12 Tempat Wisata Di Jogja Yang Bikin Kangen Buat Balik Lagi




LikeYuk.Com - Tempat wisata di Jogja sudah terkenal baik di kalangan wisatawan dalam negeri maupun dari luar negeri. Ini tak lain karena berbagai keunikan serta kebudayaannya yang dijamin bakalan membuat kamu ingin kembali lagi ke sana. Tak hanya itu saja, karena wilayah di Jogja termasuk dalam daftaran salah satu wilayah yang memiliki panorama yang cukup memikat dengan berbagai kegiatan masyarakatnya yang tak kalah unik juga.

Kota yang terkenal dengan Candi Borobudurnya tersebut tak hanya menjadi salah satu keajaiban dunia. Namun Candi tersebut juga menjadi warisan kebudayaan yang dilindungi oleh UNESCO. Penasaran dengan tempat-tempat yang lainnya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Candi Prambanan
Panorama Candi Prambanan yang menakjubkan
Panorama Candi Prambanan yang menakjubkan
Candi yang sama terkenalnya ini ikut menjadi bagian dari warisan budaya dunia. Dengan letaknya yang berada di 2 provinsi yaitu Jogjakarta dan Jawa Tengah, menjadi objek wisata ini sangat mudah untuk didatangi oleh para wisatawan domestik di sekitarnya. Panorama alamnya pun cukup memikat, terutama ketika cahaya matahari senja menyinari bangunan Candi tersebut. Semakin betahlah di Jogja dengan menikmati arsitektur bangunan Candi tersebut.

2. Pantai Parangtritis
Keindahan Pantai Parangtritis yang menyegarkan
Keindahan Pantai Parangtritis yang menyegarkan
Saat kamu menyusuri ke pinggiran Kota Jogja sekitar 28 km, sebuah pantai bernama Pantai Parangtritis akan terlihat dengan jelas. Deburan ombak dan tebing batunya yang menjulang, berpadu dengan hamparan pasir berwarna hitam yang berkilauan saat diterpa sinar matahari.

Beberapa cerita masyarakat menyebutkan bahwa Pantai yang berada di Jogja ini merupakan pantai yang dianggap keramat dan memiliki nilai magis. Cerita ini disangkut pautkan dengan pantai tersebut yang menjadi kediaman dari Ratu Pantai Kidul yang selalu mengenakan busana warna hijau. Jangan heran jika banyak penduduk disana yang melarang kamu mengenakan baju tersebut saat pergi ke pantai.

Pantai yang eksotis ini berlokasi di Kecamatan Kretek, Bantul yang juga berdekatan dengan sumber air panas bernama Parangwedang. Disana kamu bisa merendam tubuh dan menikmati kesegaran hawa kota tersebut.

3. Malioboro
Keramaian di Jalan Malioboro
Keramaian di Jalan Malioboro
Inilah tempat wisata di Jogja yang menjadi pilihan utama dan favorit saat kamu berada di kota sejarah tersebut. Berbagai barang yang unik dan menarik terhampar dijual secara rapi di pinggiran jalan Malioboro. Tentu saja Malioboro dikenal juga sebagai pusatnya bagi berbagai oleh-oleh khas Jogja.

Selain untuk shopping, kawasan tersebut juga menjadi pusat berbagai jajanan kuliner lesehan. Berbagai makanan angkringan Jogja bisa kamu nikmati sembari melihat berbagai aktivitas malam hari yang dihiasi berbagai lampu yang semakin membuat tak ingin kehilangan moment tersebut.

4. Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta yang berdiri dengan megah
Keraton Yogyakarta yang berdiri dengan megah
Keraton yang dibangun pada tahun 1790 ini merupakan salah satu keraton dengan memiliki desain arsitektur yang cukup menarik. Tempat tersebut menjadi pusat kegiatan kesultanan dimana kini Sultan Jogja menjadi gubernur di provinsi tersebut.

Berlokasi di Jalan Alun Alun Utara Jogja, sebuah bangunan di Keraton Yogyakarta dihiasi pavilion bertahtakan emas bernama Bansal Kencono. Bangunan yang megah tersebut mencirikan keanekaragaman budaya dan agama yang ada di daerah tersebut dan kabarnya bangunan tersebut dijaga oleh makhluk halus sehingga tak ada penjaga seperti militer di sana.

5. Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo yang penuh sejarah
Museum Sonobudoyo yang penuh sejarah
Bagi kamu yang ingin sekali melihat kesenian khas Jogja, bisa menyambangi Museum Sonobudoyo. Bangunan yang diresmikan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII menjadi rumah bagi berbagai koleksi budaya serta sejarah daerah Jawa.

Museum tersebut dibuka untuk umum dan pada hari senin, hari libur ataupun hari besar biasanya akan tutup. Jadi jangan datang pada hari tersebut jika ingin masuk kedalamnya. Selain bisa melihat berbagai koleksi budaya, kamu juga akan disuguhi pertunjukan wayang kulit dimana bahasa yang digunakan tentu saja bahasa Jawa yang apik diiringi musik gamelan. Namun acara tersebut hanya bisa dinikmati pada malam hari saja.
Alamatnya berada di Jalan Trikora nomor 6 Pendowoharjo. Cukup mudah untuk menuju kesana karena masyarakatnya pun akan dengan senang menunjukkan jalan untuk menuju Museum.

6. Kota Gede
Wisata menyenangkan di Kota Gede
Wisata menyenangkan di Kota Gede
Tempat yang menjadi Panembahan Senopati atau pendiri kerajaan Mataram baru tersebut mendirikan istananya di tahun 1575. Kota Gede juga dikenal sebagai tempat wisata di Jogja yang bisa dinikmati sembari berjalan kaki. Nantinya kamu bakalan menjumpai berbagai toko pernak pernik dan rumah yang memiliki ubin mozaik berjajar di sepanjang tepi jalan. Dahulunya rumah tersebut merupakan rumah bagi para bangsawan dang pedagang kerajaan yang kini menjadi salah satu yang membuat Kota Gede menjadi terlihat menyenangkan.

Disini juga terdapat kerajinan perak yang dibuat langsung oleh tangan dengan berbagai model yang menarik. Tak salah jika kota ini disebut sebagai pusat industri perak di Yogyakarta. Buat yang ingin mengunjungi makam raja Mataram, kamu diharuskan untuk mengenakan pakaian adat Jawa yang bisa didapat dengan menyewa di pos tempat pendaftaran. Ini karena tempat tersebut dianggap suci dan keramat.


Itulah 6 tempat wisata di Jogja yang dijamin bakalan membuat kamu ingin kembali lagi ke sana. Jangan lupa untuk selalu membawakan oleh-oleh bagi keluarga yang berada di rumah.