loading...

5 Kreasi Kain Flanel Yang Bisa Bikin Casing Hapemu Makin Bagus




Hayo siapa yang tahu kreasi kain flanel bisa dibuat apa aja? Kebanyakan yang sudah kamu tahu, kain flanel bisa digunakan untuk aksesoris seperti bros atau bisa dibikin boneka. Ternyata gak cuma itu aja lho barang yang bisa dibikin dari kain flanel.

Flat case atau kantung penyimpanan ternyata bisa dibuat dengan bahan kain flanel. Kegunaannya bisa bermacam-macam mulai dari tempat menyimpan alat tulis, kacamata hingga handphone.

Selain harganya yang murah, cara pengerjaannya pun terbilang cukup mudah. Namun jika kamu ingin menjualnya bisa lumayan mahal lho. Jadi selain berguna untuk diri sendiri, kreasi kain flanel juga bisa menjadi tambahan pemasukan yang menyenangkan. Ingin tahu aja aja desain unik dari kain flanel tersebut? Simak berikut ini.

1. Tempat Kacamata Dan Pulpen Yang Lucu Dengan Animasi Kelinci Atau Anjing
Casing hape dari kain flanel
Casing hape dari kain flanel
Gimana lucu kan? Jangan hanya langsung membeli aja. Karena kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Yang harus kamu siapkan adalah 2 potong kain flanel dengan ukuran 9 x6 cm dan 15 x 6 cm. potong salah satu ujung kain yang berukuran 15 x 6 cm menjadi bentuk setengah lingkaran untuk nantinya berguna sebagai penutup casing.

Untuk bagian dalam pilih warna putih dan bagian luarnya bisa disesuaikan dengan keinginan. Untuk bisa memberi tambahan ornament bentuk anjing, kamu harus memiliki kain flanel berwarna cokelat muda dan sedikit manik-manik untuk kalungnya. Sementara untuk bentuk kelinci, kamu butuh kain flanel berwarna putih, pink dan cokelat muda. Sediakan pula kancing untuk setiap 1 casing, jarum jahit, benang jahit berwarna merah, gunting dan spidol.
Cara membuat flat case dari flanel
Cara membuat flat case dari flanel
Cara pembuatannya cukup mudah yaitu kamu harus membuat dahulu ornament kecil seperti bentuk kelinci atau anjing. Potong sesuai bentuk yang diinginkan dan beri spidol hitam untuk mewarnai bagian mata, telinga dan hidungnya. Setelah semuanya selesai, satukan semua bagian depan depan inner berwarna putih. Satukan semuanya dengan menggunakan jarum kemudian jahit secara perlahan.

Terakhir pasangkan kancing di bagian depan dengan terlebih dahulu mengukur jarak antara lubang kancing di bagian penutup dengan penempatan kancingnya agar pas. Gampang kan membuat kreasi dari kain flanel !

2. Flat Case Dengan Motif Kamera Membuat HP Kamu Tambah Keren
Flat case berbentuk kamera
Flat case berbentuk kamera
Membuat flat case berbentuk seperti sebuah kamera memang perlu kesabaran karena banyak detail kecil yang mesti kamu siapkan sebelum proses menjahit. Buat kamu yang gemar dengan tantangan, bentuk seperti ini akan membuat sebuah kepuasan jika berhasil membuatnya dengan benar.

Beberapa alat dan kelengkapan yang harus disiapkan adalah 2 kain flanel berwarna abu berukuran 24 x 7 cm atau disesuaikan dengan besar handphone kamu. Pastikan setiap pinggiran hasil potongan dibuat menjadi tumpul. Selain itu kamu juga harus memiliki 1 kain flanel putih, flanel hitam, kancing warna hitam, jarum jahit dan benang warna abu-abu, cokelat serta hitam. Tak lupa juga siapkan gunting dan glue gun atau stick glue.

Cara membuatnya yaitu kamu harus mengerjakan bagian depan dahulu dengan mempersiapkan berbagai pernik untuk memuat tampilan casing seperti bentuk kamera. Pastikan untuk memperhatikan detail gambar kamera dengan benar dan pas. Jika sudah, letakkan semuanya sesuai dengan letak seperti pada gambar. Untuk memudahkan pengerjaan agar tidak bergeser atau miring, kamu bisa terlebih dahulu mengelem bagian belakangnya dengan stick glue. Pastikan untuk tidak terlalu tebal dalam menggunakan lem serta segera tempelkan karena lem akan cepat kering. Cukup dengan mengoleskan sedikit pada bagian tengah pernik agar bisa menempel dulu saja.

Setelah semua bagian depan telah sesuai dengan bentuk aslinya, kini giliran kamu menggabungkan dengan bagian belakangnya menggunakan benang jahit berwarna abu-abu. Bagaimana? Hasilnya memuaskan bukan?

3. Casing Abu-Abu Yang Menawan
Desain unik pada kain flanel
Desain unik pada kain flanel
Dari gambar terlihat bahwa casing handphone tersebut sangat indah dan pasti semua orang ingin memilikinya. Di pasaran, casing seperti ini berharga $ 17 hingga $ 20.

Membuatnya jelas sangat murah dan mudah yaitu dengan terlebih dahulu menyediakan 2 kain flanel warna abu-abu tua berukuran ponsel mudah atau sekitar 14 x 7 cm. Bentuk setiap ujungnya supaya memiliki sudut yang tumpul. Sediakan pula 1 kain flanel berwarna ungu berukuran 14 x 7 cm. untuk alatnya kamu mesti menyiapkan jarum jahit, benang abu-abu tua, mesin jahit, gunting, pola yang ingin terlihat dari luar, cutter dan pensil.

Cara pembuatannya sama seperti pengerjaan flat case sebelumnya. Sebelumnya tempelkan pola yang sudah dibuat pada kain flanel warna abu-abu tua dengan menggunakan pensil. Potong pola dengan menggunakan cutter yang ujungnya tajam biar lebih rapi. Biar lebih mudah, beri alas kaca sebelum melakukan pemotongan. Gabungkan kain abu-abu dengan kain flanel warna ungu dengan bagian depan berwarna abu. Satukan dengan bagian belakang dengan menyematkan jarum terlebih dahulu agar tidak bergeser.

Yang terakhir adalah dengan menjahitnya menggunakan mesin jahit. Jika kamu tidak memiliki mesin jahit, bisa menjahit secara manual seperti gambar yang sebelumnya. Cantik bukan pola bunga untuk casing hape kamu? Dan pastinya akan jauh lebih hemat.

4. Casing Dengan Motif Potongan Hati Yang Romantis
Flat case untuk sepasang kekasih
Flat case untuk sepasang kekasih
Siapa yang kamu ingat jika melihat bentuk hati? Sudah pasti buat pasangan yang sedang kasmaran-kasmarannya. Tak cuma untuk digunakan sendiri karena flat case ini bisa dibuat sebagai kado yang cocok untuk orang yang kamu sayang.

Caranya dengan menyediakan 2 kain flanel berwarna mocha berukuran 14 x7 cm. Selain warna tersebut, kamu juga bisa bebas memilih warna yang lainnya dan pastikan untuk membuat setiap ujungnya tumpul. Sediakan pula 1 kain flanel berwarna merah untuk bagian dalamnya, gunting, jarum jahit, mesin jahit, benang warna cream dan merah, cutter dan pensil serta pola bentuk hati.

Cara melakukannya adalah dengan mengerjakan bagian depannya dulu. Cukup ambil 1 lembar flanel mocha dan tempelkan pola bentuk hati tepat di bagian tengah. Atau kamu bisa langsung menggambar di kain flanelnya kemudian potong mengikuti garis pola menggunakan gunting atau cutter yang tajam agar hasilnya tidak berserat.

Jahit antara kain abu-abu dengan flanel merah tepat mengitari bentuk hati menggunakan benang merah secara manual. Tempelkan dengan bagian belakangnya dengan jarum jahit dulu biar kuat sebelum dijahit dengan mesin. Kini kamu pun akan memiliki kado yang manis tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

5. Casing Dengan Pola Baby Owl Yang Lucu
Flat case burung hantu
Flat case burung hantu
Lucu sih tapi kayaknya susah. Pasti itu yang ada dalam benakmu. Jangan khawatir karena tenyata mudah kok membuatnya. Cukup dengan menyediakan 2 lembar kain flanel berwarna abu-abu dan 1 flanel putih, kuning dan benang jahit abu-abu serta hitam. Sediakan alat lainnya seperti gunting, jarum jahit, mesin jahit dan spidol hitam.

Proses pembuatannya yaitu dengan memotong 2 kain flanel untuk bagian depan dan belakang. Ukurannya bisa 14 x 7 cm atau sesuai dengan ukuran ponsel yang kamu miliki. Potong setiap ujungnya sehingga berbentuk tumpul. Setelah itu buat pernak-perniknya dengan urutan berikut.

Untuk bagian mata, buatlah 2 buah lingkaran berdiameter 3 cm dengan kain flanel berwarna putih. Buat juga bulatan kain flanel hitam berdiameter 2,5 cm. buat lagi bulatan dengan flanel putih berdiameter 1 cm. untuk sayapnya, gunakan sisa kain flanel abu-abu dan bentuk 3 gelombang seperti pada gambar.

Bagian hidung dibuat dari flanel kuning berbentuk hidung. Bisa juga menggunakan spidol warna kuning. Sementara bagian dadanya dibuat dengan memotong flanel putih berbentuk kotak dengan ukuran 6 atau 7 cm lalu potong salah satu sisinya sehingga menjadi setengah lingkaran.

Ambil semua pernik wajah owl atau burung hantu tersebut dan rekatkan dengan benang secara manual. Untuk bagian sayap, gunakan jahitan manual pada bagian yang bergelombang saja. Sementara itu di bagian dada beri efek seperti bulu dengan menggunakan spidol hitam. Terakhir jahit sisinya dengan mesin jahit. Hasilnya lucu kan?


Ternyata kreasi kain flanel untuk flat case memang gampang dibuat. Terlebih lagi buat kamu yang senang berkreasi. Produk ini pun bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan juga lho jika kamu mengetahui teknik yangg rapi dan layak dijual. Yuk segera coba!