loading...

5 Kreasi Jahitan Ini Bisa Jadi Ajang Buat Melatih Kemampuanmu




LikeYuk.Com – Menjahit merupakan hobi yang cukup menyenangkan. Nah berbagai kreasi jahitan bisa kamu buat dengan kemampuan menjahitmu tersebut dan bahkan jika terus diasah bisa menghasilkan sebuah penghasilan yang cukup lumayan juga. Seorang ibu rumah tangga pun bisa menggeluti bidang ini saat mengisi waktu luang dengan mudah dan efisien.

Tentu dalam pembelajaran menjahit agar handal tidak harus selalu membuat busana seperti baju ataupun celana. Akan tetapi ternyata untuk pemula bisa juga membuat kreasi jahitan yang mudah dan tentu memiliki fungsi ekonomis bagi kita. Apa saja kreasi tersebut? Yuk simak yah.

1. Langkah Mudah Membuat Tote Bag
Kreasi jahitan Tote Bag yang mudah
Kreasi jahitan Tote Bag yang mudah
Beberapa dari kamu mungkin akan beranggapan bahwa membuat tote bag terbilang sulit dan rumit. Padahal sebenarnya barang tersebut merupakan taap awal untuk latihan agar jahitan kamu bagus lho. Setiap langkahnya pun tidak susah dengan hanya menyiapkan kain bercorak bebas yang berbentuk persegi panjang berukuran 60 x 30 cm. Kemudian balikkan dan lipat menjadi dua.

Setelah rapi bagian pinggirnya, jahitlah bagian pinggir untuk tote bag itu. Setelah itu lipat bagian ujungnya dan gunting sekitar 2 cm dan jahit kembali. Balikkan jahitannya agar kain yang bercorak bisa ada di luar. Jika sudah, pasang tali tas yang bisa kamu buat dari kain kasa yang diselimuti kain, lalu jahit dengan rapi. Sudah jadi deh tote bag-nya. Mudah bukan? Yuk berani nggak buat membuatnya?

2. Sarung Bantal Hasil Karyamu
Membuat sarung bantal sesuai keinginanmu
Membuat sarung bantal sesuai keinginanmu
Coba pikirkan barang apa yang selalu kamu gunakan dan kadang warnanya cepat pudar dan harus secepatnya diganti. Yup betul, bantal memang barang yang selalu kita gunakan setiap malamnya dan sarung bantal kadangkala butuh pembaharuan entah itu karena sudah pudar atau ingin mengganti suasana saja. Nah buat kamu yang ingin tampil keren sebagai pemula bisa membuat sarung bantal sesuai keinginanmu.

Polanya cukup mudah kok. Yang pertama sediakan kain bermotif berukuran 15 x 34 inci atau kamu bisa langsung mengukur bantalmu sendiri biar pas. Jika sudah, lipat bagian pinggiran terutama bagian sisi yang pendek. Setrika biar rapi dan mudah untuk diatur lalu jahit. Setelah semuanya selesai, lipat seukuran bantalmu dan jangan lupa menggunakan lipatan bertumpuk. Jika sudah selesai, tinggal kamu balikkan sisi bagian dalamnya biar ada di luar dan kamu isi dengan bantalmu yang empuk itu.

3. Softcase Buatan Sendiri Bisa Jadi Ajang Latihan Yang Mantap
Softcase unik buatanmu sendiri
Softcase unik buatanmu sendiri
Softcase bisa digunakan buat berbagai barang elektronik seperti handphone dan juga laptop. Nah supaya barang ini aman dibawa kemana saja, sebaiknya kamu simpan di dalam softcase. Tapi jangan dulu membeli karena dengan tutorial ini kamu bisa menjahit softcase hasil karyamu sendiri.

Yang harus dilakukan adalah dengan membuat pola persegi panjang berukuran 35 x 42 cm untuk softcase laptop. Salah satu sisinya bisa kamu buat semacam gelombang agar nantinya bagian itu menjadi penutup softcase yang cantik. Lalu lipat sesuai ukuran laptop dan jahit di bagian pinggirnya. Supaya tidak gampang lepas, kamu bisa menambahkan 2 buah kancing yaitu satu di bagian tutupnya dan satu lagi di badan softcase agar bisa dipasang benang wool untuk ikatannya. Dalam sekejap, jadilah softcase laptopmu yang unik dan keren.

4. Travelling Sambil Bawa Drawstring Bag Hasil Karya Sendiri Kayaknya Keren
Drawstring Bag bisa atur perlengkapanmu
Drawstring Bag bisa atur perlengkapanmu
Jika kamu pecinta travelling tentu butuh yang namanya drawstring bag biar barang yang kamu bawa bisa diatur dengan baik. Nah kadang beberapa toko menjualnya cukup mahal bahkan jarang ada stok yang cukup sehingga sering kehabisan. Tapi sebenarnya gampang aja kok membuatnya.

Yang kamu butuhkan yaitu kain bermotif berbentuk segi panjang yang berukuran 60 x 25 cm. Lipat sisi lebarnya sekitar 2 cm dan jahit buat nantinya menjadi tempat tali. Setelah itu lipat kain biar sama besar dan jahit kedua pinggirannya. Jangan lupa buat membalikkan sisi kain biar jahitan atau lipatan ada di bagian dalam ketika nanti dibalikkan. Setrika semua bekas jahitannya dan baru setelah itu masukkan pita untuk dijadikan talinya.

Kini kamu pun siap menyimpan make up atau peralatan lain di drawstring bag tersebut. Mukena pun bisa cocok dibungkus dengan kantong bergaya tersebut.

5. Biar Gak Melilit Dan Gampang Rusak, Gunakan Kreasi Jahitan Ini
Kreasi jahitan bikin lilitan kabel jadi rapi
Kreasi jahitan bikin lilitan kabel jadi rapi
Kadangkala kamu suka sembarangan menyimpan kabel dengan melilitnya terlebih dahulu. Itu ternyata bisa jadi penyebab mudahnya kabel tersebut menjadi rusak. Biar aman dan tetap rapi, gunakan cord keeper. Namun masalahnya kadang sangat sulit mencari barang tersebut di toko elektronik atau toko yang lain.

Tapi tenang, kamu bisa membuatnya sendiri kok. Caranya dengan menyiapkan kain perca dan perekat. Selanjutnya kamu buat pola bentuk oval sebanyak dua buah lalu jahit dengan posisi bahan yang bagus menghadap keluar. Agar merekat ketika digunakan, jahit perekat di kedua ujungnya. Jangan sampai terbalik ketika menjahitnya. Dengan begitu, kabel milikmu bisa awet dan rapi.


Nah dengan kreasi menjahit tesebut, kamu bisa mengasah kemampuanmu dengan cepat dan serbaguna tanpa harus selalu menjahit busana seperti baju atau celana yang butuh bahan yang banyak.