loading...

14 Tempat Wisata Di Banten Yang Membuatmu Terpukau




Tempat wisata di Banten memiliki keanekaragaman jenis mulai dari gunung, hutan hingga pantai. Sebelumnya kita sering mendengar tentang sindiran mengenai Banten yang kenal memiliki nilai mistis seperti asal mula santet hingga Gubernurnya yang memiliki masalah dengan KPK. Namun bukan hal tersebut yang akan dibahas.

Banten memiliki iklim yang bagus dengan wisata yang ternyata bisa membuatmu terpukau lho. Penasaran dengan apa dan bagaimana tempat wisata tersebut? Yuk simak disini.

1. Melihat Badak Jawa Di Taman Nasional Ujung Kulon
Badak Jawa
Badak Jawa

Apakah kamu pernah bertemu secara langsung dengan hewan buas seperti badak? Hampir di setiap hutan di Taman Nasional Ujung Kulon kita bisa secara langsung bertemu dengan badak Jawa yang jumlahnya semakin mengurang. Tentu bertemu dengan hewan liar tersebut membuat kita memiliki pengalaman yang tidak terlupakan.

2. Susuri Gunung Krakatau Yang Menjulang
Berfoto bersama Gunung Krakatau
Berfoto bersama Gunung Krakatau

Gunung Krakatau merupakan gunung yang secara mandiri berdiri tegak di tengah Selat Sunda. Dengan berfoto bersama berlatarkan gunung tersebut, kamu akan memiliki kenangan yang tidak akan terlupakan dan membuat teman-teman yang lain iri.

3. Pantai Tanjung Lesung Seperti Pantai Pribadi
Pantai Tanjung Lesung yang masih asri
Pantai Tanjung Lesung yang masih asri

Pantai yang berada di Banten ini memang sangat indah dan banyak orang mengibaratkan pantai tersebut seperti seorang gadis yang manis. Selain menawarkan sisi keindahan dan alamnya yang masih nyaman dilihat, di sini disediakan juga beragam fasilitas yang komplit. Namun ternyata Pantai Tanjung Lesung memang masih sepi dan bagi kamu yang kesana akan tercipta suasana seperti pantai milik sendiri.

Untuk menjelajahi seluruh pulau ini kamu bisa menggunakan fasilitas sewa motor selama 30 menit. Gunung Krakatau pun terlihat membentang dengan indahnya.

4. Pulau Umang Cocok Untuk Mereka Yang Ingin Berbulan Madu

Pulau Umang yang cocok untuk bulan madu
Pulau Umang yang cocok untuk bulan madu

Pulau Umang merupakan pulau resort yang berada di Kecamatan Sumur Pandeglang. Berbagai fasilitas seperti penginapan maupun yang lainnya sangat apik dan terlihat menyatu dengan kesejukan alamnya. Dengan alasan tersebut, tak salah jika tempat ini menjadi tempat yang nyaman untuk berbulan madu.
Kamu juga bisa mencoba snorkeling dengan terlebih dahulu menaiki kapal selama 5 menit saja dari Pulau Umang.

5. Pulau Tunda Dengan Wisata Baharinya Yang Indah

Pulau Tunda yang indah
Pulau Tunda yang indah

Untuk kamu yang seorang bacpacker sejati dan tidak memiliki dana yang cukup untuk menikmati beragam fasilitas bisa memilih ke Pulau Tunda. Meski belum termasuk dalam tujuan wisata di Banten, namun kamu bakalan dicengangkan dengan keindahan bawah air dan pantainya.

6. Cagar Alam Pulau Dua Tempat Bagi Para Burung Liar

Kawasan Cagar Alam Pulau Dua
Kawasan Cagar Alam Pulau Dua

Pernahkah melihat burung yang beterbangan dengan bebas tanpa tersekat dengan kandang yang sempit? Di Cagar Alam Pulau Dua yang bertempat di Desa Sawah Luhur Kecamatan Kasemen menjadi tempat bagi berbagai spesies burung yang bermigrasi dari Australia, Afrika dan Asia. Kegiatan seperti mengamati burung pun menjadi sebuah kesenangan tersendiri.

7. Gunung Batu Lawang Menjadi Tempat Yang Asri Dan Bersih

Daerah Gunung Batu Lawang yang bersih
Daerah Gunung Batu Lawang yang bersih

Banyak orang yang lebih mengetahui bahwa Cilegon atau Banten dikenal dengan banyaknya pelabuhan untuk keperluan pengiriman menuju ke Sumatera. Akan tetapi ternyata terdapat Gunung Batu Lawang yang tak hanya asri, namun juga memiliki panorama yang hijau meluas berpadu dengan kesibukan di pelabuhan.

8. Air Terjun Istimewa Bernama Cigumawang

Air terjun Cigumawang
Air terjun Cigumawang

Disamping memiliki potensi wisata pantai dan pegunungan, Banten juga ternyata memiliki air terjun bernama Cigumawang yang berlokasi di Desa Kadu Beureum Kecamatan Padarincang. Dengan percikan air saat menuruni tebing membuat sebuah proses pembentukan pelangi yang elok dan bercahaya.

9. Sensasi Menaiki Sampan Di Rawa Danau

Menaiki sampan di Rawa Danau
Menaiki sampan di Rawa Danau

Yang tidak dikesampingkan adalah rawa danau atau Rawadano yang menjadi kawasan hutan air tawar yang terbesar di seluruh pulau Jawa. Untuk bisa menyusurinya, kamu bisa menaiki sampan sembari berkeliling melihat satwa liar seperti kera dan burung. Namun kamu harus memperhatikan kulit kakimu agar jangan sampai terhisap lintah darah.

10. Pantai Sawarna Yang Eksotik Di Banten

Pantai Sawarna yang eksotik
Pantai Sawarna yang eksotik

Satu lagi pantai yang sudah memiliki fasilitas lengkap dengan panoramanya yang eksotik adalah Pantai Sawarna. Pantai yang mendapat pengelolaan secara baik ini banyak dikunjungi oleh beragam wisatawan asing.

11. Kota Kuno Banten Lama Menjadi Saksi Bisu Dan Kesultanan Banten

Bekas-bekas bangunan Kota kuno Banten Lama
Bekas-bekas bangunan Kota kuno Banten Lama

Saat kamu berada di sana, terlihat berbagai bangunan tua yang merupakan sisa dari kejayaan sultan Banten seperti dulu. Bertempat di Kabupaten Serang, tempat ini juga menjadi beragam bangunan seperti Museum kepurbakalaan, Masjid agung banten, vihara avalokitsvara dan bangunan lainnya.

12. Menengok Kearifan Dari Masyarakat Badui Di Desa Kanekes

Ketentraman di daerah suku baduy
Ketentraman di daerah suku baduy

Banten sudah dikenal dengan kearifan masyarakat baduinya yang berada di desa Kanekes, Lebak Banten. Masyarakatnya sudah mengisolasikan diri dari kehidupan dunia luar seperti teknologi maupun perkembangan jaman. Akan tetapi untuk masyarakat Badui Luar sudah terbiasa dengan para wisatawan dan tidak merasa malu-malu.

Masyarakatnya sangat menjunjung ajaran agama leluhur yang mereka dapatkan dari warisan turun temurun yang salah satu ajarannya adalah setiap manusia harus hidup bersinergi dengan tidak mencemari alam.

13. Atraksi Debus Yang Dikenal Mendebarkan Saat Melihatnya

Atraksi debus yang mendebarkan
Atraksi debus yang mendebarkan

Permainan hiburan debus memang dikenal dengan hiburan yang ekstrem, sadis dan brutal. Beberapa pemainnya melakukan adegan menyayat atau mengoleskan sendiri api di kulit mereka. Selain itu terdapat juga atraksi berguling di pecahan beling serta menginjak batu bara yang panas. Jadi beranikah kamu menontonnya?

14. Citarasa Kuliner Banten Yang Mengingatmu Terus Pada Tempat Ini

Kuliner khas Banten
Kuliner khas Banten

Setelah seharian menyambangi berbagai tempat wisata yang ada di Banten, maka singgahlah untuk mencicipi menu kuliner yang khas dari Banten. Beberapa diantaranya yang cukup membuat lidah bergoyang adalah sate bebek, nasi sumsum dan rebeg.


Masih banyak lagi tempat wisata di Banten yang menyajikan keunikan tersendiri dan mampu membuatmu terpukau. Jangan lupa untuk selalu membawa perbekalan yang lengkap agar saat menjalani liburan tidak merasa tersiksa.