loading...

10 Destinasi Wisata Terbaik Di Wonogiri Yang Jangan Kamu Anggap Remeh




Wonogiri berada di antara Yogyakarta dan Jawa Timur. Selain itu destinasi wisata terbaik di Wonogiri tersebut memiliki pesona tersendiri yaitu kaya dengan pegunungan karst yang memanjang dan indah.

Sama seperti Pacitan, Wonogiri termasuk daerah yang memiliki pesona pantai yang sejuk dan cocok untuk dijadikan tempat berwisata. Apa saja wisata terbaik yang disuguhkan oleh Wonogiri? Berikut rinciannya.

1. Eloknya Pantai Nampu Bagai Surga Yang Tersembunyi Di Ujung Selatan Wonogiri
Pantai Nampu yang alami
Pantai Nampu yang alami
Wonogiri termasuk dalam wilayah yang secara langsung berbatasan dengan pantai selatan. Walaupun daerah tersebut hanya memiliki pinggiran pantai yang sempit, keindahan pantai di balik tebing karst bisa membuatmu kagum dan Pantai Nampu merupakan salah satu pantai yang tersembunyi nan alami.

Pantai yang berlokasi di Desa Dringo Kecamatan Paranggupito ini memiliki pasir putih dan hamparan bebatuan yang enak dilihat. Disana kamu akan melihat tiga pantai yang dipisahkan oleh bukit nan asri. Agar bisa menuju kesana, kamu mesti menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota.

2. Indahnya Pantai Sembukan Menjadi Mitos Gerbang Untuk Menuju Alam Ratu Pantai Selatan
Pantai Sembukan yang penuh mitos
Pantai Sembukan yang penuh mitos
Terletak di Desa Sembukan, pesonanya tidak kalah dengan Pantai Nampu. Hal ini pula yang menjadikan pantai tersebut menjadi destinasi wisata terbaik di Wonogiri. Tak hanya sekedar berjalan menyusuri pantai, sejumlah wisatawan pun sangat senang memancing di daerah tersebut.

Namun kabar yang tersiar dari Pantai Sembukan ini adalah bahwa pantai tersebut merupakan gerbang untuk menuju Kerajaan Ratu Pantai Selatan. Tak heran jika setiap malam satu Suro suka diadakan Upacara Labuhan Ageng yang tentunya menarik minat wisatawan dari luar daerah.

3. Waduk Gajah Mungkur Yang Menjadi Tempat Wisata Danau Buatan
Waduk gajah Mungkur yang menjadi tempat wisata
Waduk gajah Mungkur yang menjadi tempat wisata
Waduk Gajah Mungkur merupakan danau buatan yang menjadi ciri khas Wonogiri. Selain berfungsi untuk pengairan dari sungai Bengawan Solo, waduk ini juga berfungsi untuk tempat rekreasi yang dekat dengan pusat kota. Untuk bisa kesana, kamu hanya memerlukan perjalanan 3 km ke arah selatan wonogiri.

Fasilitas yang bisa kamu dapatkan cukup lengkap mulai dari jetski, berkeliling menggunakan boat dan menaiki gantole untuk mendapatkan pemandangan waduk dari atas. Jika perut terasa lapar, beberapa rumah makan siap menyediakan menu ikan yang berasal dari waduk tersebut.

4. Menangkap Pemandangan Senja Di Atas Bukit Gantole
Pandangan luas di bukit Gantole
Pandangan luas di bukit Gantole
Sedikit agak jauh dari waduk, terdapat bukit gantole yang di bagian puncaknya sering dijadikan landasan pacu bagi olahraga paralayang. Di atas bukit, kamu bisa memanjakan mata dengan pemandangan waduk dan kota wonogiri saat senja yang membuat suasana seakan romantis.

Agar bisa menuju ke bukit tersebut, gunakanlah motor yang mampu menaiki perbukitan yang curam dengan berbagai track yang tajam. Penamaan bukit gantole bukan artinya bukit tersebut selalu diadakan gantole. Hanya beberapa waktu event saja para komunitas pecinta olahraga ekstrem tersebut beraksi di atas bukit.

5. Goa Yang Menawan Diantara Perbukitan Karst
Goa di perbukitan Karst
Goa di perbukitan Karst
Goa-goa alam yang tercipta dari bukit-bukit kapur menjadi sebuah potensi wisata yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Goa Putri Kencono yang berada di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro. Untuk bisa menuju kesana, kamu harus menempuh jarak 40 km dari Kota Wonogiri.
Terdapat ukiran stalagtit dan stalagmite yang menjadi penghias goa tersebut. Di dalamnya terdapat jalan yang dapat menembus ke tempat lain dengan luas goa yaitu 1000 meter persegi. Jadi asah petualanganmu disana.

6. Museum Karst Dunia Bisa Kamu Temukan Di Wonogiri
Museum Karst yang unik dan menarik
Museum Karst yang unik dan menarik
Bertempat di Desa Gebangharjo, terdapat sebuah bangunan yang megah yang berfungsi sebagai Museum Karst Dunia. Tempat ini menjadi pusat bagi berbagai penelitian tentang kawasan karst dengan segala keunikannya. Kelengkapan dari museum tersebut meliputi film dokumenter, diorama dan contoh bebatuan.

Selain museum, di sekitarnya terdapat pula goa-goa yang bisa amati dan menjadi sebuah rekreasi yang menyenangkan sekaligus mengasah pengetahuan.

7. Objek Wisata Setren Girimanuk Yang Memiliki Air Terjun Sejuk
Air terjun Manik Mayo yang menjadi bagian objek wisata Setren Girimanuk
Air terjun Manik Mayo yang menjadi bagian objek wisata Setren Girimanuk
Tak ingin kalah saing dengan dari sekitar Jawa Timur, Wonogiri memiliki objek wisata Setren Girimanuk yang merupakan air terjun yang segar dengan paduan udaranya yang sejuk.

Tak hanya satu air terjun saja yang ada di sana. Terdapat 3 buah air terjun yang diantaranya adalah Manik Moyo berketinggian 70 meter. Sementara air terjun Tinjo Moyo berketinggian 30 meter dan terakhir adalah air terjun Condromoyo. Disana juga terdapat petilasan Raden Mas Said yang bernama Batu Besi.

8. Wisata Kahyangan Yang Penuh Magis Dan Menawan
Wisata Kahyangan yang dipercaya penuh berkah
Wisata Kahyangan yang dipercaya penuh berkah
Salah satu tempat yang menjadi petilasan Raden Mas Said adalah Kahyangan. Di hari tertentu ada beberapa orang yang sengaja datang dan bermeditasi agar bisa mengharap berkah. Bahkan pada selasa dan jumat Kliwon bulan syuro sering diadakan sedekah bumi yang merupakan ritual wajib dan dilanjut dengan pagelaran wayang kulit hingga pagi menjelang.

Tak hanya nilai magisny saja yang menonjol karena panormana di Desa Dlepih sungguh membuat berdecak kagum karena air terjun berikut sindangnya.

9. Alas Kethu Yang Menjadi Pusat Untuk Menikmati Hutan Paru-Paru Kota
Alas Kethu menjadi paru-paru Wonogiri
Alas Kethu menjadi paru-paru Wonogiri
Alas Kethu menjadi tempat untuk menghilangkan kebisingan dan polusi dari kendaraan di kota Wonogiri. Ini tak lain karena tempat tersebut berada di tengah kota dan merupakan paru-paru bagi dunia dengan luas 40 hektar. Selain untuk menghirup nafas segar, tempat ini juga tempat rindangnya berbagai pohon besar seperti jati dan mahoni.

10. Sajian Cabuk Wijen Yang Memperkaya Kuliner Nusantara
Cabuk wijen yang enak khas Wonogiri
Cabuk wijen yang enak khas Wonogiri
Wonogiri memang memiliki topografi untuk menanam singkong dengan buktinya yaitu beragam jenis makanan gaplek dan tiwul. Selain menjadi sentral olahan singkong, daerah ini juga menghasikan kacang mede. Selain itu terdapat juga beberapa bakso dan mie ayam asli buatan Wonogiri.

Keunikan selanjutnya adalah cabuk wijen yang merupakan kuliner otentik dan cukup susah untuk mencarinya. Makanan tersebut berasal dari biji wijen yang ditumbuk dan dicampur parutan kelapa dan bumbu dapur lainnya yang tentunya enak dimakan bersama dengan nasi hangat.


Itulah destinasi wisata terbaik di Wonogiri yang bisa kamu jelajahi di saat liburan akhir pekan ataupun libur panjang. Jangan lupa untuk menambahkan wisata lainnya yang berada di Wonogiri.