loading...

10 Pantai Istimewa Di Jawa Tengah Yang Bikin Kamu Penasaran




Musim kemarau sebentar lagi akan tiba dan waktu tersebut adalah waktu yang terbaik untuk menikmati deburan ombak di pasir pantai yang hangat. Suasana semilir angin laut pun serasa menghilangkan penat pekerjaan yang hampir menyita waktu.

Buat kamu yang tinggal di sekitaran pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, ternyata daerah tersebut memiliki pantai yang tidak kalah dengan pantai yang ada di Jogja ataupun Jawa Timur. Nah penasaran apa saja pantainya? Yuk cek disini.

1. Pantai Menganti Yang Dikelilingi Bukit Hijau Layaknya New Zealand

Pantai Menganti berbukit hijau
Pantai Menganti berbukit hijau
Buat kamu yang suka travelling ke negara lain hanya buat menikmati pantai berlatar pegunungan hijau, kini tidak perlu lagi karena kamu akan menemukannya di Kebumen, tepatnya di Desa Karangduwur Kecamatan Ayah. Untuk menuju kesana, kamu harus melewati jalan yang terjal dan berkelok-kelok. Namun indahnya pantai Menganti akan sanggup menghilangkan penat lelahnya menuju kesana saat melihat dari atas bukit nan hijau.

Tak hanya menghirup segarnya angin laut, namun sejumlah kapal nelayan yang berjajar seakan menciptakan suasana romantis sembari menikmati hasil tangkapan para nelayan setempat.

2. Heningnya Pantai Pecoran Bikin Kamu Rileks


Keheningan Pantai Pecoran
Keheningan Pantai Pecoran
Tak jauh dari pantai Logending, ada sebuah pantai yang sangat hening dan cocok buat kamu yang ingin sejenak menyendiri sambil menikmati deburan ombak laut. Letaknya memang agak tersembunyi dengan jalur yang terbilang sulit sehingga jarang dikunjungi oleh wisatawan. Namun jika kamu berhasil kesana, dijamin hanya kamu pribadi saja yang menikmati pantai tersebut

Bukit nan hijau dengan sejumlah pohon kelapa menjadi sebuah panorama yang membuat kamu betah berlama-lama disana. Jika berminat, ambillah jalur ke Desa Srati Kecamatan Ayah.

3. Kebumen Hadirkan Laguna Di Pantai Bopong


Laguna Pantai Bopong
Laguna Pantai Bopong
Kebumen memang terkenal akan wisata pantai terbaiknya di Jawa Tengah. Salah satu pantai yang cukup unik ada di Pantai Bopong. Bertempat di Desa Surorejan Kecamatan Puring, sebuah laguna yang cantik bersembunyi di bibir pantai.

Dengan bentuk seperti aliran sungai kecil yang mengitarinya, laguna tersebut dihiasi rumput hijau yang sangat cocok untuk kamu yang senang memotret sebagai kenang-kenangan.

4. Pantai Karang Pandan Nan Indah Di Pulau Nusakambangan


Pantai Karang Pandan yang indah
Pantai Karang Pandan yang indah
Meski dikenal sebagai pulau penjara, Nusakambangan memiliki sisi keindahan berupa pantai Karang Pandan yang menawan. Dengan pasir putih yang terhampar luas, pantai ini jarang dijamah oleh wisatawan sehingga kamu bisa leluasa menikmatinya. Tepat berada di depan pantai, dua buah pulau bernama Pulau Majethi sering menjadi tempat upacara Larung Sesaji.

5. Gulungan Ombak Di Pantai Widarapayung Cilacap Yang Menantang


Surfing di Pantai Widarapayung
Surfing di Pantai Widarapayung
Nah buat kamu yang hobi berselancar, jangan alpakan untuk mengunjungi Pantai Widarapayung yang berada di Kecamatan Binangun. Ombak yang besar dan menantang akan kamu hadapi sehingga menciptakan sebuah adrenalin saat papan selancar kamu taklukkan.

Tak perlu membawa papan dari rumah, karena disini sudah ada penyewaan papan selancar dengan harga yang terjangkau. Selain ombaknya yang menantang, sisa puing dari tsunami tahun 2006 bisa kamu saksikan di sebuah tugu peringatan. Terakhir jika lapar, singgahlah ke warung pecel untuk menikmati kecombrang sebagai pelengkapnya.

6. Pantai Pailus Jepara Yang Masih Perawan


Pantai Pailus yang asri
Pantai Pailus yang asri
Jepara ternyata memiliki pantai yang sangat indah dan salah satunya adalah Pantai Pailus yang terletak di Desa Karanggondang Kecamatan Mlonggo. Meski memiliki akses jalan yang baik, namun pantai berpasir putih tersebut sangat terjaga keasriannya. Hal ini karena pemerintah setempat melarang setiap warga untuk membangun rumah atau warung di sekitar pantai tersebut. Namun kamu masih bisa menikmati hidangan asli jepara di pemukiman Desa Karanggondang.

7. Pantai Bandengan Dengan Sejuta Kelengkapan


Wisata Banana Boat Pantai Bandengan
Wisata Banana Boat Pantai Bandengan
Pantai Bandengan menjadi salah satu favorit turis untuk datang ke Jepara. Sejumlah fasilitas seperti permainan air dan perahu ke Pulau Panjang bisa kamu dapatkan disini. Kepopuleran Pantai Bandengan makin terkenal ketika pantai ini menjadi tempat untuk ajang perlombaan layang-layang baik tingkat lokal hingga internasional. Sebagai akhir penjalanan, kamu bisa menikmati terbenamnya matahari di penghujung laut.

8. Eksotisme Pulau Panjang Yang Pantang Dilewatkan


Pulau Panjang yang eksotis
Pulau Panjang yang eksotis
Tak lengkap rasanya jika ke Jepara, tidak mengunjungi Pulau Panjang. Dengan luas 19 hektare dan berada sekitar 2,5 km dari Pantai Jepara, pulau ini menghadirkan eksotisme yang memukau. Kamu bisa menggunakan perahu untuk mencapainya dari Pantai Bandengan atau dari Pantai Kartini.

Sebuah pantai dengan pasir putih akan kamu dapatkan setelah sampai di pulau tersebut. ombaknya yang tenang pun akan membuat kamu leluasa untuk berenang sambil menikmati indahnya pantai.

9. Harmoni Alam Di Pantai Karang Jahe, Rembang


Harmoni Pantai Karang Jahe
Harmoni Pantai Karang Jahe
Tak jauh dari Jalur Pantura, sebuah pantai dengan panorama yang memukau bernama Pantai Karang Jahe hadir menyambutmu. Bertempat di Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang, pantai tersebut menghadirkan pasir putih dengan hamparan hutan cemara di sepanjang pantai sehingga bisa kamu jadikan peneduh di teriknya panas matahari.

Tak hanya di bibir pantai keindahan bisa dilihat, pemandangan bawah laut jauh lebih memukau dengan warna warni terumbu karangnya yang mengetarkan hati akan kuasaNya.

10. Pantai Nampu Yang Alami Di Wonogiri


Pantai Nampu yang alami
Pantai Nampu yang alami
Jika dari Solo, mampirlah sejenak ke Wonogiri untuk menikmati Pantai Nampu yang bersih dan masih alami. Dengan butiran pasir putih dan gugusan batu karang di bibir pantai, menambah keelokan pantai yang memiliki buih ombak putih tersebut. Meski terpencil, namun akses menuju kesana terbilang mudah. Agar lebih mantap, siapkan perbekalan dan nikmati suasana malam dengan camping di bukit sekitar pantai.

Banyak juga ternyata pantai yang wajib kamu sambangi saat musim panas kali ini. Yang harus diperhatikan adalah jaga kelestarian pantai tersebut agar keindahan hasil karya Tuhan tetap terjaga.