loading...

10 Daya Tarik Kota Madiun Yang Kamu Harus Tahu




Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, pendidikan menjadi hal yang diprioritaskan. Hal ini terlihat dari Kota Jogjakarta yang mendapat julukan Kota Pelajar. Ternyata Madiun pun memiliki julukan yang serupa. Dengan pemekaran pada tahun 2010 dan terbagi menjadi daerah Kota dan Kabupaten, Madiun tampil menjadi sebuah magnet yang dapat menarik pelajar untuk mengenyam pendidikan terbaik di Jawa Timur.

Jika kamu suka naik kereta api dan bertanya tentang perihal kereta api tersebut berasal, ternyata di kota Madiun-lah industri gerbong kereta api tersebut berasal. Sehingga kota ini mendapat julukan Kota Gadis yang merupakan akronim dari Perdagangan, Pendidikan dan Perindustrian. Jadi jangan diartikan Kota tersebut merupakan pusat berkumpulnya para gadis.

10 Daya Tarik Kota Madiun Yang Bikin Kamu Rindu
10 Daya Tarik Kota Madiun Yang Bikin Kamu Rindu

Tak hanya itu saja yang ditampilkan untuk menyambut kamu yang dari luar kota guna menikmati suasana dari Kota penghasil Brem tersebut. Sejumlah wisata berikut bisa jadi bikin kamu rindu dan susah untuk meninggalkannya.

1. Waduk Bening Widas Ibarat Pantai Madiun Yang Indah

Meski merupakan kota yang terletak di tengah daratan dan jauh dari bibir pantai, bukan berarti Madiun tidak memiliki wisata air. Sebuah waduk bernama Waduk Bening Widas menjadi sebuah magnet yang membuat kamu senang menikmati hamparan airnya.

Waduk Bening Widas
Waduk Bening Widas


Tak hanya berfungsi sebagai waduk untuk pembangkit listrik aliran Sungai Brantas, namun waduk ini juga merupakan andalan objek wisata yang hampir selalu dipadati oleh pengunjung.

Dengan lokasi di Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, pemandangan waduk dikelilingi oleh hutan dan dilengkapi berbagai permainan yang menarik seperti memancing, bermain perahu hingga bermain banana boat.

2. Lereng Gunung Wilis Tempat Sejuknya Air Terjun Seweru

Buat kamu yang pecinta alam, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi sebuah lereng Gunung Wilis yang memiliki Air Terjun Seweru. Penamaan tersebut berdasarkan letaknya yang berada di Dusun Seweru Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Banyak yang menyebut air terjun tersebut dengan berbagai penamaan seperti Serondo, Slampir ataupun Kedung Malem. Eksotisme air terjun yang jarang dijamahi tersebut membuat sebuah sensasi yang luar biasa bagi pengunjungnya.

Air terjun Seweru
Air terjun Seweru


Jika ditanya tentang jarak tempuhnya, memang bisa dikatakan bahwa untuk menuju kesana bukanlah hal yang mudah. Setelah 25 km dari kota madiun, kamu harus melewati jalan berbatu yang cukup menantang. Setelah itu, kamu pun harus melintasi jalur yang tersisa dengan jarak 1 km. Namun rasa lelah dan keringat akan terbayar begitu kamu sampai di lokasi. Sebuah air terjun yang dikelilingi oleh kebun kopi terhampar menambah pesona lereng tersebut.

3. Air Terjun Banyulawe Yang Mempesona

Air terjun Banyulawe
Air terjun Banyulawe


Masih berada di Kecamatan Kare, sebuah air terjun yang sederhana tampak begitu mempesona. Dengan balutan suasana hutan, hampir dapat dipastikan untuk sampai ke daerah sana diperlukan pemandu warga sekitar maupun menggunakan GPS. Akan tetapi disitulah letak keseruannya.

4. Daki Gunung Wilis Nikmati Indahnya Panorama Dari Puncak

Gunung yang berada di Jawa Timur ini cukup menantang dengan pendakian yang tidak terlalu tinggi. Terlebih lagi untuk menuju ke puncaknya bisa melalui beberapa kota dan salah satunya bisa melalui Desa Kare.

Gunung Wilis
Gunung Wilis


Untuk bisa menuju ke puncak, langkah pertama adalah dengan melapor dahulu kepada petugas yang berada di pos Kempo yang berada di perkebunan kopi Kandangan. Setelah itu, perjalanan dilalui dengan menggunakan sepeda motor atau menggunakan jasa ojek hingga sampai di Dusun Pulosari. Disanalah baru kamu bisa memulai pendakian.

5. Wana Wisata Grape, Wisata Hutan Di Kaki Gunung Wilis

Sekitar 15 km dari Kota atau tepatnya di Desa Kresek Kecamatan Wungu, ada sebuah wisata yang akan membawamu menuju hutan asri yang berpadu dengan sejumlah persawahan dan perbukitan.

Wana Wisata Grape
Wana Wisata Grape


Hutan yang bernama Wana Wisata Grape ini akan menjadi sebuah tempat untuk menenangkan dari berbagai padatnya rutinitas. Banyak yang bisa dilakukan mulai dari hiking, bersepeda, menikmati sejuknya air sungai ataupun berkemah dengan tarif masuk yang murah.

6. Sisa Peninggalan Majapahit Di Desa Nglambangan

Untuk kamu yang senang dengan sejarah Indonesia, di Desa Ngelambangan sebuah situs sisa peninggalan kerajaan Majapahit terpampang dengan jelas. Dengan jarak tempuh 8 km ke arah timur Kota Madiun, sejumlah bangunan serta artefak masih tersimpan dengan rapi.

Situs Nglambangan
Situs Nglambangan


Beberapa diantaranya seperti Watu dakon yang berfungsi sebagai penyimpan pusaka, sumur kuno dan Pura Lambangsari. Seketika kamu akan merasakan suasana kerajaan jaman dulu dengan segala kejayaannya.

7. Mengenang Tragedi Komunis Di Monumen Kresek

Monumen Kresek Madiun
Monumen Kresek Madiun


Tahun 1948 merupakan tahun dimana terjadi pemberontakan komunis di Madiun. Tragedi berdarah tersebut menewaskan berbagai lapisan warga Indonesia seperti TNI, warga sekitar serta pamong Desa Kresek. Lewat diorama dan berbagai relief, kamu akan dibawa mengenang suasana betapa getirnya masyarakat saat itu.

8. Nikmati Suasana Kota Di Alun-Alun Kota Madiun

Alun-alun yang tertata rapi menjadi kerinduan bagi warga sekitar untuk melepas penat sebentar setelah seharian menjelajahi isi kota. Buat kamu yang berada di Kota Madiun, luangkan waktu untuk nongkrong, jalan-jalan ataupun berfoto di teduhnya pohon.

Alun-alun kota Madiun
Alun-alun kota Madiun


Sekedar informasi bahwa alun-alun tersebut merupakan tempat ajang silaturahmi dan berkenalan untuk para muda mudi. Jadi jika kamu belum punya pasangan, siapa tahu ada jodoh di sana.

9. Pecel Madiun Dan Sego Jotos Yang Membuat Lidahmu Berpetualang Rasa

Pecel sudah banyak dikenal di berbagai daerah. Namun citarasa khas pecel Madiun mampu membuat rasa rindu tersendiri. Dengan campuran sayuran hijau, kecubung dan kemangi yang berbaur dengan lauk berupa empal dan rempelo ati akan berbalut sambal kacang yang dijamin membuatmu ketagihan.

Pecel Madiun
Pecel Madiun


Serupa dengan nasi kucing, sego jotos pun wajib dicoba untuk kamu yang lelah setelah berjalan-jalan. Dengan bentuk mirip kepalan tangan (jotos), kuliner ini dijajakan di angkringan Kota Madiun.

10. Buah Tangan Brem Yang Mendinginkan Hati Untuk Kembali Ke Madiun

Untuk kamu yang baru pertama melihat brem, maka yang terlintas adalah sebuah lempengan putih yang tidak memiliki hiasan alias tidak menarik. Tapi coba cicipi, dijamin rasanya membuat kamu ketagihan dan habis memakannya. Terbuat dari sari ketan yang difermentasikan, brem diendapkan dan dimasak lalu dikeringkan hingga menjadi keras. Brem pun menjadi buah tangan yang manis untuk keluarga tercinta.

Brem khas Madiun
Brem khas Madiun


Ternyata meski banyak yang memandang sebelah mata, namun Madiun menyimpan banyak potensi wisata yang wajib dijelajahi. Yuk rencanakan liburanmu kesana.