loading...

10 Cara Tingkatkan Kekencangan Dan Kesegaran Laptop




Sudah jamannya jika laptop menjadi salah satu kebutuhan umat manusia. Apapun status pekerjaanmu dan dimanapun dirimu, laptop akan selalu menjadi salah satu solusi untuk mengatasi berbagai masalah pekerjaan seperti menulis, membaca dokumen, membuat presentasi dan khusus mahasiswa yaitu menggarap tugas akhir. Harganya yang murah dan terjangkau ditambah bobotnya pun terbilang ringan untuk dibawa mobile, membuat setiap orang bisa memilikinya.

Saat awal membeli hingga beberapa tahun, mungkin laptop akan baik-baik saja dengan performanya yang cepat. Namun saat menginjak usia tahun ketiga, biasanya muncul gejala yang membuat laptopmu lelet, jelek dan kotor. Sementara tugas yang harus diselesaikan masih menumpuk tak karuan.

Cara Meningkatkan Kekencangan Laptop
Cara Meningkatkan Kekencangan Laptop
Nah untuk kamu yang masih sayang sama laptop tersebut, segera periksakan kondisi laptop dan untuk pertolongan pertama bisa mengikuti cara yang akan kita berikan. Semoga laptopmu akan kembali segar dan bisa menyelesaikan tugasmu yang menumpuk tersebut.

1. Jika Layar Dan Sekitarnya Kotor, Segera Bersihkan Dengan Lap Kacamata Dan Isoprofil Alkohol

Layaknya seorang prajurit yang pulang dari medan perang, laptopmu yang telah berjuang menemanimu selama 2 tahun berpetualang mulai mengalami gejala penuaan. Sangat mudah ditebak dengan gaya kamu yang membawa leppy ke berbagai tempat, pasti bakalan terlihat berbagai noda ataupun bekas goresan.

Membersihkan body dan layar laptop
Membersihkan body dan layar laptop
Untuk solusinya, lap secara bersih badan laptop atau layarnya dengan menggunakan lap kacamata yang diberi cairan alkohol berkadar rendah. Jenis lap kacamata terbilang sangat halus dan gak akan menggores laptopmu. Sedangkan kenapa harus memakai alkohol yaitu karena sifat alkohol mampu untuk menghilangkan noda membandel di tubuh laptop.

Nah buat bagian keyboard dan sela laptop, pakailah cotton bud yang sebelumnya sudah dicelupkan pada alkohol. Gosok dengan halus dan dijamin laptop yang udah usang bisa segar kembali.

2. Pembersihan Hardware Menggunakan Usb Vacuum Cleaner Atasi Suara Bising Dan Overheating

Tiga tahun merupakan waktu kadaluarsa buat menjaminkan laptopmu pada garansi pembuatnya. Jadi jika kamu membuka atau membongkar laptop tersebut, akan sah-sah saja. Banyak sekali cara aman membuka casing laptop yang kadang dikhawatirkan kebanyakan orang.

Pembersihan menggunakan vacuum usb
Pembersihan menggunakan vacuum usb
Namun kamu jangan kaget saat melihat sejumlah debu yang menempel di setiap sela mesin laptop tersebut. Segera bersihkan dengan usb vacuum cleaner. Kamu bisa pilih vacuum cleaner yang memakai daya adaptor smartphone biar gampang. Harganya pun gak mahal, sekitar 50 ribuan saja kamu sudah dapat yang bagus.

3. Biar Semangat Menggunakannya, Beri Tampilan Cover Unik Dan Menarik


Kreasi casing laptop biar semangat
Kreasi casing laptop biar semangat
Dalam jarak 3 tahun, cover laptop biasanya bakalan usang. Biar semangatmu meningkat, segera ganti cover laptop yang bisa dibeli di lapak yang terpercaya. Bahkan kalo mau bisa menambahkan garskin dengan harga yang murah.

4. Rapihkan Storage Dari File Usang Jika Kinerja Melambat


Storage file usang
Storage file usang
Dalam kurun waktu yang lama, laptopmu bakalan penuh dengan berbagai file yang kadang tanpa kamu sadari sudah tidak terpakai lagi. Nah sisakan waktu buat menghapus berbagai file usang yang tidak terpakai di laptopmu. Jika ternyata masih banyak file yang kepakai, bisa juga dengan memindahkan ke hardisk eksternal. Atau biar simple, kumpulkan file usang tersebut dan press dengan menggunakan WinRAR. Dijamin kinerjanya bakalan kembali cepat.

5. Jalankan Defrag Secara Berkala Bisa Lancarkan Kinerja Laptop


Jalankan defrag berkala
Jalankan defrag berkala
Jika semua data sudah dibersihkan, tinggal merapikan data yang ada di hard drive dengan cara menjalankan disk defragment. Software ini sudah bawaan dari window, jadi tinggal cari di menu start dan tunggu hingga selesai. Karena prosesnya butuh waktu yang lama, jangan lupa untuk membawa cemilan sebagai teman menunggu.

6. Antivirus Baru Yang Ringan Bantu Cepatkan Kinerja


Install Antivirus yang lebih ringan di laptop
Install Antivirus yang lebih ringan di laptop
Kadang ada kasus lemotnya laptop dikarenakan sejumlah antivirus bonus yang diinstall kedalam laptopmu. Cukup install saja antivirus tersebut dan cari antivirus yang lebih ringan dan bisa dicari di internet.

7. Laptop Perlu Dibersihkan Dengan Software Pembersih PC

Selain menginstall antivirus yang lebih ringan, install juga pembersih PC yang mampu mengusir berbagai file junk atau file sampah yang tanpa kamu sadari keberadaannya. Yang pasti, cari yang aman dan tidak membawa virus lain.

pembersihan file sampah dengan ccleaner
pembersihan file sampah dengan ccleaner
Lebih baik membersihkan junk virus daripada harus kehilangan data akibat kamu harus menginstall ulang laptopmu kan?

8. Cek Aplikasi Yang Sedang Jalan Jika Laptop Masih Tetap Lelet


Cek aplikasi berjalan
Cek aplikasi berjalan
Cara ini setidaknya butuh kepahaman soal komputer. Pertama di menu search, ketik msconfig dan nanti bakalan nampak sejumlah aplikasi yang sedang dijalankan pada saat itu. Beri tanda pada kotak “hide all Microsoft service” dan perhatikan apa saja aplikasi yang ada. Mungkin saja ada aplikasi berat yang kamu gak kenal. Jika sudah dipilih, sistem akan meminta kamu untuk merestart laptop tersebut.

9. Upgrade RAM Bisa Mempercepat Multitasking


Upgrade ram mampu mempercepat multitasking
Upgrade ram mampu mempercepat multitasking
Beberapa vendor produsen laptop sering membekali laptopnya dengan RAM yang kecil yaitu biasanya 2 GB. Untuk penggunaan mengetik saja sih sah-sah saja. Tapi jika sudah dipakai mengetik sembari menyetel lagu, browsing dan mendownload, ada baiknya jika segera mengganti dengan RAM berkapasitas 4 GB. Bahkan jika sudah memiliki aplikasi video editing, RAM sebesar 8 GB menjadi menu yang wajib ada.

10. Tebus SSD Jika Performa Masih Kurang Cepat

Apa itu SSD? SSD semacam flashdisk berukuran besar yang akan menggantikan fungsi dari Hardisk Drive milik laptopmu. Yang membedakan adalah SSD sudah menggunakan chip untuk penyimpanan darta, sedangkan HDD masih berupa piringan. Jika dilogikakan, penggunaan SSD akan lebih cepat karena tidak harus memutar piringan dahulu.

Ganti SSD langkah paling jitu
Ganti SSD langkah paling jitu
Untuk harga SSD 120 GB bisa dibeli dengan harga 900 ribu dan yang 256 GB bisa berharga 1,5 juta. Memang mahal sih, tapi performanya sudah dijamin bakalan lancar tanpa hambatan. Yah setidaknya HDD kamu bisa dijual untuk meringankan pembelian SSD.

Teknologi memang akan terus berkembang dan silih berganti dengan teknologi yang baru. Namun bukan berarti kamu harus meninggalkan teman seperjuangan berupa laptop tanpa usaha yang maksimal. Sebuah modifikasi sederhana bisa sedikitnya mempercepat laptopmu seperti sedia kala. Yang diperlukan hanya sedikit waktu luang dan sedikit pengeluaran uang untuk perbaikan. Jadi mau mencobanya?