loading...

10 Cara Membungkus Kado Agar Menjadi Lebih Istimewa




Kado merupakan salah satu tanda cinta dan penghargaan pada orang spesial seperti acara ulang tahun, wisuda, pernikahan atau saat kamu jadian. Tentunya sebuah kebahagiaan bisa memberikan sebuah kado saat moment tersebut. Namun kadang kondisi keuangan bisa menjadi hambatan untuk memberikan kado tersebut.

Nah sebenarnya bukan isinya saja yang harus kamu perhatikan. Agar orang yang kita beri kado merasa istimewa, bungkus kado atau cara membungkusnya pun harus kreatif namun simple. Tak usah harus ke jasa pengemasan untuk membuat kadomu terlihat menarik karena cara berikut ini bisa membuat kadomu menjadi terlihat istimewa.

1. Bungkus Kadomu Dengan Kain Furoshiki Jepang Untuk Kamu Yang Minim Dana

Membungkus kado sering membuat waktumu menjadi tersita? Tutorial yang simple setelah dilakukan justru menjadi rumit? Bungkuslah dengan kain furoshiki. Pengerjaannya sangat mudah dan cukup dengan menggunakan kain perca yang dipotong menjaadi bentuk persegi.

Kain Furoshiki memang cocok untuk bungkus kado
Kain Furoshiki memang cocok untuk bungkus kado
Furoshiki sebenarnya merupakan istilah orang jepang untuk kain persegi empat yang membungkus bekal makanan. Ukurannya bisa besar ataupun kecil dan motifnya pun bisa beraneka ragam.

Gimana caranya? Yang pertama adalah meletakkan kain segi empat tersebut diatas meja. Letakkan sebuah kado diatasnya dan tutup kado tersebut dengan cara menarik dua sudut yang saling berhadapan ke bagian tengah. Tarik lagi dua bagian sisanya dan diikat di tengah. Simple kan?

2. Bungkus Kado Bentuk Pita Mudah Tanpa Pakai Ribet

Bentuk kado kadang menjadi perhatian orang. Untuk itu bungkus kado yang lucu bisa diciptakan dengan bentuk pita raksasa berikut.

Cara bikin bungkus kado bentuk pita jumbo
Cara bikin bungkus kado bentuk pita jumbo
Bungkus kado pita
Nih hasilnya
Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunting kado polos dengan bentuk persegi panjang yang jumbo. Bungkuslah kadomu dengan melipat sisi yang berhadapan ke bagian tengah dan rekatkan dengan sebuah selotip. Lipat ujungnya agar menutup sehingga seperti sebuah amplop besar. Tahap selanjutnya yaitu dengan menekan bagian tengah bungkus kado dan pasang kertas lain sehingga berbentuk sebuah pita besar.

Nah jadi deh kado cantik nan lucu untuk orang yang kamu sayang.

3. Bungkus Kado Dari Karton Tisu Gulung Bisa Bikin Senang Sekaligus Ramah Lingkungan


Bungkus kado dari karton tisu unik juga
Bungkus kado dari karton tisu unik juga
Bungkus kado yang menarik tidak harus selalu mengeluarkan biaya. Karton bekas tisu gulung ternyata bisa menjadi bungkus kado yang menarik. Caranya dengan memipihkan karton dan masukkan kadomu yang cukup ke lubang karton. Tekan bagian pinggirnya yang berlubang hingga berbentuk seperti di gambar ilustrasi. Agar nampak cantik, beri kertas kado atau kain motif di permukaannya dan tambahkan pita agar menawan.

4. Botol Selai Jadi Bungkus Kado Yang Manis Untuk Diberikan

Tak hanya untuk diisi makanan atau cemilan, botol selai bekas bisa jadi bungkus kado yang bikin si dia terpesona.

Toples bekas selai bisa bikin kadomu menarik
Toples bekas selai bisa bikin kadomu menarik
Caranya adalah dengan membersihkan botol selai hingga bersih. Masukkan kadomu didalamnya dan biar tambah menarik, beri bunga atau pasir di dalamnya. Tutup botolmu dengan sehelai kain berbentuk segi empat dan tutup dengan penutup botol yang sebenarnya. Agar tampil cantik, beri tambahan pita yang melingkari tutup botol selai itu.

5. Bungkus Kado Bentuk Bunga Akan Membuat Suasana Menjadi Spesial

Bentuk kado memang tidak pernah ada matinya. Terbukti dari bentuk bunga berikut yang bisa kamu coba ikuti cara membuatnya.

Tampilan cantik bungkus kado bentuk bunga
Tampilan cantik bungkus kado bentuk bunga
Pertama siapkan kertas krep berbentuk persegi panjang dan lipat menjadi beberapa lapisan dan gunting atasnya dengan bentuk segitiga. Letakkan isi kadomu di permukaan kertas dan gulung dengan rapat. Sebagai akhirnya beri lem di bawah kertas dan ikatkan pita di bagian atasnya.

Tak lupa tekuk kertas bagian atas ke arah luar sehingga mirip dengan bunga yang sedang merekah.

6. Ujung Baju Sweater Bisa Menjadi Bungkus Kado Yang Tidak Akan Pernah Dilupakan

Sebuah bungkus kado kadang bisa dibuat dari barang yang tidak berguna atau jarang digunakan. Contohnya seperti baju wol atau swater yang sudah gak kamu pakai. Caranya sangat mudah yakni dengan menggunting lengan baju tersebut sepanjang 15 cm dan jahit bagian yang dipotong itu.

Lengan sweater bisa jadi bungkus kado lho!
Lengan sweater bisa jadi bungkus kado lho!
Nah kini kamu punya kantong kecil yang dibuat dari lengan sweatermu. Untuk pemanisnya, tambahkan pita atau kain renda untuk mengikatnya. Dijamin kado yang kamu berikan tidak akan pernah dilupakannya.

7. Model Kain Furoshiki Ala Jepang Yang Lainnya Bisa Kamu Jadikan Bungkus Kado


Teknik gulung kain furoshiki juga unik
Teknik gulung kain furoshiki juga unik
Selain cara yang diatas, kain furoshiki bisa diterapkan dengan model lilitan. Caranya adalah dengan menggelar kain furoshiki di atas meja. Letakkan barangmu di salah satu sudutnya dan gulung hingga berbentuk sebuah gulungan kain yang memanjang. Ambil dua ujung yang berhadapan dan ikat di bagian tengah kado. Mudah kan?

8. Bungkus Kado Dari Kertas Koran Bagus Juga Asal Dihiasi Hiasan Bunga

Meski berupa kertas koran, kado bisa tampil indah dan spoan. Yang terpenting kamu mau mengeluarkan tenaga untuk menghiasi kado tersebut dengan bentuk bunga.

Bungkus kado dari koran tetap sopan kok!
Bungkus kado dari koran tetap sopan kok!
Caranya dengan membungkus kadomu seperti biasa dengan menggunakan kertas koran. Untuk bentuk bunga diatasnya yang harus dilakukan adalah dengan menggulung kertas sehingga berbentuk persegi panjang. Gunting kertas koran tersebut menjadi bagian yang lebh kecil dengan jarak 2 cm. Tempelkan 10 guntingan menjadi satu dan ikat dengan selotip. Lakukan hingga kamu memiliki 5 hingga 8 ikatan. Satukan menjadi satu buket bunga dan ikat di atas bungkusan kado dengan menggunakan perekat.

9. Sentuhan Kain Lace Bikin Kadomu Tampak Istimewa

Persembahan kado yang ekslusif tidak harus menggunakan boks yang indah dan mahal. Sebuah kain lace bisa menjadi penutup kado yang manis. Kain lace bisa dijadikan bungkus kado utama ataupun sebagai pelapisnya.

Sentuhan kain lace bikin kado jadi istimewa
Sentuhan kain lace bikin kado jadi istimewa
Caranya yaitu dengan meletakkan kain brukat atau lace diatas meja dan tempatkan kadomu diatasnya. Lipat dan ikat kain dengan benang wol. Kemudian selipkan satu atau dua tangkai bunga agar tampil lebih cantik.

10. Buket Bunga Kreasimu Bisa Jadi Kado Yang Berharga

Jika kamu ingin memberikan bunga pada orang tercinta, tak ada salahnya untuk membuat sendiri buket bunga yang cantik. Caranya adalah dengan menyiapkan plastik putih yang lebar dan tambah dengan lembaran tisu untuk menyerap air dari bunga. Letakkan pangkal bunga di bagian atasnya dan kemasi dengan menggunakan selotip yang kencang.

Bucket bunga hasil karyamu
Bucket bunga hasil karyamu
Jika sudah, beri kertas krep yang lebar dengan bentuk persegi panjang. Letakkan pada bagian tengah dan tarik ujungnya yang berada di bagian bawah tangkai. Tarik juga sisi kanan dan kiri lalu ikatkan dengan tali.

Nah buket bunga yang indah pun bisa kamu ciptakan dengan sangat praktis.


Jadi buat kamu yang bingung memberikan kado, berikan saja kado menurut kemampuanmu dan mempercantiknya dengan cara membungkus kado diatas. Tanpa harus bayar mahal, dijamin orang yang kamu beri kado akan merasa senang.