loading...

Cara Yang Benar Untuk Membersihkan Kamar Mandi




Ruangan mana sih yang biasanya dianggap paling jorok dan kotor dalam rumah? Kebanyakan orang sudah tentu akan menjawab kamar mandi. Ya, memang benar. kamar mandi adalah ruangan yang dinilai paling kotor. Kita sering dibikin pusing tujuh keliling dengan masalah di kamar mandi seperti noda kotor yang selalu muncul, kerak kotoran berwarna kuning, lumut dan jamur yang menyebabkan aroma tak sedap.

Membersihkan Kamar Mandi


Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga kebersihan kamar mandi agar terhindar dari bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan berbagai sumber virus dan penyakit. Oleh karena itu, Kamu wajib membersihkan kamar mandi minimal sekali dalam sebulan.

Tanpa kamu sadari sewaktu membersihkan kamar mandi kamu sering melakukan berbagai kesalahan. Untuk menghindarinya, Silahkan baca tips berikut ini.


1. Selalu perhatikan suhu kamar mandi

Sebaiknya gunakan air dengan suhu 10 derajat celcius lebih tinggi dari suhu kamar mandi ketika membasuh bak mandi, wastafel, serta lantai kamar mandi. Setelah membasuhnya, biarkan beberapa menit. Kemudian gosoklah bagian yang akan dibersihkan.


2. Jangan menggosok plastik tirai kamar mandi

Cucilah tirai kamar mandi dengan mesin cuci atau tangan. Jangan sekali-kali untuk menggosoknya karena justru akan merusak tirai. Rendam selama kurang lebih satu jam untuk menghilangkan noda yang membandel, setelah itu barulah dicuci.

3. Gunakan kain

Gunakan kain dengan daya serap tinggi akan lebih baik dari pada menggunakan tissue. Debu yang menempel akan lebih terangkat bila menggunakan kain. Menggunakan tissue hanya akan menguras kantong.


4. Tidak membersihkan bagian belakang toilet

Bagian belakang toilet acapkali dilupakan. Ada yang membiarkannya begitu saja tanpa dibersihkan karena merasa jijik dan sulit untuk menjangkaunya. Padahal justru di bagian belakang toiletlah tempat paling banyak kotoran, bakteri, serta kuman bersarang. Gunakan handuk kertas, gulung dan rendam dalam cairan pembersih selama beberapa menit. Angkat dan gosokkan pada bagian belakang toilet. Kemudian bilas dengan air yang bersih.

5. Tidak membersihkan sikat gigi

Sudahkah kamu membersihkan sikat gigimu? Sikat gigi biasanya luput dari perhatian kita ketika membersihkan kamar mandi. Sebuah penelitian di University of Manchester mengungkapkan bahwa sikat gigi bekas pakai mengandung 5 juta kuman, diantaranya adalah bakteri E. coli. Bersihkanlah sikat gigi dengan merendamnya selama 30 menit dan segera ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali.