loading...

Ternyata Warna Kuning Telur Menunjukkan Kadar Gizinya




Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa telur sangatlah baik untuk dimakan apalagi untuk sarapan pagi, karena ia kaya akan protein dan gizi yang terkandung di dalamnya. Namun banyak sekali orang yang belum mengetahui bahwa kadar warna dalam kuning telur bisa jadi merupakan indikator nilai gizi telur tersebut.

Seperti namanya, kuning telur ayam yang kamu lihat biasanya berwarna kuning cerah. Tapi jangan salah, karena kuning telur ada yang berwarna pucat atau malah hampir putih. Bahkan ada juga yang berwarna merah! Sekarang coba amati gambar dibawah ini.



Warna Kuning Telur
Warna Kuning Telur Berbeda


Dari ketiga kuning telur diatas, menurut kamu telur yang bernomor berapa yang paling baik?

Biasanya telur yang kita beli kemudian kita masak warna kuningnya seperti yang nomor 2, Tapi kuning telur ayam kampung yang diberi makan secara alamiah seperti sayuran yang ada di kebun berwarna lebih gelap seperti kuning telur nomor 3.

Sedangkan kuning nomor 1 adalah telur hasil dari ayam peternakan yang diberi makanan campuran antara alami dan pakan buatan. Terkadang kita juga menemukan warna kuning telur seperti nomor 1 diatas.

Menurut beberapa pakar gizi, Warna kuning telur memang tidak mempengaruhi kandungan protein telur. Namun, telur yang kuningnya lebih gelap menunjukkan semakin tinggi nilai gizi yang ada dalam telur tersebut.

Nah, sekarang kamu sudah paham kan cara membedakan mana telur yang banyak gizinya atau tidak, Agar bermanfaat silahkan disebarkan pada yang lain ya, Terutama untuk teman-teman yang suka makan telur.