loading...

Resep dan Cara Membuat Martabak Manis Khas Bandung




Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang banyak sekali mempunyai makanan khas di setiap daerahnya. Salah satu daerah yang memiliki makanan khas dan disukai oleh banyak masyarakat Indonesia adalah Bangka. Bangka adalah daerah yang sangat terkenal dengan panganan martabaknya. Ya, martabak manis. Namun, tidak hanya di Bangka saja, Karena martabak manis juga sangat terkenal di Bandung.

Martabak Manis Khas Bandung
Martabak Manis Khas Bandung


Di beberapa daerah lain seperti di Jawa Tengah, Nama martabak manis terdengar asing, Karena mereka lebih akrab menjulukinya dengan nama Kue Bandung, Sebagian lagi menamainya dengan nama Kue Terang Bulan. Padahal diantara ketiganya tidak ada perbedaan, alias sama saja.

Tentunya dari anda semua sudah pernah merasakan kelezatan salah satu makanan asli Indonesia ini. rasanya yang enak dan manis akan menggugah selera bagi siapa saja yang melihatnya. Kue Bandung atau Martabak Manis memang mampu menarik perhatian siapapun. Bagaimana tidak? Bentuk dan warna yang menggoda dan bayangan akan rasa manisnya yang lezat tentu akan membuat siapapun yang melihatnya tergoda.

Nah, jika martabak Bangka sudah biasa kali ini saya akan memberikan anda cara membuat martabak manis khas Bandung. Resep ini sangatlah mudah membuatnya, saya yakin anda sendiri bisa membuatnya di rumah. Anda sudah mulai penasaran? Langsung saja berikut ini resep membuat martabak manis.

Resep Cara Membuat Martabak Manis Lezat

Sebelum kita masuk ke langkah membuat martabak manis, anda siapkan dulu beberapa bahan-bahannya seperti berikut ini:

  1. Tepung terigu sebanyak 125 gram
  2. Gula pasir sebanyak 50 gram
  3. Baking powder sebanyak ¼ sdt
  4. Ragi instan sebanyak 1 sdt
  5. Air matang sebanyak 175 ml
  6. Garam sebanyak ¼ sdt
  7. Telur sebanyak 2 butir
  8. Untuk taburan atau isinya:
  9. Keju, meises, susu kental manis dan gula secukupnya

Nah, setelah semua bahan-bahannya sudah disiapkan, silahkan anda ikuti beberapa langkah cara membuat martabak manis berikut ini:

Kocoklah setengah gula pasir yang sudah disiapkan, tepung terigu dan juga baking powder dengan air hingga lembut

Masukkan ragi instan, diamkan hingga 1 jam

Kocoklah sisa gula pasir dengan telur sampai rata, campurkan dalam adonan tadi, diaduk hingga rata

Panaskanlah cetakan martabak dengan apinya yang kecil, olesi sedikit minyak goreng ataupun margarin

Tuangkanlah adonan ke dalam cetakan secukupnya

Biarkan hingga adonannya mengeluarkan buih serta berpori, taburkanlah gula pasir lalu ditutup sampai matang

Angkatlah martabak manisnya dan olesi dengan margarin

Taburi lagi dengan keju, meises, dan susu kental manis kemudian belahlah menjadi dua, lipatlah menjadi bentuk setengah lingkaran dan potong sesuai selera anda

Martabak manis buatan anda sendiri siap untuk dihidangkan

Nah, itulah cara membuat martabak manis. Mudah sekali kan membuatnya? Martabak manis yang enak dan legit memang pantas sekali menjadi panganan untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Jadi tunggu apa lagi? Segera hidangkan resep makanan istimewa ini untuk keluarga tercinta anda.