loading...

Resep & Cara Membuat Bakwan Sayur




Siapa yang tidak suka ngemil? Saat santai atau untuk mengisi waktu kosong, bahkan saat sedang membaca dan menonton televisi, masyarakan Indonesia tidak pernah lupa untuk membawa camilan. Hampir seluruh warga di Indonesia menyukai gorengan.

Dan dari sekian banyak menu gorengan seperti tahu isi, risoles, pisang goreng, cireng dan bakwan. Yang paling banyak peminatnya adalah bakwan. Bakwan pun memiliki banyak avriasi seperti bakwan udang, bakwan jagung dan bakwan sayur. Dan sebagai camilan sehat, sepertinya bakwan sayur sangat cocok. Berikut cara membuat bakwan sayur yang praktis dan mudah.

Cara Membuat Bakwan
Cara Membuat Bakwan


Bakwan ini sering di sebut bala-bala. Dan untuk membuat bakwan juga sangat mudah. Berdasarkan namanya, gorengan yang satu ini dibuat dengan irisan sayur-sayuran. Bakwan adalah jajanan khas Indonesia yang harganya sangat murah. Satu buah bakwan bisa dibeli dengan harga Rp 500. Jajanan yang satu ini cocok di santap saat break dan santai sebagai camilan. Bakwan juga jika di makan terus menerus akan semakin membuat nagih.

Resep Bakwan Sayur

Membuat olahan makanan yang satu ini snagat mudah dan praktis. Selain itu, bahan-bahannya juga sangat mudah dijumpai di toko sekitar rumah anda. bagi anda yang berniat membuat bakwan sayur sebagai menu camilan sore bersama keluarga, berikut cara membuat bakwan sayur:

Bahan membuat bakwan taoge sayur

  • ½ bawang putih yang diparut
  • 1 sdt merica/lada
  • 1 sdt garam
  • 3 butir ayam kocok rata
  • 250 gram tepung terigu
  • 270ml santan kelapa kental
  • Bahan isi perdekel sayur
  • 110 gram daun kol yang diiris tipis
  • 110 gram taoge yang disiangi dan dibersihkan
  • 3 batang daun bawang yang diiris halus
  • 75 gram wotel yang diirs panjang

Panduan resep bakwan sayur taoge

Campurkan tepung terigu, garam dan parutan bawang putih dan bubuk merica dengan menggunakan baskom atau wadah lainnya. selanjutnya masukan telur ke dalam tengah adonan dan aduk seluruh adonan dengan gerakan searah sampai rata dengan menggunakan pengaduk.

Selanjutnya masukan santan pada adonan, tuang sedikit demi sedikit sampai semua merata ke dalam adonan. Jika sudah rata berarti adoanan sudah licin dan cukup kental.

Dan untuk membuat perekdel sayur, kita harus memasukan bakwan kedalam adonan dan silahkan aduk sampai rata hingga adonan tercampur dan kalis.

Selanjutnya panaskan minyak goreng dengan kuali. Agar kualitas baik, gunakan minyak yang banyak dan goreng dengan cara deep frying agar kualitas bakwan baik

Setelah itu ambil adonan dengan cetakan. Gunakan cetakan sendok sayur dan masukan ke dalam kuali panas hingga bakwan berubah warna menjadi kuning keemasan. Warna kuning keemasan menandakan bakwan sudah matang.

Setelah bakwan di rasa matang, angkat bakwan dan tiriskan. Agar bakwan lebih nikmat di santap. Cocol dengan saus atau cabai rawit. Agar rasanya lebih nendang. Orang Indonesia sangat suka rasa pedas.

Mudah sekali bukan menemukan bahan pembuat bakwan dan proses pembuatannya. Artikel cara membuat bakwan cocok untuk anda yang sedang bingung mencari menu camilan di sore hari untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Terus mengkonsumsi camilan siap saji atau bungkusan yang mengandung bahan kimia sebagai pengawet tentu tidak sehat. Mengkonsumsi camilan yang diolah sendiri tentu jauh lebih sehat karena tanpa bahan pengawet.

Demikian artikel yang bisa kami bagikan kepada anda. banyak menu macam camilan, tapi yang paling mudah dan praktis di buatnya adalah gorengan dengan bakwan salah satu variasinya. Bakwan sayur adalah camilan yang mengandung sayur jadi sehat untuk dikonsumsi dalam batas wajar.

Bakwan adalah salah satu jajanan pasar yang penjualnya sangat mudah di jumpai, bahkan dipinggir jalanpun sangat banyak. Namun, banyaknya pedagang nakal sebaiknya membuat kalian berhati-hati. Lebih baik membuat sendiri bahannya di rumah, kesehatan anda lebih terjaga.