loading...

Resep Cara Membuat Bakso Sapi Sederhana & Kuahnya




Bakso sering di cari ketika hujan turun karena bisa menghangatkan tubuh. Selain itu juga bakso memiliki harga jual yang relatif murah. Tidak heran jika bakso banyak peminatnya. Tidak hanya kalangan menengah ke bawah. Kalangan atas juga sangat menyukai bakso.

Bakso juga memiliki banyak varian seperti bakso udang, bakso ikan dan bakso sapi, tapi kali ini kami akan membahas bakso sapi. Daripada terus membeli bakso, yuk belajar membuat bakso sapi dirumah. Artikel cara membuat bakso sapi ini akan membantu anda membuat bakso sapi di rumah.

Resep Cara Membuat Bakso Sapi
Resep Cara Membuat Bakso Sapi Sederhana & Kuahnya


Bakso adalah kuliner khas Indonesia yang juga banyak disukai wisatawan asing. Sesekali mencoba membuat bakso untuk dinikmati oleh keluarga tentu akan menjadi sangat menyenangkan. Terlebih jika buatan tangan kita di nilai enak, tentu ada sebuah kebanggan tersendiri.

Membuat bakso memnag sedikit rumit, karena prosesnya panjang. Tapi jika hasil buatan tangan kita mendapat pujian dari yang mencicipi. kesulitan itu tentu sudah sangat terbayarkan. Berikut langkah dan proses pembuatan bakso sapi.

Bahan membuat bakso sapi

Bahan yang diperlukan tentu menjadi cara membuat bakso sapi paling utama. Jika anda tidak memiliki bahan-bahannya, bagaimana anda akan membuat bakso sapi? Membuat bakso sapi bahan utamanya tentu daging sapi.

Bahan :

  • 1 kg daging sapi giling
  • 6 siung bawang putih
  • 1 ons tepung kanji
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan garam putuh lebut
  • Penyedap rasa sesuai selera

Cara membuat

Tumbuk atau belender bawang putih sampai lembut
Campur semua bahan bumbu di atas termasuk daging dan bawang putih. Campurkan semua dan aduk hingga rata. Aduk campiran bahan tersebut kurang lebih 20 menit.
Setelah siap di aduk, bentuk bulat semua adonan menggunakan tangan atau sendok. Atau jika ingin dengan bentuk lain juga boleh.
Setelah itu rebus bakso di air mendidih. Lama perebusan sekitar 20 meit atau lebih tergantung dari besar bakso ynag dibentuk. Tanda bakso yang sudah matang adalah saat di rebus, bakso itu mengambang.
Membuat bakso tanpa kuah rasanya tidak lengkap. Membuat kuah bakso tidak terlalu sulit. Berikut caranya membuat kuah bakso.

Bahan membuat kuah bakso:

  1. Belung tulang sapi
  2. Air secukupnya

Bumbu kuah bakso sapi

  • 5 butir bawang putih. Goreng terlebih dahulu bawang sebelum dihaluskan.
  • 4 butir bawang mear, goreng terlebih dahulu sebelum dihaluskan
  • Gula pasir 2 sendok teh
  • 1 sendok makan garam
  • ½ sendok teh lada atu merica
  • 4 buah daun bawang iris dan ambil putihnya
  • Kaldu sapi instan 2 sendok teh
  • Bawang goreng

Cara membuat kuah bakso sapi

Rebus air dan belung tulang sapi hingga berbuih dan masukan semua bumbu aduk sampai rata. Jika dirasa sudah matang berarti kuah bakso sudah siap.

Makan bakso dengan kuah saja tidak lengkap tanpa mie dan cabai pedas. Lidah orang Indonesia sangat menyukai pedas. Untuk itu, tambahkan mie dan bihun jika ingin mengkonsumsi bakso. Setelah itu bagikan bakso yang sudah siap kepada keluarga yang lainnya. Bisa menikmati makanan yang kita buat bersama keluarga di rumah tentu sangat menyaksikan bukan.

Itulah cara membuat bakso sapi di rumah. Membuat bakso itu mudah, hanya saja prosesnya berkali-kali. Hal ini yang sering membuat malas untuk melakukannnya. Membali semangkuk bakso di rasa snagat praktis daripada membuat sendiri di rumah. Namun banyaknya pedagang nakal yang tidak bertanggung jawab hanya demi keuntungan semata. Membuat dan harus berhati-hati dalam membeli semangkuk bakso.

Demikian langkah membuat bakso sendiri di rumah. Bakso adalah makanan khas Indonesia yang telah dikenal di mancanegara. Mengetahui dan membuat bakso di rumah bisa menambah pengetahuan dan daftar masakan yang bisa anda buat. Anda bisa menambahkan tambahan lain dalam bakso yang akan anda buat bila anda ingin berkreasi. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.