loading...

Lagi Di Semarang? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Ini !!!




Hari libur memang menjadi hari yang paling ditunggu bagi sebagian orang, sedikit menikmati waktu luang bersama keluarga disela kesibukan adalah sebuah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan begitu saja. Setelah hari libur sudah dapat dipastikan, hal selanjutnya yang harus dipastikan juga adalah bagaimana kamu akan mengisi liburan dan kemana?. Untuk beberapa pertanyaan ini, saya punya jawabannya. Jawaban dan juga solusi dari pertanyaan kamu adalah Kota Semarang.

Semarang adalah salah satu kota yang berada di Jawa Tengah yang sekaligus menjadi Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tengah, jangan bilang kamu tidak mengetahui pariwisata apa saja yang terdapat di kota Semarang. Kalau belum tahu, berarti kamu merupakan orang yang belum menikmati betapa indahnya kota Semarang. Baiklah. Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai kota Semarang, mulai dari tempat pariwisatanya yang luar biasa, kulinernya yang mantap hingga tips berlibur di sana, informasi penginapan dan lain sebagainya.

Ilustrasikan saja jika kamu sedang berlibur di Semarang dimulai dari pagi hari. Saat pagi di Semarang dengan suasana sejuk nan indah, yang pertama kali akan dipikirkan adalah, “kita di Semarang nih.. mau sarapan apa ya??”. Jika sudah berpikiran seperti itu, saya punya solusinya, menu sarapan yang tepat sembari menikmati suasana pagi di Semarang adalah Nasi Ayam.

nasi ayam
Sangat menggiurkan sekali bukan nasi ayamnya?


Memang kiprahnya tidak se terkenal Gudeg di Jogja, namun tahukah kamu jika Nasi Ayam ini adalah makanan khas Semarang yang sangat lezat. Pertama kali saya menikmati makanan ini langsung jatuh cinta pada saat merasakan yang pertama kalinya. Jika kamu di Semarang, Nasi Ayam adalah kuliner yang tidak boleh kamu tinggalkan.

Sedikit gambaran mengenai makanan ini, jumlah per porsinya tidak terlalu banyak, terdapat sekepal nasi putih yang lembut dan gurih. Ditambah suwiran daging ayam yang dimasak opor, dan juga dengan tambahan sambal goreng labu siam. Dan yang paling menambah selera makan adalah makanan ini disajikan di atas “pincuk daun pisang”. Hanya menggambarkannya saja sudah membuat saya berkali-kali menelan ludah. Rasa tradisional dari makanan ini sangat kental dan dijamin akan memberikan kesan tak terlupakan.

Setelah menikmati sarapan, kemana dan apa yang dapat dilakukan di kota Semarang selanjutnya?. Ada beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi di Semarang, salah satunya adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang termegah di Indonesia. Masjid ini banyak di datangi oleh orang-orang dari seluruh pelosok Indonesia dan bahkan dari berbagai penjuru dunia.

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah Dengan Payung Raksasanya Yang Mirip Payung Masjid Nabawi Madinah


Masjid yang  notabenenya di gunakan sebagai tempat beribadah, karena keindahannya, masjid ini lebih di kenal sebagai tujuan wisata religi. Masjid ini diresmikan pada tahun 2006, dan sejak saat itu popularitas dari masjid Agung Semarang ini terus melonjak. Jadi masjid Agung adalah tempat yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Semarang. Luas keseluruhan dari masjid ini adalah 7.600 meter persegi, di dalamnya terdapat berbagai fasilitas yang luar biasa, seperti perpustakaan, ruang auditorium, dan lain sebagainya. Bahkan di dalam kawasan masjid ini juga terdapat penginapan.

Setelah selesai berkunjung ke Masjid Agung, lalu apa yang sebaiknya kamu lakukan di Semarang? Kalau saya mungkin akan mencari makan siang terlebih dahulu. Maklum saja banyak sekali makanan-makanan khas Semarang yang membuat cepat sekali merasa lapar. Namun jika kamu belum ingin menikmati kuliner Semarang lainnya, ada baiknya kamu berkunjung ke beberapa tempat wisata terlebih dahulu di Semarang.

Pernah mendengar Lawang Sewu?. Ini adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di kota Semarang. Dalam bahasa Indonesia, Lawang Sewu berarti Pintu Seribu atau Seribu Pintu. Tempat wisata ini adalah sebuah gedung kuno yang di bangun oleh pemerintahan Belanda ketika sedang berkuasa di Indonesia. Nama Lawang Sewu mungkin diambil dari bangunan yang memang memiliki banyak pintu dan juga jendela. Yang menjadi daya tarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistisnya yang begitu kental, ditambah dengan bangunan yang kuno.

Lawang Sewu
Bangunan Lawang Sewu Dengan Seribu Pintu


Sebenarnya bangunan ini adalah bangunan yang sangat megah dimasanya. Yang lebih menarik adalah, bangunan ini memiliki lantai bawah tanah yang di fungsikan sebagai penjara, di sana lah para pejuang Indonesia merasakan penderitaan. Cukup sampai disini saja penjelasan mengenai Lawang Sewu, untuk mengetahui lebih jelas dan juga lebih merasakan yang sebenarnya, jangan melewatkan Lawang Sewu sebagai tujuan wisata kamu di Semarang. Biaya untuk masuk ke Lawang Sewu juga cukup terjangkau, yakni hanya dengan Rp. 10.000,- saja per orang, dan kamu akan memasuki suasana yang tidak akan pernah dilupakan.

Setelah mengunjungi Masjid Agung dan Lawang Sewu, saya yakin perut sudah mulai merasa lapar. Nah.. Untuk menu makan siang, saya anjurkan cobalah untuk menikmati makanan kaki lima di Semarang. Banyak terdapat di jalan-jalan atau tempat wisata, disana banyak menu tradisional yang akan memuaskan lidah dan juga perut. Untuk masalah kebersihan dan keamanan kamu tidak perlu khawatir, karena semua penjual makanan kaki lima di Semarang mendapatkan pantauan langsung dari Pengawas Makanan dan Obat-Obatan pemerintah setempat.

Selain kedua tempat wisata di atas, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata lain di Semarang, misalkan saja ke pantai. Untuk tujuan wisata pantai sendiri, kamu bisa milih pantai yang diinginkan, ada pantai Tirang dan juga pantai Marina. Atau mengunjungi kedua pantai tersebut jika memang waktu memungkinkan. Saya jamin kamu pasti puas dengan alunan ombak di kedua pantai ini.

Mungkin bagi kamu pantai Marina masih terdengar sedikit asing, atau bahkan belum pernah mendengarnya sekalipun. Sayang sekali. Padahal pantai ini merupakan pantai yang paling diminati untuk di kunjungi di kota Semarang. Pantai ini terletak di bagian utara kota Semarang, tepatnya di Jalan Yos Sudarso.

Pantai Marina Semarang
Keindahan Pantai Marina Semarang

Pantai ini sering dijadikan sebagai spot untuk jogging atau jalan santai, lokasinya yang mudah di jangkau juga menjadi salah satu kelebihan dari pantai ini. Meskipun ukuran pantai ini terbilang kecil, namun memiliki banyak fasilitas di dalamnya. Seperti kolam renang, Ski Air, Speed Boat, dan juga taman bermain untuk anak. Pantai ini juga sangat sejuk dan asri, berbeda dengan pantai-pantai yang lain yang terasa panas, di pantai Marina ini sangat sejuk karena rimbunnya pepohonan di area pantai. Dapat dibayangkan betapa indahnya tempat ini dan betapa nyamannya untuk merelaksasi kepenatan hiruk pikuk pekerjaan.

Sedangkan untuk pantai Tirang, memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai Marina, meskipun jaraknya hanya 5 KM dari pantai Marina. Di pantai Tirang lebih dikenal sebagai spot memancing, jadi bagi kamu yang memiliki hobi memancing, datanglah ke pantai Tirang. Selain ikannya yang berlimpah, pantai ini juga sangat indah, warna air laut yang biru dan juga pasir pantai yang bersih semakin menambah keindahan dari pantai ini.

Pantai Tirang Semarang
Keelokan Pantai Tirang Semarang

Setelah berkunjung ke pantai, kamu masih ingin menikmati liburan di kota Semarang? Tidak usah bingung, karena masih banyak sekali tempat wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi. Bahkan jika kamu berada di Semarang selama 1 minggu belumlah dikatakan cukup waktu untuk menjelajahi semua keindahan kota Semarang. Namun kamu dapat menciptakan sebuah kesan yang luar biasa di kota Semarang meskipun hanya berkunjung dalam waktu sehari saja. Kamu yang lebih mengetahui jenis wisata apa yang diinginkan, apakah lebih memilih wisata alam atau sebaliknya.

Nah.. kamu bisa temukan semua jenis wisata di Semarang, bahkan jika ingin berwisata religi pun, kamu tidak akan kehabisan tempat di Semarang.

Selain Masjid, di Semarang juga terdapat tempat beribadah pemeluk agama Budha, yaitu Pagoda Buddhagaya Watugong. Pagoda ini merupakan pagoda yang tertinggi di Indonesia, pagoda ini memiliki ketinggian lebih dari 45 meter. Terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, selain sebagai tempat beribadah pemeluk Agama Budha, keindahan dan juga kemegahan bangunan ini menjadi tempat wisata yang layak kamu kunjungi.

Pagoda Watugong
Pagoda Watugong, Panorama Seperti Di Hongkong

Tidak cukup sampai disini, di Semarang juga terdapat sebuah gereja kuno yang menarik perhatian, yaitu Gereja Katedral. Gereja ini terletak di Jalan Pandanaran No 9 Semarang. Lokasi gereja ini tidak jauh dari Lawang Sewu. Buat kamu yang ingin berwisata religi, khususnya yang memeluk Agama Katholik, jangan lewatkan Gereja Katedral ini, sekaligus berkunjung ke Lawang Sewu.

Gereja Katedral Semarang
Gereja Katedral Semarang


Bagi kamu yang memiliki minat dengan sejarah, di Semarang juga terdapat museum yang layak kamu kunjungi, yaitu Museum Ronggowarsito. Museum ini berada di sekitar bundaran Kalibanteng yang tidak jauh dari bandara Ahmad Yani Semarang. Tepatnya berada di Jalan Abdurahman Saleh, Semarang. Di dalam museum Ronggowarsito terdapat hampir 60.000 benda sejarah, yang pasti akan menambah pengetahuan mengenai sejarah Indonesia dan juga Semarang. Untuk dapat masuk ke dalam museum, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak, cukup dengan membayar Rp. 4.000,- per orang (untuk orang dewasa) dan Rp. 2.000,- untuk anak-anak.

Museum RonggoWarsito Semarang
Museum RonggoWarsito Semarang

Jika hari mulai gelap dan senja datang, destinasi wisata di kota Semarang yang saya sarankan adalah berkunjung ke kawasan Kota Lama Semarang. Disana kamu akan benar-benar merasakan seperti apa suasana waktu dulu, bangunan-bangunan bergaya arsitektur Eropa yang sangat luar biasa akan menjadi spot foto yang menarik untuk diabadikan. Ditambah warna langit jingga di atasnya, kamu tidak perlu susah-susah untuk datang ke Eropa, karena di sana benar-benar terasa sekali suasana Eropa bergaya lama.

Kawasan Kota Lama Semarang
Kawasan Kota Lama Semarang

Setelah malam tiba, yang perlu dipikirkan selanjutnya adalah mencari tempat penginapan. Banyak sekali tempat penginapan di kota Semarang, mulai dari tempat penginapan sederhana hingga hotel berbintang lima. Namun sebelum menutup jelajah wisata di Semarang, sekali lagi saya sarankan untuk hunting kuliner tradisional di kota Semarang. Apalagi di temani suasana malam di Semarang, di jamin akan memberikan kesan yang tak akan pernah di lupakan.

Untuk masalah penginapan, jenis penginapan seperti apa yang kamu inginkan? Jika kamu mencari penginapan yang murah dan cocok untuk para bagpacker, ada beberapa opsi penginapan yang dapat dipilih. Diantaranya adalah:   

Imam Bonjol Hostel Semarang

Bagi pecinta backpacker, penginapan yang satu ini adalah penginapan yang paling di cari. Biaya untuk menginap di penginapan ini sangat murah yaitu hanya Rp.91.000,- saja per malamnya. Meskipun harganya murah, namun jangan meremehkan masalah fasilitas dan juga kebersihannya. Selain itu, lokasi dari hostel ini juga sangat strategis. Dari sini kamu dapat berkunjung ke beberapa tempat menarik dengan berjalan kaki, seperti Paragon City, Duta Periwi Mall dan bahkan Lawang Sewu.

Nozz Hotel Semarang

Merupakan Hotel Berbintang 1 di Semarang. Sebuah Hotel yang memberikan harga sangat kompetitif di Semarang. Untuk dapat menginap di hotel ini, hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 208.000,- per malam. Mungkin kamu tidak akan mendapatkan makanan mewah di dalam hotel ini. Namun tidak jauh dari hotel, terdapat restoran mewah dan juga spot kuliner tradisional. 

Lalu bagaimana jika ingin menginap di hotel berbintang 5 di kota Semarang? Tidak perlu khawatir. Di Semarang juga ada hotel mewah. Berikut diantaranya:

Hotel Patra Semarang

Hotel Patra Sematang merupakan salah satu hotel berbintang lima terbaik di kota Semarang. Lokasi hotel ini terletak di Jl. Sisingamangaraja Semarang. Hotel ini memiliki kapasitas tempat tidur  sebanyak 1251. Dan untuk dapat menginap di hotel ini, kamu diharuskan untuk membayar sebesar Rp. 320.000,- hingga Rp. 6.050.000,-. per malam. Untuk masalah fasilitas tidak perlu lagi diragukan, sebuah hotel berbintang lima pasti memiliki fasilitas yang terbaik.

Hotel Gumaya

Salah satu hotel bintang lima di Semarang lainnya adalah Hotel Gumaya. Hotel ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menginap dengan fasilitas yang mewah dan tempat tidur yang nyaman. Letak dari hotel ini berada di Jalan Gajahmada 59-61 Semarang. Jumlah tempat tidur dari hotel ini adalah 518 tempat tidur. Semua tergantung kebutuhan. jika lebih dekat dengan hotel Gumaya, sebaiknya kamu menginap di sini. Sebaliknya jika kamu lebih dekat dengan Hotel Patra Semarang, menginaplah disana. Kedua hotel ini memiliki rating yang sama dan sama-sama berbintang lima.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pariwisata kota Semarang, masih banyak sekali mengenai tempat-tempat yang menarik dan indah di Semarang. Jika saya jelaskan satu per satu mungkin akan tercipta sebuah buku yang cukup tebal. Sekedar berbagai pengalaman saja, saya pernah berwisata ke Semarang dengan gaya Bagpacker. Semua pengeluaran serba di minimalisir namun semua tempat wisata di Semarang dapat dijangkau. Ini memberikan kesan yang sangat luar biasa untuk saya. Namun semuanya terserah kamu.

Banyak hal yang belum dapat saya jelaskan mengenai kota Semarang disini, mungkin di lain kesempatan kita dapat berbagi informasi mengenai kota indah nan Asri ini. Yang paling penting, saat hendak melakukan liburan ke suatu tempat adalah mengetahui informasi yang lengkap mengenai tempat tersebut, mulai dari lokasi tepatnya hingga biaya yang dibutuhkan.

Menurut pendapat saya, kota Semarang layak menjadi destinasi wisata yang wajib untuk kamu kunjungi bersama keluarga, teman ataupun yang lainnya. Banyak sekali tempat wisata disana, mulai dari wisata alam, religi, hingga wisata modern. Dan biaya yang diperlukan pun tidak begitu menguras isi dompet.

Jika kamu adalah penduduk kota Semarang dan sekitarnya boleh komentar di bawah ini untuk merekomendasikan tempat wisata pilihanmu di Semarang. Dan akhirnya saya ucapkan selamat berlibur dan menikmati keindahan berbagai tempat wisata di kota Semarang.