loading...

Ingin Rumah Sejuk Tanpa AC? Ikuti Tips Ini !!




Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan pendingin ruangan (AC) agar rumah tidak terasa gerah dan panas. Penggunaan AC yang berlebih juga dapat meningkatkan global warming serta membutuhkan budget listrik yang ekstra.

Ada 7 cara yang dapat Anda lakukan agar rumah lebih ramah lingkungan. Yuk, simak tips berikut!

Langit-langit Tinggi

Plafon Harus Tinggi
Plafon Harus Tinggi

Sebaiknya jangan membuat langit-langit (plafon) yang rendah bila tak ingin rumah menjadi sempit dan pengap. Buatlah plafon yang tinggi agar ruangan terlihat luas dan sejuk.

Membiarkan ruangan terbuka hingga ke atap dengan menghilangkan plafon juga bisa Anda lakukan. Melapisi bagian bawah genteng dengan aluminium foil akan mengurangi panas dalam ruangan.

Bukaan yang Cukup

Perbanyak Jendela
Perbanyak Jendela


Rumah dengan plafon yang rendah harus mempunyai banyak bukaan agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik. Pasanglah ventilasi atau jendela sebagai tempat masuknya cahaya secara alami.

Ventilasi Silang

Sistem Ventilasi Silang
Sistem Ventilasi Silang

Memasang satu jendela dalam satu ruangan saja tidak cukup. Buatlah ventilasi silang (cross ventilation) agar sirkulasi udara berjalan baik, minimal dengan memasang dua jendela atau lubang angin yang saling berhadapan.

Dinding Styrofoam

Bahan Dinding Styrofoam
Contoh Bahan Dinding Styrofoam


Dinding yang terbuat dari Styrofoam yang biasanya dipakai sebagai peredam suara di studio rekaman, dapat Anda gunakan untuk dinding rumah Anda karena styrofoam tidak dapat menghantarkan panas.

Turbine Ventilator

rumah sejuk tanpa ac
Turbine Ventilator


Memasang turbine ventilator yang dilengkapi dengan sirip-sirip tangkap angin menjadi solusi yang tepat untuk membantu proses sirkulasi udara dalam ruangan. Dengan sirip-sirip tersebut, angin yang berhembus akan ditangkap dan dialirkan masuk ke dalam ruangan.

Kaca Film

sejuk tanpa ac
Pasang Kaca Film


Anda ingin menggunakan konsep rumah kaca namun tetap ramah lingkungan? Anda bisa menggunakan kaca film. Kaca film sangat cocok bagi Anda yang ingin menjaga privasi serta keamanan rumah Anda. Kaca film juga dapat menangkal panas matahari yang akan masuk ke dalam rumah. Tidak perlu khawatir gelap, karena sinar matahari akan tetap terpancar dan tidak akan membuat ruangan menjadi gerah.

Perbanyak Tanaman

Perbanyak Tanaman
Perbanyak Tumbuhan


Jika halaman rumah Anda sempit, Anda dapat memilih tanaman yang bisa merambat di dinding halaman rumah Anda. Tanaman rambat akan membuat rumah Anda menjadi lebih sejuk. Tanaman rambat ini juga bisa memasok oksigen yang sangat Anda perlukan.