loading...

Cara Membuat Bubur Sumsum Yang Enak




Kuliner nusantara sangat banyak dan beragam sekali. Keanekaragaman di Indonesia mampu menciptakan keanekaragaman kuliner yang beragam. Salah satu kuliner yang paling disukai dan biasa dikonsumsi saat pagi hari adalah bubur. Dan salah satu jenis bubur yang terkenal adalah bubur sumsum.


Resep Bubur Sumsum Yang Enak
Resep Cara Membuat Bubur Sumsum Yang Enak

Bubur sumsum selain di konsumsi saat sarapan pagi, juga sering kita jumpai pada saat cukuran anak balita. Bubur ini di anggap baik untuk pencernaan karena teksturnya yang lembut sehingga mengkonsumsinya tidak perlu dikunyah berkali kali. Bagaimana membuat olahan bubur yang satu ini? artikel kali ini akan membahas cara membuat bubur sumsum yang mungkin bisa anda gunakan untuk panduan membuat bubur sumsum.

Bila anda salah satu penikmat bubur sumsum. Anda bisa mencoba membuat bubur sumsum sendiri di rumah. Sesekali mencoba membuat bubur sumsum di rumah dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga tentu sangat menyenangkan. Jangan biasakan menjadi manusia yang konsumtif, sesekali belajar memproduksi tentu menambha pengalaman baru. Membuat bubur sumsum sama sekali tidak sulit. Selain itu rasa bubur sumsum yang gurih dan manis membuat lidah merasa ketagihan. Berikut di bawah ini cara pembuatan bubur sumsum :

Resep Bubur sumsum

Bubur sumsum bisa kita temui di pasar tradisional ataupun pedagang bubur keliling. Bubur sumsum biasanya di jual dengana harga yang murah dan bersahabat dengan kantong. Jika anda sedang malas keluar dan ingin mencoba membuat bubuat bubur sumsum, berikut cara membuat bubur sumsum :

Bahan – bahan
  • 100 gram tepung beras
  • 3 lembar daun pandan, sobek dan buat simpul
  • 650 liter santa
  • Bahan untuk kuah
  • 100 mililiter air bersih
  • 200 gram gula merah
  • Daun pandan 2 lembar, bersihkan dan buat simpul

Langkah membuat bubur sumsum

Jika semua bahan telah disiapkan, waktunya membuat bubur sumsum. Berikut langkah-langkahnya :

1. Membuat bagian isi

Pertama. Bagi dua santan ke dalam dua wadah. Panaskan wadah pada santan pertama dengan simpul daun pandan dengan api kecil dan terus di aduk jangan sampai pecah. Dan santan pada wadah kedua campur dengan terigu dan garam, aduk hingga merata . lalu tuang santan yang telah di campur terigu ke dalam santan yang tengah dipanaskan. Aduk terus hingga kental dan menjadi bubur. Diamkan hingga dingin.

2. Membuat bahan bagian sumsum

Campurkan air dengan gula merah dan gula putih juga daun pandan, aduk hingga merata. Lalu rebus dengan api yang sedang. Setelah mengental, angkat dan sisihkan.

Cara mengkonsumsi bubur sumsum adalah dengan menuangkan beberapa sendok bubur sumsum ke dalam piring dan siram dengan kuah gula merah. Bubur ini lebih nikmat dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin selepas di simpan dalam lemari es.

Mudah sekali bukan membuat bubur sumsum? Bahan yang sederhana juga cara pembuatan yang sederhana tentu mudah untuk di coba siapa saja. cara membuat bubur sumsum di atas adalah cara pembuatan bubur sumsum yang bisa anda coba di rumah. Jika anda malas keluar rumah, membuat bubur sumsum sebagai camilan di rumah tentu sangat enak. Rasa manis dan gurihnya mampu memanjakan lidah penikmatnya.

Bubur sumsum adalah olahan sederhana yang mudah dicerna dan memiliki tekstur yang lembut. Warna putih bubur yang khas adalah ciri dari bubur ini. Cara membuat bubur sumsum yang praktis dan sederhana patut anda coba di rumah. Dan bubur ini juga baik dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi atau untuk orang yang kesulitan mencerna makanan seperti para lanjut usia. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba membuat bubur sumsum di rumah bukan?