loading...

6 Cara Cerdas Menjadikan Rumah Bebas Nyamuk




Nyamuk adalah serangga yang paling dibenci manusia karena dianggap mengganggu ketika tertidur. Nyamuk juga membawa berbagai penyakit melalui gigitannya. Kamu bisa terkena penyakit demam berdarah, chikungunya, ataupun malaria bila terkena gigitannya.

Agar tidak ada nyamuk yang berkeliaran di sekitar rumah, Kamu harus selalu menjaga kebersihan rumah. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.


Hilangkan Genangan Air

cara alami nyamuk
Genangan Air Akan Mengundang Nyamuk Datang


Nyamuk biasanya suka berkembang biak pada genangan air di sekitar rumah. Untuk mencegah pertumbuhan nyamuk di rumah, pastikan tidak ada genangan air. Keringkan talang air dan kubur barang-barang bekas yang memungkinkan menjadi tempat genangan air.

Periksa juga tempat minum hewan peliharaan, pastikan tidak ada jentik-jentik nyamuk. Gantilah air minumnya secara teratur minimal dua kali seminggu.


Potong Tanaman di Halaman

cara aman nyamuk
Potong Tanaman Yang Rimbun


Nyamuk juga sering hinggap di tanaman yang rimbun dan semak-semak liar. Potonglah tanaman yang sudah mulai rimbun untuk mengurangi nyamuk yang berkeliaran di rumah kamu.


Periksa Kawat Nyamuk

cara bebas nyamuk
Sesekali Periksa Kawat Nyamuk


Gunakan kawat atau kasa pada ventilasi atau jendela rumah. Pastikan tidak ada lubang pada kawat atau kasa yang dapat memungkinkan nyamuk masuk ke dalam rumah.


Rapikan Pakaian

tips alami ngusir nyamuk
Rapikan Pakaian


Kamu suka menggantung pakaian di dinding atau belakang pintu? waspadalah karena nyamuk suka hinggap di pakaian tergantung. Sebaiknya rapikan pakaianmu yang menggantung dan simpanlah ke dalam lemari.


Bau yang Disukai Nyamuk

cara mengusir nyamuk secara alami
Hindari Bau Yang mengundang Nyamuk


Dari jarak 50 meter nyamuk sudah bisa mencium mangsanya. Hati-hatilah jika kamu memiliki penyakti steroid, kolesterol, dan asam urat tinggi di permukaan kulit karena tubuh kamu pasti akan jadi sasaran utama nyamuk.

Menurut sebuah penelitian, diungkapkan bahwa manusia yang bergolongan darah O sangat disukai nyamuk. Golongan darah A adalah yang paling dibenci nyamuk. Maka dari itu, rajinlah mandi untuk membersihkan badan dari bau keringat yang sangat disukai nyamuk.


Gunakan Anti Nyamuk Alami


bunga lavender ngusir nyamuk
Bunga Lavender


Obat anti-nyamuk yang biasa dijual di pasaran pasti menggunakan bahan-bahan kimia yang beresiko pada kesehatan, apalagi jika kamu memiliki anak kecil. Gunakanlah anti-nyamuk alami seperti dengan tanaman atau wewangian dengan aroma yang dapat mengusir nyamuk.

Lavender, zodia, rosemary, geranium, dan serai merupakan tanaman yang cukup efektif untuk mengusir nyamuk. Untuk jenis wewangian yang dapat mengusir nyamuk adalah minyak cengkeh , minyak rosemary, minyak serai, minyak cedar, minyak kayu manis, dan minyak pepermint. Kamu dapat membuat lilin aromaterapi dari wewangian tersebut.

Segera praktekkan 6 Tips Alami Untuk Mengusir Nyamuk agar keluarga kamu terhindar dari berbagai penyakit demam berdarah dan lainnya. Sebarkan pada yang lain juga agar bermanfaat !!!