loading...

5 Tips Mudah Memperbaiki CD / DVD Yang Rusak Karena Tergores




Pastinya bikin emosi naik kalau cd / dvd kesayangan kita tanpa sengaja rusak tergores apalagi itu cuma satu-satunya. Biasanya kalau cd / dvd kesayangan kalian itu rusak, kalian apakan? dibuang? beli lagi? Eittss.. jangan buru-buru kalian buang apalagi beli lagi terlebih kalau harganya mahal, sayang kan uangnya?

Berikut ada beberapa benda yang ampuh untuk menyelamatkan cd / dvd kalian yang tergores. Apa saja? Simak yuk!

1. Pasta Gigi

Pasta Gigi
Pasta Gigi


Pasta gigi ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan goresan di cd / dvd loh. Tapi cara ini hanya untuk goresan kecil yang tidak terlalu parah saja, kalau goresan yang sudah terlalu dalam cara ini tidak akan berhasil.

Caranya : Oleskan pasta gigi secukupnya di atas kapas, gosokkan secara melingkar satu arah hingga goresan benar-benar tak terlihat lagi. Kemudian cuci dengan air mengalir dan biarkan hingga mengering.

2. Pisang

Pisang
Pisang


Buah pisang yang biasanya kita makan atau kita gunakan untuk membuat masker, ternyata juga bisa membantu menghilangkan goresan pada cd / dvd. Akan tetapi hasilnya tak sebagus dengan menggunakan pasta gigi.

Caranya : Oleskan pisang secara melingkar satu arah dipermukaan cd / dvd. Bersihkan  kotoran yang dihasilkan oleh pisang dengan bagian dalam kulit pisang. Kemudian bersihkan lagi dengan cairan pembersih kaca. Namun perlu diingat, ketika membersihkan harus dengan cara melingkar satu arah.

3. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih
Minyak kayu putih


Minyak kayu putih yang biasanya dipakai untuk mengobati orang masuk angin, ternyata ampuh untuk mengobati cd / dvd yang tergores juga loh. Caranya mudah, kalian cukup tuangkan minyak kayu putih di atas kapas dan gosokkan melingkar satu arah sampai goresan hilang / tak terlihat lagi. Kemudian, cuci dengan air mengalir dan biarkan sampai mengering.

4. Permen Karet

Permen karet
Permen karet


Permen karet yang dikunyah setelah tak manis lagi pastinya akan dibuang kan? Eits, jangan dibuang dulu, permen karet bekas kunyah ternyata bermanfaat loh untuk menghilangkan goresan pada cd / dvd.

Caranya : cukup oleskan saja permen karet secara melingkar satu arah di atas permukaan cd / dvd. Lalu bersihkan dengan air mengalir, biarkan sampai kering.

5. Pemoles Besi

Pemoles besi
Pemoles besi


Pemoles besi diketahui ampuh untuk menghilangkan goresan pada cd / dvd. Tapi untuk cd / dvd dengan kualiatas yang masih 95% bagus, sebaiknya jangan gunakan cara ini karena justru akan merusak cd / dvd tersebut.

Caranya : Kocok pemoles besi terlebih dahulu. Teteskan di beberapa permukaan cd / dvd. Gosok melingkar satu arah. Kemudian bersihkan dengan sabun pada air mengalir, biarkan sampai mengering.

CATATAN : METODE PENGOLESAN HARUS MELINGKAR SATU ARAH. JANGAN PERNAH MEMBERSIHKAN CD / DVD DENGAN MENGGOSOKNYA SECARA SEMBARANGAN KARENA AKAN MERUSAK CD / DVD TERSEBUT!