loading...

Tips Menghadapi Anak Yang Suka Berontak Dan Bohong




LikeYuk.Com - Betapa bahagianya bila orangtua mempunyai anak yang menginjak usia sekolah dan dapat bersekolah dengan baik, bangun di pagi hari, tidak ada masalah dengan teman-temannya, rajin belajar, sopan dan lainnya.

Namun jika anak tumbuh dan berkembang tidak sesuai dengan yang diinginkan, misalnya saja: rewel, suka memberontak, berbohong dan lain-lain. Orang tua seringkali bingung, ketika orangtua menasehati anaknya tetapi tidak ada perubahan pada anaknya, terkadang orangtua memarahi anaknya ataupun malah bertindak dengan menghukumnya.

Menghadapi Anak Yang Suka Berontak Dan Bohong
Anak Yang Suka Berontak


Untuk lebih jelasnya sebenarnya apa penyebab anak bermasalah dan bagaimana solusinya? Berikut sedikit penjelaslan bagaimana orangtua mengatasi anak yang suka memberontak dan berbohong.

- Anak Yang Memberontak

Penyebab anak suka memberontak bisa saja karena keadaan yang membuatnya tidak nyaman atau ingin mengungkapkan ketidaksetujuannya. Selain itu, perbedaan sikap kedua orangtuanya, orang tua menuntut secara berlebihan,bersikap kaku, overprotektif dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berontak

1.Apabila disebabkan oleh tekanan dari orangtua adalah sebaiknya orangtua memberikan kesempatan kepada anaknya untuk melakukan sesuatu serta bersikap sesuai dengan keinginan, kondisi dan kebutuhannya.

2.Mengurangi tugas yang diberikan kepada anak. Apabila tugas datangnya dari sekolah, orangtua hendaknya memberikan empati dengan cara mendampingi anaknya dalam menyelesaikan tugasnya. Bukan berarti orangtua yang mengerjakan tugas sekolahnya.

3.Orangtua harus memberikan kelonggaran atau kemerdekaan kepada anak, dengan demikian sang anak mempunyai kebebasan dan berlatih pula membangun kepercayaan diri.

- Anak Yang Berbohong

Tidak ada seorang manusia didunia ini yang suka dibohongi, meski ada orang yang suka berbohong kepada orang lain. Demikian pula dengan kita, bagaimana bila anak memiliki kebiasaan suka berbohong?

Penyebab anak yang suka berbohong biasanya disebabkan oleh meniru sikap orangtuanya
orang tua yang tidak kenal yang namanya kompromi, imajinasi anak yang terlalu tinggi, ataupun untuk menutupi kekurangan atau ingin dipuji oleh banyak orang

Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong

1. Orang tua hendaknya mengubah sikap anaknya dengan cara yang bijak.

2. Orang tua hendaknya menasehati anaknya untuk membedakan mana yang imajinasi dan mana yang kenyataan.

3. Orang tua seharusnya menyediakan diri untuk sering ngobrol dengan anaknya.

4. Orang tua juga perlu menanamkan sikap kejujuran pada diri anak.

Demikian Tips Untuk Mengatasi Anak Yang Suka Berontak Dan Bohong, Semoga bermanfaat untuk anda semua.