loading...

Rahasia Orang Tiongkok Agar Hidup Sehat Bahagia Sampai Tua




LikeYuk.Com - Siapa sih yang tidak ingin hidup bahagia sampai di hari tua, semua orang pasti ingin bahagia sampai penghujung usia. berbicara mengenai masalah ilmu kesehatan di jaman dulu, negeri Tiongkok atau China adalah pakarnya. sejak ribuan tahun yang lalu orang tiongkok sudah punya buku pegangan di bidang kesehatan.

Diantara buku tersebut adalah, Yi Jing, Huang Di Ne Jing (The Yellow Emperor Medical Book), buku Lao Zi, Dao De Jing dan lainnya.

Penduduk di sana ada yang bisa berumur hingga ratusan tahun. Apa sih rahasianya? Nah, Menurut buku-buku literatur tiongkok diatas, untuk bisa meraih hidup yang sehat, bahagia dan berumur panjang, manusia harus melakukan pola hidup yang sehat.

Bahagia Sampai Tua
Bahagia Sampai Tua

Dan hal ini tidak hanya terbatas dalam masalah asupan makanan, namun faktor emosi dan perasaan juga sangat berperan penting untuk menciptakan kehidupan yang nyaman dan harmonis. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Olahraga secara teratur dan rutin

Fungsinya agar peredaran darah lebih lancar. Meditasi, Yoga, bersepeda atau jalan cepat mampu memacu denyut jantung lebih efektif, fisik kita akan lebih sehat dan pikiran juga lebih jernih dan tenang

2. Perbanyak minum air putih

Hal ini sangat berguna untuk mempertahankan cairan tubuh serta menghasilkan detoksisasi dengan cara ekonomis dan alamiah. Zat-zat kotor dari sisa hasil katabolik di dalam darah dibuang melalui keringat, saat buang air kecil dan air besar.

3. Rendah hati dan tidak ingin menonjolkan diri

Menurut buku ini, orang yang panjang umurnya adalah orang yang tenang pikirannya, rendah hati, tidak banyak bicara. Mereka tidak suka menonjolkan diri, tidak mengeluh dan tidak suka menyalahkan orang lain. Dengan kata lain, panjang umur akan tercapai ketika orang mampu menciptakan ketenangan dan kedamaian.

4. Mengurangi sifat egoisme dan hidup dengan sederhana

Orang yang hidupnya sederhana, adalah orang yang tidak banyak keinginan, tidak tertarik pada hal duniawi secara berlebihan, tidak sombong dan memiliki pikiran yang tenang dan sederhana. Menurut Lao Zi, bagi orang yang sudah merasa cukup, hidupnya selalu bahagia.

5. Bersabar dan mau mengalah

Orang yang panjang umur selalu berpikir positif, sabar dan tenang dalam menghadapi persoalan. Orang  yang mau sabar dan mengalah, jiwanya menjadi tenang. Orang tersebut akan banyak kawan dan sedikit musuh.

6. Toleransi tinggi dan menerima apa adanya

Ada banyak hal kasus yang biasanya tidak berkenan di hati kita. Ini adalah realitas yang sebaiknya kita terima apa adanya tanpa mengeluh dan menyalahkan orang lain. Dengan berpikir demikian pikiran kita bisa menjadi tenang, jernih dan damai

7. Hidup sesuai hati nurani

Salah satu cara untuk bisa berumur panjang adalah melakukan hal-hal yang sesuai hati nurani. Karena dengan melakukan hal yang tidak bertentangan dengan diri maka tak akan terbebani  perasaan bersalah sehingga hidupnya tenang dan tidak gelisah.

8. Suka memberi dan melayani

Berdasarkan penelitian, rata-rata orang yang suka memberi dan melayani akan berumur panjang. Seperti kata Konfusius, orang yang punya rasa cinta kasih, panjang umurnya. Pemberian tidak harus selalu dalam bentuk materi, yang diperlukan adalah sentuhan kasih sayang.

9. Kerja dan istirahat seimbang

Normalnya setiap orang butuh waktu 8 jam untuk tidur. Jika tidurnya kurang bisa ditambah dengan tidur siang satu atau dua jam. Kualitas tidur yang baik adala tidur nyenyak seperti bayi. Mereka yang banyak pikiran dan masalah dalam hidup memiliki kualitas tidur yang rendah, banyak mimpi buruk

10. Memiliki Keluarga yang rukun dan harmonis

Keluarga adalah surga yang sesungguhnya bagi hidup manusia. Jika suami isteri dan anak-anak saling mengasihi dan mau berkorban, keluarga akan menjadi harmonis dan menyenangkan.

11. Berilah kasih sayang dan berbakti kepada orang tua

Ini terlihat klise, akan tetapi orang yang berbakti dan mendampingi orang tuanya umumnya lebih sehat dan jiwanya lebih tenang damai daripada anak yang tidak mau berbakti. Orang yang mempunyai moralitas tinggi akan sangat mencintai dan sayang kepada orang tuanya.

12. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Pola makan yang sehat adalah memperhatikan asupan yang berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air. Namun semuanya itu jangan berlebihan.

13. Mengatur pola makan yang benar

Perlu dicatat, bahwa penyakit adalah akumulasi dari apa yang kita makan setiap hari sepanjang hidup. Kualitas makanan jauh lebih penting daripada kuantitas. Pola makan yang sehat idealnya adalah 80% sayur dan 20 % protein

14. Hindari makanan berkalori tinggi

Sering banyak makan daging sapi, daging kambing, durian dan alkohol tidak bagus, karena akan menyebabkan kondisi ying dan yang tidak seimbang. Hal ini bisa menyebabkan tubuh akan sakit

15. Batasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Sebaiknya kita mengetahui kandungan kolesterol yang ada dalam makanan yang kita sajikan. Kolesterol sebenarnya penting, namun jika berlebihan akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Ini sangat berbahaya.

16. Hindari sifat emosional dan kondisi stres berkepanjangan

Menurut Immanuel Kant, amarah adalah perbuatan menghukum diri sendiri karena kesalahan orang lain.  Orang yang taraf emosionalnya tinggi, sering marah-marah, maka hormonal adrenalin di dalam darahnya akan meningkat, sehingga tekanan darah akan naik melebihi batas normal.

17. Menjalankan hukum yin yang

Seimbang. Kesehatan yang sempurna hanya bisa diraih dengan memelihara kesehatan fisik (yang) dan memupuk kebajikan dalam hidup spiritual (yin). Jika sudah bisa mencapai level ini maka kita akan bisa merasakan kebahagiaan dan keharmonisan dalam hidup.

Demikian ulasan mengenai Rahasia Orang Tiongkok Agar Hidup Sehat Bahagia Sampai Tua, Bagaimana pendapat anda? Setujukah dengan postingan diatas?