loading...

Inilah Cara Menjaga Telinga Yang Benar




LikeYuk.Com -  Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang mempunyai peran sangat vital untuk kehidupan manusia. Tanpa adanya telinga, maka secara otomatis akan mengakibatkan seseorang tidak hanya tulim namun juga bisu. Dikarenakan tidak ada suara yang bisa mereka dengar.

Cara mengobati telinga
Cara Menjaga Telinga Yang Benar


Seperti yang sudah diketahui bersama, Telinga mempunyai bermacam-macam susunan yang memiliki fungsi kerja berbeda-beda. Contohnya daun telinga yang mempunyai fungsi untuk mengarahkan suara ke lubang telinga kemudian di teruskan ke bagian dalam telinga lalu di transmisi kan ke otak. Hingga akhirnya otak bisa menerjemahkan berbagai suara yang di dengar tersebut.

Maka dari itu, sudah seharusnya bagi anda untuk menjaga telinga agar tetap sehat. Dan berikut adalah cara untuk menjaga telinga yang benar agar tetap sehat.


Hindari Suara Yang Bising

Usahakan untuk menghindari berbagai suara yang memiliki kebisingan berlevel tinggi. Suara yang sangat bising contohnya adalah suara gergaji mesin, suara musik yang sangat keras dan semisalnya.

Jaga Volume Suara Ke Telinga

Rubahlah berbagai kebiasaan yang bisa mengurangi kemampuan mendengar telinga anda. Seperti contoh mendengarkan musik dengan headset atau mengeraskan volume suara musik ke level yang paling maksimal.

Gunakan Penyumbat Telinga

Jika anda harus berada di suatu tempat yang sangat bising, seperti di tempat parkiran pesawat, maka sebaiknya anda memakai penyumbat telinga agar bisa mengurangi kerasnya suara yang masuk ke lubang telinga.

Jauhi Rokok

Kebiasaan merokok dengan penurunan daya dengar seseorang adalah 2 hal yang saling berhubungan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Michigan University menyatakan bahwa jika seseorang mempunyai kebiasaan merokok, maka kualitas indra pendengarannya akan mengalami penurunan dari waktu ke waktu.

Menuju Ke Tempat Yang Tenang

Jangan berlama-lama berada di sebuah tempat yang mempunyai tingkat kebisingan yang sangat tinggi. Dalam hal ini, cepatlah berpindah dari tempat-tempat yang memekakkan telinga anda.


Hindari Kebiasaan Buruk Pada Telinga

Mulai saat ini, jangan sekali kali membersihkan bagian dalam telinga anda menggunakan kapas. Hal ini karena pembersih kapas atau cottonn bud akan mendorong lapisan lilin yang berada di lubang telinga masuk lebih dalam, bahkan bisa menyumbat lubang telinga anda. Sehingga akan memengaruhi kemampuan mendengar anda.

Demikian Cara Dan Tips Untuk Menjaga Telinga Yang Benar, Semoga bermanfaat bagi anda semua.